7 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Melembabkan Kulit
Ilustrasi (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menjaga kelembaban kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan pelembab wajah dari bahan alami. Meskipun ada banyak produk pelembab di pasaran, Anda juga bisa membuat sendiri pelembab wajah dengan beberapa bahan yang tersedia di rumah. Pelembab buatan ini mengandung nutrisi segar dan dapat memberikan hasil luar biasa.

Berikut bahan alami untuk melembabkan kulit wajah, disadur VOI dari laman Mind, Body, and Green, Kamis, 21 September.

Madu

Madu (khususnya madu manuka) adalah salah satu benda paling multifungsi di dapur. Berkenaan dengan perawatan kulit, penelitian menemukan bahwa madu organik mentah memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menyembuhkan luka kulit dan anti inflamasi.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker seminggu sekali dengan mengoleskan lapisan tipis pada kulit bersih selama kurang lebih 10 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

Minyak kelapa

Bahan pokok rumah tangga yang trendi ini digunakan untuk segala hal mulai dari lip gloss alami, masker rambut, hingga pengobatan ayurveda. Minyak ini kaya akan asam lemak, yang memberikan sifat antibakteri, membantu kulit meningkatkan produksi kolagen, dan dapat membantu meningkatkan kelembaban, dan fungsi pelindung kulit.

Banyak orang juga menyukainya karena minyak ini lebih mudah diserap dibandingkan minyak lain yang lebih kental. Namun, minyak kelapa juga terbukti bersifat komedogenik, menyumbat pori-pori, pada beberapa orang dengan kulit sensitif. Untuk itu penggunaanya harus dibatasi maksimal dua kali seminggu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E, antioksidan yang larut dalam minyak yang sering digunakan dalam produk anti-aging. Jika dioleskan secara topikal, ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan rambut. Namun, jika kulit Anda sensitif, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rutin dapat memperburuk eksim.

Selain untuk melembabkan, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih makeup. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, kemampuan mengangkat riasan yang paling membandel sekalipun tak perlu diragukan lagi.

Lidah buaya

Ini adalah pilihan klasik mengatasi efek sunburn dan bahan favorit pelembab untuk kulit wajah kering. Lidah buaya memiliki kandungan tinggi akan vitamin A, C, E, dan B12, yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Ada juga kandungan enzim dengan fungsi mengurangi peradangan. Namun alasan kebanyakan orang menyukainya adalah mudah meresap ke dalam kulit.

Oat

Oat, ekstrak oat, dan koloid oat merupakan bahan favorit dalam produk perawatan kulit sensitif karena terbukti sangat menenangkan iritasi kulit. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasinya serta efek antihistamin. Itulah sebabnya mengapa obat ini sering digunakan sebagai pereda reaksi alergi atopik.

Alpukat dan minyak alpukat

Buah ini bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit berkat kandungan lilin, mineral, protein, dan vitamin. Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat menjadi perawatan antioksidan yang menutrisi kulit. Minyak alpukat, yang diekstraksi dari daging buahnya, telah terbukti meningkatkan sintesis kolagen dalam sebuah penelitian.

Timun

Mungkin belum banyak penelitian mengenai manfaat sayuran untuk perawatan kulit, namun ada alasan mengapa timun sering digunakan di spa. Sayuran ini bisa menenangkan kulit lelah atau meradang. Tinggi kandungan air tidak hanya menghidrasi, namun penelitian menunjukkan nutrisi lain dalam timun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Jika Anda punya waktu di pagi hari, cukup letakkan dua irisan dingin timun di atas mata. Tujuannya, menghilangkan bengkak dan memberi energi pada kulit.

Itulah tujuh daftar bahan alami untuk melembabkan kulit kering. Sebelum diaplikasikan ke kulit, coba dulu oleskan bahan-bahan di atas pada kulit belakang telinga untuk mengetahui ada tidaknya reaksi alergi.