8 Penyebab Daun Tanaman Hydrangea di Rumah Menguning
Ilustrasi (Petr Ganaj/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Daun menguning pada hydrangea tentu mengurangi estetika penampilan dari tumbuhan dengan ciri khas kembang yang besar ini. Memiliki variasi warna dari hijau muda hingga hijau tua, dedaunan hydrangea memberi latar belakang yang kontras untuk mekar kembang yang fantastis.

Pola dan tingkat klorosis yang berbeda pada daun memberi petunjuk dalam menemukan dan memperbaiki masalah. Jika dedaunan hydrangea mulai berubah warna, pertimbangkan delapan penyebab umum daun hydrangea menguning dan tips mengembalikan tanaman Anda ke tampilan dan kondisi terbaiknya.

Kelebihan air

Daun tanaman hydrangea seringkali terlihat layu saat terkena cahaya matahari sore. Jika pada malam atau pagi hari tampilan daun masih terlihat lemas, maka bisa jadi hydrangea Anda kelebihan air karena terlalu sering disiram. 

Daun yang layu akan berubah menjadi kuning, lalu cokelat, bertekstur rapuh, dan akhirnya rontok. Tanda-tanda lain termasuk pertumbuhan kerdil, mekar lebih sedikit dan lebih kecil, dan mekar yang tampak layu. Jika dibiarkan, hydrangea akan mengalami pembusukan akar.

Periksa kelembapan tanah di sekitar pangkal tanaman dengan memasukkan jari sedalam 4 inci atau menggunakan pengukur kelembapan. Jika tanah terlalu basah dan lembek, hydrangea terlalu banyak air. Menahan penyiraman sampai tanah mengering mungkin dapat mengatasi masalah ini. 

Tapi jika dedaunan terus menguning dan layu, Anda perlu mengambil tindakan seperti mencabut tanaman dari tanah dan pangkas akar yang tidak putih dan turgid (mengembang). Lalu, menanam kembali di lokasi baru dan campur pasir ke dalam tanah untuk drainase yang lebih baik.

Kekurangan air 

Kekurangan air juga menyebabkan daun menguning dengan tepian berwarna coklat dan tekstur garing. Jangan coba memperbaiki masalah dengan menyiram secara berlebihan sebab ini bisa memperburuk situasi. 

Lakukan irigasi mendalam sampai permukaan tanah agak lembab dan tingkatkan frekuensi seiring waktu. Ingatlah, penyiraman secara mendalam dua hingga tiga kali seminggu biasanya sudah cukup. Tambahkan mulsa untuk membantu mempertahankan kelembapan tanah.

Drainase Buruk

Hydrangea tumbuh lebih baik di tanah lempung berpasir daripada di tanah liat. Ini meningkatkan kemungkinan overwatering.

Pilih lokasi dengan tanah yang memiliki drainase yang baik dan hindari area genangan air hujan. Uji drainase tanah dengan menggali lubang sedalam 6 hingga 8 inci, tuangkan air, dan perhatikan seberapa cepat tanah dapat menyerap air. Menambahkan kompos dan pasir ke dalam tanah di sekitar hydrangea dapat membantu meningkatkan drainase.

Terlalu banyak terkena sinar

Faktor lain yang berpengaruh pada pertumbuhan daun yaitu sinar matahari. Terlalu banyak sinar matahari langsung yang terang selama siang hari dapat mengubah daun menjadi kuning, coklat, dan teksturnya garing.

Ilustrasi Hydrangea (Teona Swift/Pexels)

Kurang cahaya matahari

Terlalu banyak sinar bisa sebabkan masalah. Pun jika kekurangan cahaya. Ketika tanaman kekurangan sinar matahari yang cukup, fotosintesis melambat dan mengganggu produksi klorofil, nutrisi yang membuat dedaunan tetap hijau.

Kualitas tanah yang buruk

Menanam di tanah berkualitas buruk berkontribusi pada banyak masalah yang menyebabkan daun menguning. Anda dapat melakukan tes di rumah untuk memeriksa tingkat pH yang sesuai. Hydrangea membutuhkan tanah yang sedikit asam dengan tingkat pH 5,0 hingga 6,5. Naikkan pH tanah dengan menambahkan kapur. Tambahkan aluminium sulfat untuk menurunkan pH.

Penyakit

Hydrangea rentan terhadap penyakit jamur, bakteri dan virus. Virus mosaik Hydrangea dan virus bintik cincin tomat menyebabkan dedaunan menguning. Praktik sanitasi yang baik membantu mencegah virus mosaik. Gunakan alat steril untuk memangkas dan menyemprotkan pemangkas Anda di antara potongan untuk mencegah potensi penyebaran. Virus bintik cincin tomat disebabkan oleh nematoda. Anda bisa mencari varietas hydrangea yang tahan penyakit.

Hama

Hama membawa dan menyebarkan penyakit. Hama seperti tungau laba-laba berbintik dua menyebabkan perubahan warna daun dan merusak tanaman. Bintik-bintik putih dan kuning diikuti oleh lubang dan akhirnya defoliasi merupakan tanda hydrangea terserang hama. Tanda-tanda awal tungau laba-laba termasuk anyaman halus. Periksa bagian bawah daun apakah ada kerusakan dan oleskan minyak neem atau hortikultura.

Dilansir dari The Spruce, 21 Agustus, demi memperbaiki daun hydrangea kuning dengan tanah yang basah, tunda penyiraman untuk memberi waktu tanah mengering. Sesuaikan pH tanah ke tingkat yang benar. Semprotkan daun dengan ekstrak rumput laut atau gunakan larutan garam epsom ke dalam tanah di sekitar hydrangea.