Jenis Istirahat Selain Tidur yang Dapat Membuat Hidup Lebih Baik
Jenis Istirahat Selain Tidur (Gambar Dan Burton - Unsplah)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau bicara soal istirahat tentunya kebanyakan orang pasti akan langsung berkata "tidur", ya wajar aja sih banyak yang kepikiran itu soalnya emang tidur salah satu dari cara istirahat. Tapi adakah jenis istirahat selain tidur?

Nyatanya perihal inilah yang dikatakan Dr. Saundra Dalton-Smith ke teorinya kalau sesungguhnya terdapat 7 jenis istirahat penting yang diperlukan badan selain tidur.

Di dalam bukunya yang berjudul Sacred Rest: Recover Your Life, Renew Your Energy, Restore Your Sanity di tahun 2017, menyajikan gagasan kalau kita semua memerlukan 7 tipe istirahat penting yang berbeda guna merasa hidup sepenuhnya serta jadi diri kita sendiri.

Jenis-jenis istirahat ini didapatkan dari hasil eksplorasi serta menekuni bermacam-macam pasien yang mengeluh ‘merasa letih walaupun telah tidur’.

Pertama-tama kalian wajib mengenali ciri khusus bila butuh rehat. Setelahnya, kalian dapat memilah tipe istirahat sesuai kebutuhan.

Jenis Istirahat Selain Tidur

1. Istirahat Fisik

Pastinya tipe istirahat yang kesatu merupakan istirahat raga. Sinyal-sinyal badan membutuhkan istirahat fisik antara lain merasa lesu, mengantuk ataupun malahan nyeri otak.

Tipe istirahat raga tidak cuma tidur saja, nih. Kalian pula dapat melangsungkan peregangan restoratif semacam yoga, pijat sampai yang simpel semacam mengambil napas dalam serta rehat dari membungkuk di depan komputer.

2. Istirahat Mental

Walaupun sudah menerapkan istirahat fisik, tetapi pikiran bisa jadi masih aktif serta letih. Inilah saatnya kalian menerapkan istirahat mental. Isyarat badan perlu istirahat mental yakni kehabisan konsentrasi, merasa sinisme, apatis apalagi alami ‘kabut otak’.

Nah, yang dapat dicoba saat mengambil istirahat mental yakni mengesampingkan pikiran serta kekhawatiran, meditasi, menenangkan percakapan internal supaya istirahat, memutar musik, lepaskan diri dari gadget, seluruh istirahat ini dapat diambil dalam waktu 5 menit.

3. Istirahat Sensorik

Seperti otot tubuh, melihat layar komputer menyala selalu, terpapar polusi suara dari jalanan ataupun kantor yang padat jadwal rupanya dapat buat indera kalian letih.

Salah satu ciri kalian perlu istirahat sensorik yakni sakit kepala sampai gangguan serta perasaan kewalahan. Kiat beristirahatnya yakni dengan mencabut perlengkapan digital, tutup mata serta berangkat ke sesuatu yang tempat yang tenang buat membagikan ketenangan diri sejenak.

4. Istirahat Kreatif

Kreativitas dalam diri seorang pula bisa habis bila digunakan secara kelewatan. Apalagi dapat menciptakan kebuntuan dalam menghasilkan karya. Nah, metode buat istirahat kreatif yakni dengan berangkat ke tempat yang sepi ataupun penuh keindahan alam sampai ke pagelaran seni orang lain guna mendapatkan suatu yang betul-betul baru serta menarik buat kita.

5. Istirahat Emosional

Gimana, sih, tanda kalian perlu istirahat emosional? Antara lain ada tekanan mental kecemasan, merasa tidak dihargai sampai marah. Tidak cuma yang negatif, apalagi emosi yang positif sekalipun pula dapat menimbulkan keletihan.

Nah, yang dapat dicoba buat istirahat emosional ini dengan Mengendalikan kesejahteraan emosional sampai intropeksi guna menciptakan pusat pemikiran serta mengecek kebutuhan dan batas emosional sendiri.

6. Istirahat Sosial

Terkadang, kita perlu, loh, istirahat sosial di dalam ikatan sesama manusia. Dalam tiap ikatan terdapat pertukaran energi serta atensi; terkadang kita menerima dari orang lain, terkadang kita memberi. Namun bila kalian selalu merasa kewalahan oleh tuntutan orang lain terhadap kalian, ataupun terus-terusan memberi bisa jadi inilah saatnya buat rehat sosial.

Metode istirahat sosial dapat mundur sedangkan dari interaksi-interaksi, mulai meminta dorongan kepada sesama sampai menggambar batasan di sekitar dinamika relasional yang menghabiskan tenaga kita.

7. Istirahat Rohani

Ada orang yang walaupun dalam keadaan raga yang prima tetapi masih alami semacam keletihan yang mendalam dalam hidup termasuk sering mempertanyakan makan buat hidup. Dikala seperti itu, rehat spiritual bisa jadi dibutuhkan buat memungkinkan jiwa manusia tersambung ke sumber kesejahteraan serta arti yang paling mendasar. Sehingga bisa merasa selaras dengan tujuan hidup kita, serta mengenali kalau kita merupakan bagian dari suatu yang lebih besar serta lebih berarti daripada diri kita sendiri.

Metode buat melaksanakan istirahat ini yakni dengan memulai kembali berdoa, membaca kitab suci, jadi sukarelawan, menjajaki meditasi, retret sampai bekerja dengan giat dalam misi yang dekat dengan hati.

Jalani lah salah satu tipe istirahat penting di atas ya, supaya kalian bisa mengembalikan semangat serta kembali prima dalam menempuh hari kalian.

Jadi setelah mengetahui 7 jenis istirahat selain tidur, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!