Suhu Air untuk Menyeduh Kopi Agar Ekstraksi Bisa Seimbang
Ilustrasi air panas untuk membuat kopi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penikmat kopi tentu tahu suhu air untuk menyeduh kopi tidak bisa ditakar secara sembarangan. Pasalnya, suhu air akan berdampak pada cita rasa kopi. Suhu air yang kurang atau berlebih akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda-beda. Namun patut diingat bahwa cita rasa tentu didasarkan pada selera.

Suhu Air untuk Menyeduh Kopi

Cita rasa kopi pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai macam hal mulai dari biji kopi yang digunakan, tingkat kematangan sangrai biji kopi, dan tentu saja suhu air yang digunakan untuk menyeduh bubuk kopi. Lalu, mengapa suhu air berpengaruh pada rasa kopi?

Ada banyak teknik penyeduhan kopi, namun semua itu sama-sama memanfaatkan air panas sebagai medianya. Sebagai contoh, teknik menyeduh kopi metode pour-over atau French press dilakukan dengan air panas yang mendidih. Hal itu dilakukan karena muncul anggapan bahwa makin panas air yang digunakan maka makin lezat pula racikan kopi. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar dan tidak bisa disalahkan karena semua kembali ke selera.

Namun, harus diketahui bahwa menyeduh kopi dengan air yang sangat panas akan memicu efek tertentu yang berkaitan dengan proses ekstraksi kopi.

Proses ekstraksi kopi adalah proses pelarutan bubuk kopi yang terkena air panas. Saat air panas mengguyur bubuk kopi, maka akan menghasilkan asam, minyak, hingga kafein. Zat-zat tersebut yang akan menghasilkan cita rasa tertentu pada kopi.

Demi menghasilkan rasa kopi yang nikmat, pembuat kopi harus tahu suhu yang tepat dan seimbang untuk memaksimalkan ekstraksi kopi. Suhu yang kurang akan membuat proses ekstrasi kopi jadi hambar hingga asam. Namun jika ekstraksi kopi berlebihan maka rasa pahit yang kemungkinan akan keluar.

Terkait suhu air yang digunakan untuk ekstraksi atau menyeduh kopi, masing-masing punya cita rasa. Namun, National Coffee Association memiliki patokan bahwa kisaran suhu untuk ekstraksi ideal adalah antara 90 dan 96 derajat celcius.

Akan tetapi beberapa orang juga memilih suhu air di bawah 90 derajat celsius untuk menyeduh kopi dengan metode manual brew. Agar lebih aman, sebagian orang akan memilih untuk menghindari menyeduh kopi dengan suhu air di atas di atas 96 derajat celsius karena akan berdampak rasa kopi akan pahit.

Suhu air yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi juga ditentukan dari biji kopi atau metode yang digunakan. Sebagai contoh, suhu air yang dipakai untuk membuat kopi tubruk kadang berbeda dengan metode yang membutuhkan teknik rumit.

Pada pembuatan kopi tubruk harus diperhatikan dulu jenis kopi apa yang dipakai, apakah robusta atau arabika. Kopi robusta disebut membutuh suhu air yang lebih tinggi dibanding arabika.

Suhu air membuat kopi robusta disarankan memakai suhu air hingga 95 derajat celcius. Sedangkan suhu air untuk menyeduh kopi arabica cukup menggunakan suhu air kisaran 90-93 derajat celsius.

Itulah informasi terkait suhu air untuk menyeduh kopi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.