Anda Hobi Kuliner? Ketahui, Ini 10 Makanan Paling Populer di Dunia
Ilustrasi makanan paling populer di dunia (Freepik/ojosujono96)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan yang populer di seluruh dunia, penting diketahui apalagi kalau Anda memiliki hobi mencicip kuliner. Hobi ini biasa dilakukan orang yang mampir makan di setiap detinasi perjalanannya. Jika Anda sering bepergian, kenali makanan populer seluruh dunia berikut ini untuk merasakan cita rasa yang kaya.

1. Tortilla

Tortilla awalnya berupa roti jagung yang pipih dan telah ada selama ribuan tahun di Meksiko. Pertama kali memang dibuat dari jagung, yang dulu disimpan sebagai hasil panen orang-orang Mesoamerika kuno. Kemudian dibentuk menjadi bola-bola dan ditekan-tekan dengan tangan sehingga bentuknya pipih dan bulat.

2. Yakiniku

Yakiniku merupakan teknik mengolah makanan Jepang yang berasal dari Korea, dilansir Taste Atlas, Selasa, 19 September. Cara mengolahnya berupa potongan daging dan sayuran seukuran gigitan kemudian disajikan di atas meja. Yakiniku, terinspirasi dari masakan Korea, galbi dan bulgogi. Meskipun berbeda, daging yakiniku biasanya tidak direndam sebelum dipanggang.

makanan paling populer di dunia
Ilustrasi makanan paling populer di dunia (Freepik/vecstock)

Daging tersebut diiris tipis dibawa ke meja bersama sayuran mental. Dagingnya banyak macam, antara lain daging sapi, babi, ayam, dan berbagai jenis kerang. Saus yang dipakai sebagai pendamping, mulai dari kecap asin dan saus miso hingga minyak bawang putih.

3. Croissant

Sekilas kue ini seperti bulan sabit berwarna keemasan. Dibuat dengan mentega murni dan adonan ragi dengan rasa sedikit manis. Jika dibuat dengan benar, croissant berwarna putih kekuningan dan tekstur elastis bagian tengah. Biasanya dimakan dengan dicocol mentega atau selai segar. Para ahli sepakat bahwa salah satu makanan populer di dunia ini, dipengaruhi oleh kipfel Austria. Bentuknya meniru bulan sabit yang dibuat untuk perayaan kemenangan Austria atas Kekaisaran Otoman.

4. Tahu

Tahu adalah produk vegan yang unik, dibuat dari susu kedelai yang digumpalkan. Di Indonesia, makanan ini cukup populer. Tetapi ternyata di dunia pun termasuk makanan yang populer untuk diolah menjadi berbagai jenis menu hidangan.

makanan paling populer di dunia
Ilustrasi makanan paling populer di dunia (Freepik/Sketchepedia)

Tahu diolah dengan proses koagulasi. Namun cara penyimpanan dan pengeringannya berbeda. Tahu mungkin ada yang bertekstur lunak dan keras berdasarkan karakteristik serta komposisi yagn dipakai.

5. Ramen

Ramen adalah mie kuah yang pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1910, ketika juru masak Tiongkok memadukan mie dengan kuah kaldu asin. Mie keriting ini berwarna kuning cerah dan lebih elastis dibandingkan mie Jepang yang dibuat pada saat itu. Adonannya diremas dengan air mineral mengandung natrium karbonat yang disebut kansui.

6. Mie Cellophane

Disebut juga mie plastik atau dikenal sebagai bihun, berupa mie tipis terbuat dari air dan pati yang diekstraksi dari kacang hijau, ubi, singkong, atau kentang. Mie ini sering digunakan dalam sup dan tumis, tetapi juga disajikan dingin dalam salad.

Bahan mie ini cenderung cepat melunak saat digunakan dalam sup, namun tetap al dente dan menyerap rasa bahan lain saat digunakan dalam tumisan. Mienya biasanya dibumbui dengan cuka, kecap ikan, kecap, atau minyak cabai.

7. Taco

Taco adalah makanan nasional Meksiko, berasal dari tambang perak Meksiko pada abad ke-18. Kata taco mengacu pada bubuk mesiu yang dibungkus dengan selembar kertas lalu dimasukkan dalam batu. Bahan taco dalam acuan tersebut, digunakan untuk menggali bijih berharga dari tambang dan disebut tacos de minero atau taco penambang.

makanan paling populer di dunia
Ilustrasi makanan paling populer di dunia (Freepik)

Taco termasuk makanan street dan makanan cepat saji terkemuka di Meksiko. Dibuat dari tortilla tipis yang dipanggang pada wajan datar dengan banyak isian di dalamnya. Lalu dilipat dan dimakan tanpa peralatan apapun. Taco pada dasarnya adalah segala sesuatu yang dimakan dengan tortilla lembut, dan variasinya tidak terbatas. Di Sonora, di utara Meksiko, mereka menyantap carne asada klasik, berupa daging irisan tipis yang dipanggang di atas bara api dan diberi salsa, bawang bombay, guacamole, dan irisan jeruk nipis.

8. Burger

Burger merupakan makanan khas Amerika yang berevolusi dari bistik sapi Jerman, menurut kritikus makanan New York Times, Mimi Sheraton.Nama lainnya, hamburger,muncul dari fakta bahwa banyak imigran Jerman berasal dari pelabuhan Hamburg.

Burger adalah hidangan lezat yang terdiri dari, daging sapi panggang setengah matang yang dimasukkan ke dalam roti segar yang dipanggang ringan, disertai irisan bawang bombay, dan saus tomat atau mustard Dijon.

Tentu saja, ada berbagai macam bumbu dan sayuran lain seperti salad sayuran dan tomat, tapi menurut Sheraton, bahan-bahan tersebut cenderung membuat daging menjadi dingin.

9. Sushi

Sushi adalah perwakilan kuliner paling terkenal di Jepang. Biasanya dibuat dengan nasi dan isian yang digulung di dalam lembaran rumput laut kering. Namun, istilah sushi sebenarnya merupakan istilah umum yang mencakup berbagai subvarietas yang dapat dibuat dengan segudang bahan yang berbeda dan dalam berbagai bentuk dan presentasi.

makanan paling populer di dunia
Ilustrasi makanan paling populer di dunia (Freepik/stockgiu)

10. Pizza

Pizza mungkin salah dipahami dari negara di benua Eropa. Yang pasti, pizza berasal dari Timur Tengah kuno. Berbentuk roti pipih dengan toping berbagai macam termasuk bumbu lokal dan minyak zaitun. Pizza sekarang dibuat dengan saus tomat, keju, dan berbagai toping berasal dari Italia. Pizza modern seperti yang kita kenal sekarang berevolusi dari roti pipih Neapolitan awal yang diberi lemak babi, garam, dan bawang putih.

Itulah sepuluh makanan paling populer di dunia yang perlu Anda ketahui. Daftar makanan di atas, bisa Anda jadikan referensi ketika mengunjungi destinasi tertentu dan acuan cita rasa yang variatif.