5 Alasan Kenapa Kucing Tidak Merespons saat Dipanggil
Ilustrasi kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keterampilan sosial kucing tidak seperti anjing. Namun keduanya paham kalau dipanggil dan dalam kondisi normal akan merespons. Namun, jika pernah suatu kali kucing tidak merespons panggilan Anda, bisa disebabkan alasan berikut ini.

1. Ingin waktu sendiri

Alasan yang paling sederhana dan umum, kucing tak merespons saat dipanggil bisa karena ingin waktu sendiri.  Jika kucing tidak ingin dibelai atau dirawat, kemungkinan besar mereka akan mengabaikan panggilan pemiliknya. Kalau mengalami hal ini, sebaiknya tinggalkan kucing Anda dan biarkan mereka mendatangi Anda saat menginginkan perhatian.

2. Usia kucing sudah tua

Kucing yang tua mungkin tidak menanggapi saat dipanggil namanya. Kemungkinan pendengaran mereka tak sebaik dulu. Bisa juga karena penglihatannya menurun atau mereka tidak tahu kalau Anda memanggilnya. Karena lebih tua, pergerakannya juga akan melambat. Kucing mungkin terlambat menyadari untuk merespons.

kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil
Ilustrasi kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil (Freepik)

3. Ketakutan

Banyak kucing akan memilih mengabaikan sesuatu yang mereka anggap sebagai ancaman atau yang membuat mereka stres. Jika Anda pernah menghukum atau memukul kucing Anda di masa lalu, atau bahkan membentaknya, mungkin mereka menganggap panggilan Anda sebagai potensi ancaman. Kadang-kacang tak sengaja menginjak ekornya pun memicu reaksi yang dingin dan sering kabur kalau Anda meminta perhatiannya.

Kalau kucing mengalami hal ini, mundurlah selama beberapa waktu. Kemudian cobalah memenangkan kasih sayang mereka dengan beberapa snack kesukaannya atau elusan lembut. Penting diketahui, kucing memiliki ingatan yang panjang dan semprotan dengan botol air dapat diingat berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil
Ilustrasi kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil (Freepik/vecstock)

4. Tidak enak badan

Bukan hal yang aneh jika kucing menjadi lebih tertutup ketika tidak enak badan, terutama jika sedang sakit. Bahkan seiring bertambahnya usia, mereka dapat mengembangkan disfungsi kognitif yang mirip dengan penyakit Alzheimer pada manusia. Jika Anda menemukan ‘keangkuhan’ pada kucing dan perubahan nafsu makan, temui segera dokter hewan. Melansir PetMD, Kamis, 17 Agustus, semakin cepat menemukan masalah yang mendasarinya maka segera tertangani.

5. Kesal karena sesuatu

Kucing tampaknya sangat mandiri dan terkadang cuek, tetapi kenyataannya, sebagian besar kucing memiliki emosi yang halus. Kalau kucing merasa tidak nyaman dengan perlakuan pemiliknya, mereka bisa menarik diri. Bukan karena mereka angkuh, tetapi karena kucing mengkomunikasikan perasaan dengan satu-satunya cara yang mereka tahu, yaitu dengan menyendiri. Biar kucing merespons panggilan, bisa memberikan ‘sogokan’ berupa makanan yang mereka sukai.

Itulah alasan kenapa kucing tidak merespons saat dipanggil. Apabila perilaku kucing tiba-tiba berubah, maka segera periksakan ke dokter hewan.