7 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh di Musim Pilek dan Flu
Ilustrasi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pilek dan flu bisa ditularkan lewat sentuhan atau terpapar udara orang yang terinfeksi lebih dulu. Vaksinasi flu mungkin dianggap salah satu cara bertahan agar tak tertular. Tetapi vaksin tidak sepenuhnya melindungi Anda dari penyakit kecuali disertai dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala. Namun beberapa orang masih mengalami menggigil demam, sakit kepala, kelelahan, dan mual selama musim dingin dan flu.

Ada langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan setiap hari supaya tidak mudah tertular pilek dan flu. Salah satunya menghindari siapapun yang terinfeksi, menghindari tempat ramai dengan ventilasi buruk, terutama saat sedang banyak yang terpapar demam dan flu seperti saat ini. Cara lainnya dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Selanjutnya, berikut cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat musim pilek dan flu.

1. Memperkuat usus atau kinerja sistem pencernaan

MIkroba yang hidup di usus tidak hanya membantu mencerna makanan tetapi juga membantu mengatur metabolisme, rasa lapar, berat badan, dan sistem kekebalan tubuh. Menurut Frank Lipman, MD., dokter pengobatan integratif dan fungsional dilansir EverydayHealth, Selasa, 22 Agustus, sistem kekebalan yang kuat bergantung pada usus yang sehat dan berfungsi dengan baik. Maka direkomendasikan cukup probiotik, atau bakteri baik, yang membantu mengurangi peradangan, mencegah infeksi, dan mengurangi keparahan pilek atau flu.

“Makanan fermentasi, seperti asinan kubis, kimchi, dan kefir yang tidak dipasteurisasi mendukung kesehatan bakteri,” saran Lipman.

cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu
Ilustrasi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu (Freepik/Racool_studio)

2. Hindari makanan olahan

Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan serta membantu melindungi dari flu dan virus yang menginfeksi sepanjang tahun. Sifat anti-inflamasi dalam makanan padat nutrisi, seperti dalam sayuran berdaun hijau tua, beri, salmon, dan ubi jalar, membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

Namun Anda harus menghindari gula, gluten, dan makanan olahan yang semuanya secara drastic dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Lipman menyarankan makanan favoritnya untuk mendukung kekebalan tubuh, yaitu kaldu tulang sebagai bahan dasar sup dan semur sebagai penambah nutrisi.

3. Cukupi kebutuhan zinc

Zinc atau seng menurut peneitian dapat ditemukan dalam makanan antara lain biji labu, bayam, tiram, kacang-kacangan, dan buncis. Ini dapat membantu mempersingkat durasi pilek hingga beberapa hari saja. Meskipun tetap membutuhkan vitamin C sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan antibiotik.

cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu
Ilustrasi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu (Freepik)

Seng sendiri, menurut Lipman, seng memiliki efek meningkatkan kekebalan dan perlindungan yang kuar serta menghentikan reflikasi sel flu. Jika Anda merasa gejala awal demam dan pilek, tambahkan 25 mg zinc per hari dalam pola makan sehat jangka pendek.

4. Rutin olahraga dan jangan sampai kurang tidur

Olahraga yang berkeringat dan membakar sejumlah kalori dapat mengurangi risiko terkena flu. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga melaporkan lebih sedikit pilek.

“Olahraga adalah penambah kekebalan tubuh dan dapat membantu jika Anda merasa cukup sehat untuk melakukannya. Namun, jangan korbankan tidur untuk berolahraga; tidur yang cukup adalah komponen kunci untuk musim dingin bebas flu. Tidurlah setidaknya selama tujuh jam setiap malam dan cobalah tidur siang selama 20 menit jika Anda kekurangan waktu,” terang Lipman.

5. Bawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi

Saat ini banyak produk pembersih tangan yang memudahkan Anda membawanya. Memang paling efektif adalah mencuci tangan pakai air dan sabun, jelas Lipman. Tetapi pakai pembersih tangan atau hand sanitizer juga bisa meminimalkan penularan virus pilek dan flu. Namun pilihlah pembersih tangan yang lembut dan tidak membuat kulit kering. Kalau memungkinkan, pilih aroma yang Anda sukai sehingga tak merasa terbebani dengan aktivitas ini.

6. Jaga permukaan benda-benda tetap bersih

Salah satu cara termudah untuk tertular flu adalah menyentuh benda yang terkontaminasi dan kemudian meletakkan jari di dekat mulut serta mata. Maka pastikan permukaan benda-benda di sekitar, atau paling dekat dengan Anda, tetap bersih. Misalnya telepon, computer, dan meja, bisa dibersihkan dengan cairan anti bakteri atau menggunakan pembersih. Anda bisa membuat sendiri pembersih, saran Lipman, bisa mencampurkan cuka suling dan air dengan perbandingan sama, lalu tambahkan beberapa tetes tea tree oil yang memiliki sifat antibakteri.

cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu
Ilustrasi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim pilek dan flu (Freepik)

7. Tingkatkan sirkulasi ruangan dengan membuka jendela

Menurut Lipman, udara dalam ruangan bisa lima kali lebih tercemar daripada udara luar. Jadi sebaiknya udara keluar rumah setiap hari dengan membuka jendela.

“Tanaman hias adalah alat hebat lainnya untuk membantu membersihkan udara.

Tanaman hias yang umum seperti lidah buaya, tanaman laba-laba, dan bunga lili perdamaian menyaring senyawa organik volatil (VOC) yang umum,” saran Lipman.

Itulah ketujuh cara meningkatkan kekebalan tubuh pada musim pilek dan flu. Sebelum Anda terpapar pilek, flu, dan demam, Anda bisa mengaplikasikan cara di atas.