Pola Makan untuk Usia 40 Tahun, <i>Yuk</i> Praktekkan Agar Tetap Sehat dan Bugar
Ilustrasi (Foto: Pixabay/MeggiePoo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika seseorang memasuki usia 40 tahun, berbagai fungsi tubuh akan mengalami penurunan dan proses metabolisme akan ikut melambat. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan dan penyakit kronis. Untuk mencegahnya, Anda dapat menjalani pola makan untuk usia 40 an agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Lantas, pola makan seperti apa yang dianjurkan supaya tubuh tetap sehat di usia 40 tahun ke atas? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pola Makan untuk Usia 40 Tahun

Dirangkum dari berbagai sumber, pola makan yang sehat untuk usia 40 tahun yakni dengan memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, porsi makan, jadwal, dan cara mengolah makanan yang benar. Berikut penjelasannya.

  1. Jenis makanan yang direkomendasikan untuk usia 40 tahun

Jenis makanan yang direkomendasikan untuk usia 40 tahunan adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Nutrisi tersebut antara lain karbohirat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Karbohirat berfungsi sebagai sumber energi utama. Protein membantuk menjaga massa oto yang mulai menghilang. Lemak berfungsi menjaga suhu tubuh sekaligus sebagai cadangan energi. Sedangkan vitamin dan mineral membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya setiap hari.

Selain itu, seseorang yang sudah berusia 40 tahun juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan antioksidan, seperti buah dan sayur. Anda juga perlu menyantap makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan sel, mencegah nyeri sendi, dan menjaga daya tahan tubuh.

Telur, minyak ikan kod, ikan salmon, dan kacang almon adalah jenis makanan yang kaya akan asam lemak dan omega-3.

Untuk perempuan, Anda perlu menambah asupan vitamin D dan kalsium untuk mencegah risiko osteoporosis di usia 40 tahun ke atas. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 hingga 10 gelas per harinya untuk melancarkan sirkulasi darah dan saluran pencernaan.

  1. Porsi makanan

Untuk porsi makanannya, pria atau wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas disarankan untuk menyantap makanan dengan porsi yang kecil setiap kali makan. Memangkas asupan kalori saat makan membantu mencegah risiko obesitas akubat metabolism yang mulai melambat.

  1. Jadwal makan

Pola makan untuk usia 40 tahun yang berikutnya adalah makan setiap 3 sampai 4 jam sekali setiap hari. Ini terdiri dari tiga kali makan utama, dan dua kali makan makanan ringan.

Pola makan ini diterapkan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah makan dengan kalap. Selain itu, usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan, misalnya sengaja tidak makan pagi atau malam.

  1. Cara mengolah makanan

Makanan yang sehat untuk usia 40 tahun ke atas adalah makanan yang rendah gula, garam, dan minyak. Oleh sebab itu, usahakan untuk memangkas gula, garam, dan minyak ketika memasak.

Asupan gula yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko diabetes. Menggunakan garam yang melebihi batas maksimal dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sementara terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak dapat meningkatkan risiko kolesterol.

Demikian informasi tentang pola makan untuk usia 40 tahun. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.