6 Bahan Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes, Wajib Dicatat!
Ilustrasi bahan pengganti gula yang aman (Foto: congerdesign/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Segala jenis makanan dan minuman yang mengandung sukrosa (gula pasir) dan gula sintesis (pemanis buatan) tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Akan tetapi, jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, Anda bisa menggunakan bahan pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. Apa saja? simak informasi selengkapnya berikut ini

Bahan Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

  1. Xylitol

Xylitol termasuk bahan pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. Tingkat rasa manis silitol mirip gula pasir. Kandungan kalorinya pun cukup rendah, hanya 40 persen dari kalori gula pasir.

Xylitol adalah pemanis yang tidak mengandung fruktosa, sehingga tidak menigkatkatkan kadar gula di dalam darah.

Selain itu, xylitol juga dapat menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkaan penyerapan kalsium dalam tubuh.

  1. Eryhritol

Bahan pengganti gula untuk penderita diabetes yang berikutnya aadalah erythritol. Ini adalah pemanis yang kalorinya jauh lebih rendah ketimbang xylitol. Kandungan kalori bahan pengganti gula yang satu ini hanya 6 persen dari kalori gula pasir.

Erythritol juga tergolong pemanis yang aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping.

  1. Sakarin

Sakarin adalah gula sintesis yang kerap digunakan sebagai pemanis makanan kemasan ataupun siap saji.

Dahulu, penggunaan sakarin sempat dikhawatirkan dapat meningkatkaan risiko kanker. Namun kini, sakarin sudah dinyatakan oleh BPOM Amerika Serikat (FDA/Food and Drug Administration).

Sakaarin termasuk pemanis yang aman untuk penderita diabetes karena rendah kalori. Kendati demikian, penggunaan pada bayi, anak-anak dan ibu hamil tetap harus dibatasi.

  1. Stevia

Stevia merupakan bahan pengganti gula yang cukup populer di kalangan penderita diabetes.

Stevia sendiri adalah pemanis alami rendah kalori yang berasal dari ekstrak daun stevia. Selain dimanfaatkan sebagai pemanis minuman, stevia juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan baham membuat kue.

Sampai saat ini, stevia mungkin masih menjadi statu-satunya pemanis yang bisa menurunkan kadar glukosa darah dan tekanan darah secara langsung.

Pemanis buatan ini juga aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Sukralosa

Bahan pengganti gula untuk penderita diabetes yang selanjutnya adalah Sukralosa. Gula sintesis yang satu ini aman dikonsumsi dan rendah kalori. Selain itu, sukralosa juga mudah diproduksi dan harganya terjangkau.

Sama seperti gula stevia, sukralosa bisa dimanfaatkan sebagai pemanis minuman maupun bahan penyedap makanan.

  1. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Madu mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Selain itu, ada pula kandungan potassium 132 mg yang bisa membantu mengatasi peradangan.

Sebuah penelitian menyebutkan jika mengkonsumsi madu secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida pada penderita penyakit diabetes. Pemanis alami ini kaya akan antioksidan dan tidak memicu efek negatif meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

Demikian informasi tentang bahan pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.