Kenali Tanda-Tanda Alergi Parfum pada Tubuh, Begini Cara Mengatasinya
Tanda-tanda alergi parfum (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemakaian parfum atau minyak wangi sangat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dengan tubuh semerbak wangi, Anda bisa tampil lebih percaya diri dan membuat orang disekitar nyaman. Namun terkadang ada orang yang alergi pada jenis parfum tertentu. Seperti apa tanda-tanda alergi parfum yang harus Anda tahu?

Kandungan pada parfum dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Alergi bisa muncul karena kontak langsung maupun tidak sengaja menghirup aroma dari parfum. Dalam parfum terkandung minyak esensial dan bahan tambahan lainnya. Supaya pemakaian parfum bisa mendapat efek yang maksimal dan nyaman, maka harus disesuaikan dengan tubuh masing-masing orang. 

Apabila jenis parfum tertentu tidak cocok di tubuh, maka bisa menimbulkan alergi yang cukup mengganggu. Untuk menghindari pemakaian parfum yang salah, Anda perlu tahu tanda-tanda alergi parfum yang mungkin Anda rasakan.

Tanda-Tanda Alergi Parfum

Meski parfum memberikan manfaat sebagai wewangian tubuh, namun dibalik itu dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Bahan yang terkandung di dalam parfum disebut sebagai salah satu penyebab dermatitis kontak atau iritasi kulit. 

Berikut ini beberapa tanda-tanda atau gejala alergi parfum yang bisa saja Anda alami:

  • Gatal dan ruam kemerahan di kulit
  • Terasa gatal di area mata dan tenggorokan
  • Kulit kering dan bersisik
  • Sakit kepala ringan hingga berat
  • Sensasi terbakar di kulit
  • Bersin-bersin dan batuk
  • Hidung berair atau mengeluarkan lendir
  • Mata berair
  • Terasa mual dan ingin muntah
  • Menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari

Pada beberapa kasus, alergi parfum bisa menyebabkan reaksi yang lebih parah dan membutuhkan penanganan medis. Alergi parfum yang cukup parah bahkan bisa mengakibatkan komplikasi serius hingga berujung asma. 

Cara Mengatasi Alergi Parfum

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencegah munculnya alergi pada parfum. Berikut ini sejumlah tips untuk mengatasi alergi parfum yang bisa Anda terapkan:

  • Memahami jenis aroma parfum yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada diri Anda
  • Menghindari sumber aroma parfum atau minyak wangi dari ruangan bekerja atau di rumah
  • Memberitahu atau meminta pengertian dari keluarga atau teman agar tidak memakai parfum yang aromanya dapat memicu alergi pada Anda
  • Menggunakan air purifier atau kipas angin di ruangan yang terdapat wewangian
  • Mengenakan masker saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau di luar ruangan yang terdapat banyak orang
  • Pilih produk parfum yang sesuai dengan jenis kulit dan aromanya cocok untuk Anda

Cara Mengobati Alergi Parfum

Apabila sudah terlanjur mengalami alergi parfum, Anda bisa mengobati atau mengatasinya dengan beberapa cara ini:

Memakai Obat-obatan

Anda bisa mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi alergi parfum. Sejumlah obat untuk alergi parfum yang bisa Anda pilih seperti antihistamin oral, di antaranya cetirizine, loratadine, atau diphenhydramine, untuk membantu mengatasi gatal dan pembengkakan.

Menggunakan Krim Kortikosteroid Topikal

Gunakan obat hidrokortison atau krim steroid serupa yang bisa Anda oleskan ke area kulit yang ruam atau gatal. 

Mandi Pakai Oatmeal Koloid

Mandi memakai campuran oatmeal bisa membantu Anda meredakan gatal dan perdagangan. Anda juga bisa menggunakan oatmeal sebagai kompres dingin pada kulit yang mengalami alergi.

Memakai Lotion atau Krim Pelembap

Gunakan salah satu lotion yang tidak mengandung bahan kimia buatan yang bisa memicu reaksi alergi pada tubuh Anda.

Melakukan terapi Cahaya

Anda bisa melakukan terapi dengan lampu merah atau biru untuk membantu menghilangkan bakteri yang mengiritasi kulit atau mengurangi respon sistem kekebalan tubuh pada kulit. 

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda alergi parfum dan cara mengatasinya. Setiap orang bisa berpotensi mengalami alergi parfum apabila salah memilih produk wewangian. Jadi pastikan Anda memilih parfum yang cocok untuk tubuh Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.