8 Buah yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi buah yang bagus untuk menurunkan berat badan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Buah-buahan merupakan makanan yang baik dikonsumsi apabila tidak diberi pemanis atau diproses secara berlebihan. Karena buah kaya akan nutrisi dan cocok untuk melengkapi gaya hidup sehat, maka bisa dimasukkan dalam menu diet harian Anda. Tujuan dietnya cukup spesifik, yaitu menurunkan berat badan. Keuntungan mengonsumsi buah, pertama karena mengandung gula alami. Selain itu, buah kaya akan serat, mengandung sedikit kalori, dan tinggi kandungan air. Daftar buah yang bagus untuk menurunkan berat badan.

1. Apel

Dalam satu buah apel ukuran sedang, mengandung 104 kalori dan 4,8 gram serat. Makan apel setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan, menurut studi tahun 2015. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa skor BMI pada orang yang mengonsumsi apel utuh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi makanan tersebut.

2. Alpukat

Setengah buah alpukat mengandung 120 kalori dan 5 gram serat. Buah dengan rasa gurih ini, merupakan sumber lemak yang menyehatkan jantung, vitamin K, dan folat. Buah ini juga mengurangi hasrat makan berlebih. Artinya, dengan mengonsumsi buah ini membantu Anda mengelola berat badan.

buah yang bagus untuk menurunkan berat badan
Ilustrasi buah yang bagus untuk menurunkan berat badan (Freepik/jcomp)

3. Pisang

Satu buah pisang mengandung 112 kalori dan 3,3 gram serat. Pisang juga kaya akan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Berkat rasanya yang manis dan kandungan seratnya yang tinggi, pisang dapat menambah rasa kenyang dan mengekang keinginan makan makanan manis. Buah ini juga merupakan camilan sehat yang sangat mudah dibawa-bawa, dan mudah dikonsumsi saat bepergian.

4. Buah beri

Buah beri ialah pilihan bagus untuk menurunkan berat badan karena memiliki kandungan tinggi air dan gula darah rendah dibanding buah lainnya. Buah beri juga memiliki profil nutrisi yang lebih kaya. Dalam satu cangkir stroberi mengandung 48 kalori dan 6 gram serat.

5. Jeruk bali

Setengah jeruk bali mengandung 65 kalori dan 2,5 gram serat serta kaya akan vitamin C. Di samping dapat mencukupi kebutuhan mikronutrien dan makronutrien, jeruk bali juga bermanfaat memperbaiki kadar kolesterol.

buah yang bagus untuk menurunkan berat badan
Ilustrasi buah yang bagus untuk menurunkan berat badan (Freepik/Azerbaijan_stockers)

6. Buah kiwi

Makan dua buah kiwi setiap hari, menurut penelitian melaporkan bisa mengurangi lingkar pinggang hingga 1,2 inci. Kiwi juga bisa mencukupi kebutuhan 71 persen vitamin C harian.

7. Melon

Berbagai jenis melon dapat berkontribusi menurunkan berat badan karena kandungan airnya tinggi meski rasanya manis. Tetapi karena tingkat glikemik indeks termasuk tinggi, maka harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

8. Markisa

Buah yang biasa diolah menjadi sirup ini, selain mengandung rendah kalori tetapi juga kaya serat, mengandung pula piceatannol. Senyawa tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Penting diketahui, resistensi insulin dapat berkontribusi menambah berat badan.

Meskipun delapan buah untuk menurunkan berat badan di atas bagus, tetapi Anda perlu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Supaya mendapatkan nutrisi cukup, Anda perlu mengonsumsi menu diet yang kaya akan nutrisi.