Stroke Usia Muda, Emang Bisa? Jangan Anggap Remeh, Simak ini Penyebabnya
Penyebab Stroke di Usia Muda (Gambar Xavi Cabrera - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak selalu terjadi pada usia tua, stroke pula dapat melanda usia muda. Stroke ialah keadaan kala suplai darah ke bagian otak terganggu ataupun menurun, yang menyebabkan jaringan otak tidak memperoleh oksigen. Penasaran dengan penyebab stroke di usia muda?

Stroke ialah penyakit sungguh - sungguh yang bisa menimbulkan kecacatan serta membahayakan nyawa. Oleh karena itu, pertolongan medis yang cepat serta pas harus dilakukan buat kurangi resiko kerusakan otak serta bermacam komplikasi yang lain. Berikut uraian karakteristik serta penyebab stroke di umur muda.

Ciri-ciri Stroke di Usia Muda

Resiko terjadi stroke biasanya bertambah dengan bertambahnya umur seorang. Akan tetapi, stroke sesungguhnya pula bisa terjadi di umur muda. Berikut merupakan ciri- ciri ataupun indikasi stroke yang patut diwaspadai:

  • Perubahan Fungsi Panca Indera

Stroke ringan umumnya bakal menyerang guna panca indera terlebih dahulu, seperti perubahan fungsi mata, kuping, serta rasa. Kehilangan fungsi panca indera tidak berlangsung sekalian, tetapi dapat saja cuma pada salah satunya. Bila mulai merasakan hilang fungsi dari salah satu panca indera, hendaknya Kalian tidak menyepelekannya karena bisa saja jadi awal dari gejala stroke ringan.

  • Kehilangan Keseimbangan serta Kesadaran

Ciri- ciri stroke di umur muda pula dapat diisyarati dengan kehabisan keseimbangan tubuh. Sebagai contoh, kesulitan berjalan sebab keseimbangan badan yang tidak normal. Pusing di bagian kepala yang menyebabkan berjalan jadi sempoyongan, kehabisan kesadaran seperti bingung, hilang ingatan, maupun tidak sadarkan diri pula dapat jadi gejala stroke. Segera memeriksakan diri ke dokter buat mengenali pemicu pasti dari indikasi yang muncul.

  • Saraf Bermasalah

Stroke ialah salah satu penyakit yang berhubungan dengan fungsi saraf. Bagian- bagian tubuh tertentu misalnya wajah, kaki, ataupun tangan bisa ditandai dengan rasa kesemutan yang lumayan sering atau tidak kunjung hilang, dan mati rasa pada satu sisi tubuh.

  • Perubahan Mental

Tidak hanya 3 karakteristik di atas, identitas stroke di usia muda pula dapat ditandai dengan pergantian mental, contohnya merasa bimbang ataupun lupa ingatan. Kesusahan menguasai perkataan seseorang dan sulit membaca serta mendengar pula ialah ciri gejala awal stroke.

Penyebab Stroke di Usia Muda

Stroke bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena faktor resiko yang diturunkan dalam keluarga keturunan semacam hipertensi maupun gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini sebagian aspek pemicu stroke di umur muda yang butuh Kalian tahu:

  • Hipertensi

Meningkatnya tekanan darah ialah salah satu pemicu stroke. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan rapuhnya dinding pembuluh darah yang bisa berujung pada pecahnya pembuluh darah.

  • Cedera Kepala

Cedera berat pada kepala pula dapat jadi salah satu pemicu stroke berlangsung di usia muda. Benturan yang lumayan keras pada kepala dapat membentuk gumpalan darah di bagian kepala. Keadaan tersebut bisa menyebabkan gegar otak dan mengganggu sistem imunitas tubuh serta sel darah sehingga bisa berujung jadi stroke.

  • Anemia Sel Sabit

Anemia sel sabit berasal dari kelainan genetik semenjak lahir dengan keadaan sel- sel darah merah berbentuk seperti bulan sabit. Keadaan tersebut menyebabkan pembuluh darah kehilangan pasokan darah sehat serta oksigen buat dialirkan ke seluruh tubuh. Pasokan darah serta oksigen yang tidak dialirkan secara sempurna terutama ke bagian kepala bisa menyebabkan terbentuknya stroke. Diperlukan perawatan medis khusus supaya keadaan ini tidak menyebabkan kendala pada organ tubuh yang lain.

  • Kolesterol Tinggi

Gejala stroke pula dapat disebabkan sebab kolesterol tinggi. Meningkatnya kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah otak yang memunculkan aterosklerosis( sumbatan ataupun penyempitan pembuluh darah). Keadaan tersebut membutuhkan penindakan secepatnya sebab dapat menyebabkan stroke ataupun penyakit yang lain semacam penyakit jantung koroner. 

Jadi setelah mengetahui apa saja penyebab stroke di usia muda, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!