Apa Itu HSDD: Awas! Ini Bahaya dan Bisa Menyerang Siapa Saja!
Apa Itu HSDD (Gambar Gadiel Lazcano-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam masalah hubungan ada istilah medis yang bernama HSDD alias hypoactive sexual desire disorder? Apakah kalian mengetahui apa itu HSDD? Penasaran kan? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Apa Itu HSDD?

HSDD ialah keadaan seorang tidak memiliki gairah seks. Keadaan yang mengusik kenyamanan ini ialah gangguan seksual terumum yang diidap manusia, terlepas dari umur, tipe kelamin, sampai seksualitas.

Walaupun demikian, permasalahan ini sering menghampiri wanita dibandingkan pria. Tetapi tidak butuh takut sebab keadaan ini bisa teratasi bila ditangani dengan baik.

Indikasi HSDD

Berikut ialah beberapa indikasi yang bisa meliputi pengidap permasalahan gairah seks:

1. Libido Rendah

Indikasi awal ini ialah keadaan di mana gairah seks rendah hingga tidak ada. Penurunan libido juga dapat berarti sewaktu seorang memiliki kemauan tetapi tidak sanggup bercinta.

2. Tidak Mempunyai Fantasi Ataupun Benak Seksual

Benak ataupun fantasi intim ialah cerminan mental, yang biasa disebut selaku pemikiran seksualitas guna mendesak kenaikan hasrat seksual. Apabila seorang tidak memiliki perihal ini, maka sudah tentu jadi indikasi HSDD.

3. Menjauhi Kontak Genital ataupun Seks Bersama Pasangan

Kontak genital merupakan pertemuan kelamin yang umumnya dilakukan teratur oleh suami istri. Apabila salah satu menjauhi perihal ini, maka bisa dipastikan kalau dia rendah ataupun tidak memiliki gairah seksual.

4. Distress atau Ketidaknyamanan Saat Berimajinasi Hubungan Seks

Keadaan ini ialah reaksi fisiologis serta emosional pada peristiwa yang membuat tertekan, terancam, ataupun memberikan dampak kurang baik pada seorang yang diiringi dengan indikasi kecemasan serta tekanan mental.

Umumnya, indikasi ini mengikuti seorang yang sempat memperoleh trauma seksual semacam sempat dilecehkan ataupun diperkosa.

Perawatan Menanggulangi Rendah Gairah Seksual

Perihal ini tergantung pada pemicu HSDD. Jadi, dokter dapat menolong mendeteksi perawatan manakah yang sangat sesuai untuk pasiennya. Varian perawatan guna mendesak kenaikan gairah seks di antara lain yaitu:

  1. Senam kegel, agar aliran darah menjadi lancar hingga alat kelamin. 
  2. Berkomunikasi dengan pasangan mengenai preferensi dan ketidaksukaan dalam beraktivitas seksual. 
  3. Mengeksplorasi pornografi, baik situs web, majalah, film, sampai hiburan lainnya yang dapat mendorong kenikmatan seksual. 
  4. Melakukan masturbasi. 
  5. Meminimalisir stress guna mendorong peningkatan suasana hati. Contohnya tidur lebih panjang, latihan pernapasan, dan meditasi. 
  6. Menekan jumlah konsumsi alkohol dan rokok. 
  7. Rutin berolahraga guna memperbaiki mood serta meningkatkan energi.
  8. Berkonsultasi dengan konselor spesialis masalah hubungan dan seks.

Jadi setelah mengetahui apa itu HSDD, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!,