10 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Hidup di Lingkungan Minim Cahaya
Ilustrasi (Antoni Shkraba/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah umum diketahui bahwa tanaman membutuhkan cahaya untuk tumbuh. Tanaman pun tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa jumlah cahaya yang tepat. Namun demikian, dikutip dari The Spruce, Kamis, 7 September, ada beberapa tanaman yang dapat tumbuh tanpa sinar matahari. 

Banyak di antaranya merupakan tanaman dalam ruangan atau tanaman hias indoor. Saat Anda mencari tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh tanpa sinar matahari, pilihlah tanaman yang dikenal karena kemampuannya untuk tumbuh dalam cahaya tidak langsung.

Berikut beberapa tanaman dalam ruangan minim sinar matahari yang dapat Anda pilih untuk dirawat dan dikoleksi.

Fittonia (Fittonia albivenis)

Fittonia terkenal karena dedaunannya yang unik. Daunnya berwarna hijau tua ditutupi dengan garis-garis tipis bercabang berwarna putih atau merah, menjadikannya tanaman yang sangat menarik perhatian dan juga tidak beracun bagi kucing.

Karena merupakan tanaman tropis, fittonia menyukai suhu hangat dan kelembapan tinggi. Tanaman ini tidak cocok terkena cahaya langsung dan dapat tumbuh baik pada kondisi cahaya sedang hingga rendah.

Calathea (​​Maranta leuconeura)

Calathea memiliki corak daun yang mencolok seperti hijau muda, hijau tua, dan merah. Jika Anda menginginkan tanaman hias unik sekaligus aman bagi kucing, tanaman ini adalah salah satu yang wajib dimasukkan ke dalam daftar. Sediakan drainase yang baik bagi calathea, karena tanah basah dapat sebabkan akar membusuk dan tanaman mati.

Peperomia (Peperomia obtusifolia)

Tanaman baby rubber atau peperomia memiliki daun tebal, mengkilat, berwarna hijau cerah, serta batang berbentuk bulat warna merah. Tanaman ini mudah dirawat dan tahan terhadap penyiraman yang tidak konsisten. Karena merupakan tanaman tropis, peperomia menyukai tingkat kelembapan sedang hingga tinggi dan bisa tumbuh di lingkungan minim cahaya. Namun, jika memungkinkan, berikan cahaya pada tanaman ini di pagi hari dan lakukan selama 10 hingga 15 menit saja sebab terlalu lama bisa sebabkan tanaman terbakar.

Tanaman Besi Cor (Aspidistra elatior) 

Tanaman besi cor merupakan tanaman yang tahan cahaya redup. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 3 kaki, dengan daun besar yang panjangnya tumbuh sekitar 2 kaki. Tanaman besi cor hanya membutuhkan sedikit perawatan dan tidak tahan terhadap penyiraman berlebih. Menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang cenderung lupa menyiram.

Suplir (Delta maidenhairfern)

Berbicara tentang pakis yang populer di dalam ruangan, tanaman suplir adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan. Tanaman ini mempunyai tangkai daun yang gelap dan mengkilap menyerupai rambut manusia, dan terlihat bagus. Pastikan untuk menyiram tanaman saat tanah lapisan atas kering. Hindari menyiram terlalu banyak air. Selain itu, letakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari tidak langsung.

Pakis Boston (Nephrolepis exaltata ‘Bostoniensis’)

Pakis Boston dapat menjadi tanaman hias hijau yang indah. Seperti tanaman hias lainnya, jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung, tetapi berikan cahaya tidak langsung yang terang. Tanaman ini tumbuh baik di tanah asam. Jaga agar tanah tetap lembap tetapi cukup kering. Pakis Boston menyukai lingkungan yang lembap, jadi lakukan penyemprotan air secara teratur untuk menjaga tingkat kelembapan.

Pakis Sarang Burung Walet (Asplenium nidus)

Pakis sarang burung walet menghasilkan daun yang panjang, bergelombang, dan padat, sehingga pakis ini terlihat berkerut dan unik. Mereka tumbuh subur dalam kelembapan tinggi, jadi sebaiknya letakkan tanaman ini di dekat wastafel atau pancuran, seperti di kamar mandi atau dapur. Penyiraman perlu dilakukan secara konsisten. Jaga agar tanah tetap lembab, tetapi jangan sampai basah dan hindari membasahi dedaunan.

Haworthia (Haworthia)

Haworthia adalah tanaman sukulen kecil yang dikenal karena dedaunannya runcing dan memiliki garis-garis atau titik-titik putih yang menonjol. Sukulen ini mudah dirawat dan dapat ditanam di sebagian besar kondisi dalam ruangan. Meskipun banyak sukulen membutuhkan banyak cahaya, tanaman ini dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya sedang hingga rendah.

Brazilian Orchid (Sophronitis spp.)

Berbeda dengan anggrek lainnya, tinggi anggrek Brazil hanya mencapai sekitar 3 inci, menjadikannya varietas anggrek yang unik. Namun, bunganya masih mencapai lebar 2 inci, sehingga agak mencolok. Brazilian orchid tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan tinggi dan membutuhkan penyiraman yang sering serta suhu hangat.

Aglonema (Aglaonema sp.)

Aglonema adalah salah satu tanaman hias terbaik untuk ditanam di dalam ruangan yang tidak memerlukan sinar matahari langsung yang konstan. Jika Anda adalah seseorang yang baru menanam tanaman hias, ini adalah tanaman yang harus Anda miliki.