Arti 8 Gaya Berpegangan Tangan dengan Pasangan Menurut Pakar Bahasa Tubuh
Ilustrasi arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pakar bahasa tubuh mencoba menganalisis bagaimana gaya berpegangan tangan dan artinya dalam hubungan. Kalau Anda sering tanpa sadar menautkan tangan dengan pasangan Anda, menurut psikoterapis dan pelatih hubungan Toni Coleman, LSCW., ini menandai keinginan  untuk selalu dekat.

Coleman menambahkan, kita hanya berpegangan tangan dengan orang-orang yang nyaman dan atau membuat kita tertarik. Dengan berpegangan tangan, perasaan positif akan muncul sehingga berdua merasa seksi dan diinginkan. Penting dipahami, berpegangan tangan tidak melulu romantis. Berpegangan tangan termasuk jenis komunikasi nonverbal dan juga menandai Anda benar-benar nyaman, aman, dan menyukai hubungan Anda. Tentu saja, setiap bahasa tubuh dengan genggaman tangan ini memiliki tanda tertentu sesuai gayanya, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Jari-jari saling bertautan

Kalau gaya bergandengan tangan dengan menautkan jari-jari Anda dengan pasangan, melambangkan keinginan yang tinggi untuk tetap terhubung, kata pakar bahasa tubuh Karen Donaldson. Ini menunjukkan ikatan yang kuat dna mendalam. Selain itu, menunjukkan bahwa pasangan percaya diri dengan hubungan mereka dan cukup nyaman untuk menceritakannya pada dunia.

arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh
Ilustrasi arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh (Freepik)

“Ini biasanya merupakan salah satu tanda pertama yang digunakan pasangan untuk menunjukkan status mereka,” jelas analis pola gerakan Alison Henderson dialansir Women’s Health Magazine, Senin, 4 September.

2. Pegangan yang longgar

Gaya berpegangan tangan ini, mungkin sedikit membingungkan karena memiliki beberapa arti yang bertentangan. Menurut Donaldson, salah satu kemungkinannnya, salah satu orang kurang terlibat dalam berpegangan tangan dan ini menandakan keraguan atau adanya hubungan baru. Namun berpegangan tangan yang longgar juga menandai pasangan yang sudah lama bersama dan menandai kenyamanan tanpa perlu terlihat mencolok.

“Pasangan yang telah lama bersama selama beberapa waktu merasa tidak perlu membuktikan apa pun danhanya bisa tetap tenang agar tetap merasakan koneksi,” tambah Henderson.

arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh
Ilustrasi arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh (Freepik/prostooleh)

3. Pegangan di atas dan bawah

Ketika pasangan Anda memegang tangan dengan kedua tangannya, salah satu tangannya berada di atas tangan Anda dan lainnya di bawah. Ia mungkin menggenggam tangan sambil menatap mata Anda. Gaya berpegangan tangan yang ini, menandai cara berpegangan tangan yang sangat nyaman dan berupaya memberikan isyarat bahwa mereka sedang memusatkan perhatian pada Anda. Mereka juga sedang mengatakan secara nonverbal tentang kepercayaan. Tetapi perlu diidentifikasi, ketika genggaman tangan penuh tekanan, ini menandai dominasi atau menjaga Anda agar tidak ‘melarikan diri’.

4. Pegangan yang kuat tapi tidak saling bertautan

Gaya berpegangan tangan yang kuat tapi tidak saling bertautan, mengisyaratkan pegangan yang protektif. Ia memegang kendali lebih ketat, dominan, dan bertujuan mengambil alih. Tambah Henderson, ini mungkin juga merupakan cara pasangan untuk tetap terhubung tetapi belum siap menjalin hubungan.

5. Melingkarkan lengan dan menggenggam tangan

Kalau Anda dan pasangan duduk bersebelahan, pasangan melingkarkan lengannya di leher belakang dan menggantungkan tangannya untuk saling menggenggam tangan, biasanya memperlihatkan hubungan yang lebih mapan. Gaya berpegangan tangan yang ini menunjukkan eksklusivitas, sikap yang sangat intim, dan pasangan menaruh perhatian satu sama lain.

arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh
Ilustrasi arti gaya berpegangan tangan menurut pakar bahasa tubuh (Freepik/Racool_studio)

6. Satu tangan bertumpu lembut di atas

Saat Anda meletakkan tangan di atas tangan orang lain, itu mungkin berarti sedang menyimpan kabar buruk, kata Coleman. Namun meskipun demikian, masih ada tingkat kepedulian yang tercermin dalam gaya berpegangan tangan yang ini. Ini bisa menjadi tindakan yang menenangkan, membuat nyaman, dan melindungi. Atau bisa mengucapkan kalimat nonverbal “Tidak apa-apa, tenanglah”.

7. Meletakkan tangan di bahu sambil merangkul

Kalau sambil berjalan pasangan Anda merangkul dan meletakkan tangan di sisi bahu Anda, menandai isyarat protektif dan merasa bangga terhadap hubungan tersebut. Jelas Donaldson, ini berarti pasangan Anda ingin semua orang mengetahui status hubungan Anda dengannya.

8. Saling menautkan kelingking

Menautkan satu jari saja saat berpegangan tangan, menandakan bahwa Anda dan pasangan sangat santai dan nyaman satu sama lain. Ini adalah sikap romantis yang biasanya terlihat dalam hubungan yang sudah mapan.

“Berpegangan tangan dengan mengunci jari kelingking itu menyenangkan, tanpa beban, dan mengingatkan pada 'sumpah kelingking' masa kanak-kanak. Ini juga bisa menjadi sedikit seksi dengan singgungan pada hal-hal fisik yang akan datang,” jelas Henderson.

Di atas merupakan penjelasan pakar mengenai arti bergandengan tangan dengan pasangan. Mana yang sering Anda dan pasangan lakukan? Penting dipahami, saling bergandengan tangan juga membantu tubuh melepaskan oksitosin sehingga mengurangi stres, relaksasi sistem saraf, menurunkan detak jantung serta tekanan darah, dan menurunkan kortisol.