7 Tipe Orang Toksik yang Kerap Menyulitkan
Ilustrasi tipe orang toksik yang kerap menyulitkan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Orang yang toksik kerap menyulitkan. Oleh karena itu perlu dikenali supaya bisa saling mengoreksi dan memperbaiki perilakunya. Selain itu, Anda bisa terkuras energinya ketika bersama mereka yang memiliki perilaku beracun. Terdapat tujuh tipe orang beracun yang mungkin perlu Anda identifikasi. Berikut ini daftar dan penjelasannya.

1. Narsisis dalam percakapan

Seorang yang narsis dalam percakapan, sering menyela Anda ketika dalam obrolan. Orang yang narsis suka berbicara tentang diri mereka sendiri. Mereka tidak bertanya apa pun kepada Anda. Dalam hubungan, orang-orang narsis akan menjadi egois dan tidak akan pernah memperhatikan kebutuhan Anda.

2. Pengekang

Tipe orang toksik kedua, ia adalah seseorang yang ingin mengendalikan segala sesuatu dan semua orang di sektiar. Mereka ingin bertanggung jawab atas apa yang Anda lakukan, apa yang dikatakan, bahkan yang dipikirkan. Dalam hubungan, seorang pengekang tidak akan memberi Anda ruang untuk bernapas dan terus-menerus mengomeli Anda sampai benar-benar selaras dengannya.

tipe orang toksik yang kerap menyulitkan
Ilustrasi tipe orang toksik yang kerap menyulitkan (Freepik/cookie_studio)

3. Penyedot emosional

Disebut sebagai “vampir emosional” karena mereka selalu mengatakan yang menyedihkan, negatif, dan pesimis. Mereka yang bertipe ini, tidak pernah bisa melihat sisi positif dari setiap situasi. Jika bersama seseorang, ia hanya mengatakan hal-hal buruk dan mungkin tidak menjadi lebih baik.

4. Orang yang selalu drama

Beberapa orang beracun, mereka selalu drama. Tidak satu hal yang benar, semua selalu salah. Ketika satu masalah selesai, tumbuh masalah baru. Tak hanya itu, mereka selalu mengeluh dan seolah tak ingin memperbaiki apapun.

5. Pencemburu dan menghakimi

Seorang pencemburu dan suka menghakimi juga termasuk tipe orang toksik. Melansir Science of People, Senin, 2 Oktober, orang yang cemburu sangatlah beracun karena mereka sangat membenci diri sendiri sehingga mereka tidak bisa bahagia untuk siapa pun di sekitar mereka. Biasanya, kecemburuan mereka muncul dalam bentuk penilaian, kritik, atau gosip. Menurut mereka, semua orang jelek, tidak keren, atau kurang dalam beberapa hal. Jika seseorang mulai bergosip karena iri tentang orang lain, hati-hati, dia mungkin orang yang beracun.

tipe orang toksik yang kerap menyulitkan
Ilustrasi tipe orang toksik yang kerap menyulitkan (Freepik/lookstudio)

6. Pembohong

Berteman atau berhubungan dengan seorang pembohong, sungguh akan sangat melelahkan. Karena meskipun kebohongan kecil, bisa memengaruhi tingkat kepercayaan dalam hubungan. Ketidakjujuran, bisa menguras tenaga apalagi kalau dilakukan terus-menerus.

7. Mengutamakan diri sendiri

Seorang toksik yang mengutamakan diri sendiri, menganggap dirinya selalu benar. Mereka tidak mempertimbangkan perasaan atau gagasan orang lain. Dalam suatu hubungan, ini disebut orang yang arogan. Hal ini karena mereka sering menganggap dirinya adalah orang terpintar di ruangan sehingga mereka memandang setiap percakapan dan orang sebagai tantangan yang harus dimenangkan. Mereka yang toksik jarang melihat orang lain setara.

Di atas merupakan tipe orang toksik yang sering menyulitkan dalam hubungan. Baik dalam hubungan pekerjaan, maupun hubungan percintaan.