Halau Apek Jelang Sore, Begini 6 Tips Rambut Wangi Sepanjang Hari
Ilustrasi tips rambut wangi sepanjang hari (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjaga kebersihan adalah rutinitas yang perlu dilakukan untuk tetap wangi sepanjang hari. Tetapi terkadang, kebersihan rambut sudah dijaga tetapi apek tetap tercium setelah aktivitas berkeringat. Menurut penata rambut profesional, ada kok cara mempertahankan rambut wangi sepanjang hari, ikuti langkahnya berikut.

1. Tambahkan pewangi

Untuk menambahkan aroma yang harum, Anda bisa memakai minyak atau pewangi rambut. Keduanya juga bisa dipadukan dengan minyak atsiri yang membuat rambut Anda wangi. Evalyn Denis, penata rambut yang tinggal di Los Angeles, minyak atsiri bagus ditambahkan ke rambut. Minyak yang aromanya bisa dipilih sesuai preferensi ini, bisa dipakai. Dia merekomendasikan minyak esensial untuk digunakan pada kulit kepala dan rambut Anda, tetapi pastikan produk tersebut diformulasikan untuk digunakan di mana pun Anda menggunakannya.

2. Hindari rokok

Selain perlu menghindari rokok dengan alasan kesehatan, kepulan asap rokok juga meninggalkan bau pada rambut. Jika Anda seorang perokok, mungkin tidak menyadari langsung. Tetapi penting diketahui, rambut memiliki daya serap yang sangat baik. Jadi menghilangkan bau apapun, termasuk asap rokok, sangatlah sulit. Cara terbaik dan termudah adalah dengan keramas. Tetapi jika tak sempat keramas, Anda bisa menggunakan sampo kering tetapi pastikan mengoleskan hingga kulit kepala.

tips rambut wangi sepanjang hari
Ilustrasi tips rambut wangi sepanjang hari (Freepik/pikisuperstar)

3. Pakai produk penata rambut beraroma

Meski sampo dan kondisioner sama-sama membilas rambut, produk penataan seperti gel dan mousse ada yang tanpa bilas. Artinya, aroma apapun dalam produk tersebut akan tertinggal di rambut sampai Anda mencucinya lagi. Jika ingin membuat rambut harum sepanjang hari, carilah produk dengan kaya aroma.

4. Memakai pewangi rambut

Jika rambut tidak berbau harum, Anda mungkin tergoda menyemprotkan wewangian ke helai rambut Anda. Sayangnya, parfum bukan ide yang baik untuk diaplikasikan ke rambut. Parfum diformulasikan untuk kulit, dan bisa menyebabkan rambut rusak kalau diaplikasikan pada helah-helainya.

Menurut Denis dilansir Byrdie, Rabu, 4 Oktober, ada cukup banyak produk yang ditujukan khusus untuk rambut dan wanginya luar biasa. Sebaiknya, pilihlah produk khusus rambut dengan aroma yagn Anda sukai. Ini bisa berupa sampo, kondisioner, semprotan, mousse, krim, dan atau pewangi rambut.

5. Cuci rambut secara teratur

Ada banyak pendapat tentang seberapa sering Anda harus mencuci rambut. Beberapa ahli, mengatakan untuk mencuci rambut jangan terlalu sering. Tetapi ada pula yang mengharuskan keramas sesering mungkin untuk menghindari penumpukan. Jika tujuan Anda mempertahankan wangi rambut setiap hari, maka sering keramas akan lebih baik.

tips rambut wangi sepanjang hari
Ilustrasi tips rambut wangi sepanjang hari (Freepik/Racool_studio)

Menurut dokter kulit bersertifikat Tracy Evans, MD., MPH., bau muncul di kulit, kulit kepala, atau rambut ketika bakteri berkumpul di kulit. Maka mencuci rambut dan kulit kepala membantu menghilangkan minyak, kotoran, bakteri, dan mencegah bau apek. Denis tidak menyarankan cuci rambut setiap hari. Sarannya dua hingga tiga kali seminggu. Tetapi kalau aktivitas Anda berkeringat setiap hari, mungkin lebih baik mencucinya setiap hari.

6. Mengatasi dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik termasuk masalah medis yang dapat menimbulkan bau, tutur Evans. Jika Anda khawatir rambut tidak berbau harum karena masalah medis, paling tepat minta saran dari dokter kulit Anda. Mereka akan membantu apa masalah dan keluhan yang Anda alami.

Itulah keenam tips menjaga rambut wangi sepanjang hari. Anda mungkin memiliki cara lain untuk mengatasi bau rambut apek, namun penjelasan di atas bisa Anda masukkan sebagai alternatif cara.