7 Tanaman Indoor yang Cocok untuk Hunian Apartemen
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penghuni apartemen yang cerdas tahu bahwa tidak sembarang tanaman hias dapat tumbuh subur di rumah mereka. Tanaman apartemen harus cukup kuat untuk bertahan dalam cahaya rendah dan kelembaban. 

Jangan khawatir, tujuh tanaman hias ini dapat mencerahkan apartemen Anda, membantu menjernihkan udara, melepaskan kelembaban, dan bahkan dapat menginspirasi dekorasi hunian Anda.

Lily

Bunga berwarna putih ini tidak hanya cantik dilihat melainkan perawatanya yang mudah. Bahkan Anda bisa meletakan tanaman cantik satu ini di dalam ruangan karena sifat bunga lily ini yang menyukai tempat yang lembab dan minimnya pancaran sinar matahari. 

Selain itu, dilansir dari The Spruce, Selasa, 19 September, keunggulan dari bunga lily adalah dapat memperbaiki kualitas udara dengan kemampuan menetralkan gas beracun. Oleh karena itu, bunga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin meletakan bunga ini di dalam maupun diluar apartemen.

English Ivy

Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman yang merambat yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias gantung. Daunnya yang unik membuat tanaman rambat satu ini cocok untuk diletakan di apartemen. Anda bisa meletakan tanaman ini pada bagian balkon apartemen sehingga akan memberikan keindahan di bagian luar apartemen dari rambatan tanaman ini.

Walaupun bisa diletakan di apartemen, english ivy ini dapat tumbuh menjadi lebih panjang dan Anda harus rajin memotongnya jika tidak, tanaman ini akan dapat mengganggu pekarangan sekitar.

Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias yang banyak dipilih penghuni apartemen. Dengan daun hijau besar berbentuk hati menjuntai panjang, Anda bisa meletakkannya di atas meja atau di pot gantung. Philodendron sangat cocok untuk penghuni apartemen sibuk sebab tanaman ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali dan aman jika tidak terkena cahaya tidak langsung.

Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua bisa ditempatkan di mana saja karena tanaman ini mudah untuk dirawat. Anda bisa meletakkannya di dalam maupun di luar hunian apartemen. Namun, kebanyakan orang lebih sering meletakan lidah mertua dalam ruangan karena tanaman satu ini sangat cocok untuk melengkapi sudut-sudut ruangan Anda.

Lidah mertua juga merupakan salah satu tanaman yang memiliki berbagai manfaat seperti menyerap karbondioksida yang tidak baik untuk dihirup oleh manusia. Maka dengan meletakan tanaman ini di sekitar rumah Anda, tanaman ini bisa menyerap udara yang tidak baik untuk tubuh dan memberikan sirkulasi udara yang lebih sehat.

Kaktus

Tanaman kaktus merupakan salah satu yang paling fleksibel dan mudah untuk dirawat. Bahkan Anda bisa menyiram tanaman seminggu sekali karena mereka tidak membutuhkan terlalu banyak air. Kaktus tentu dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok sebagai bagian dari dekorasi dalam hunian apartemen Anda karena mudah ditanam dan juga akan mempercantik hunian apartemen.

Spider Plant

Spider plant memiliki fungsi memurnikan udara di dalam rumah. Tanaman hias yang mudah sekali tumbuh ini, menurut psikolog dapat membantu mengatur emosi baik dan menjaga suasana hati jika dipajang di meja kerja Anda.

Bagusnya lagi, spider plant juga termasuk dalam tanaman hias indoor yang aman bagi kucing dan anjing. Tanaman ini toleran terhadap berbagai kondisi cahaya, kelembapan, dan tanah sehingga perawatannya pun cukup mudah.

Jade Plant

Tanaman jade sering dianggap sebagai tanaman uang karena bentuk daunnya bulat, menyerupai koin. Ada kepercayaan bahwa siapapun yang memelihara tanaman jade di dalam rumah, maka rezeki akan senantiasa mengalir.

Tanaman pembawa keberuntungan ini membutuhkan banyak sinar matahari namun tidak terlalu banyak penyiraman. Selain itu, warna daunnya dapat menunjukkan kualitas udara dalam ruangan, hijau berarti sehat dan kuning kurang sehat.