7 Keterampilan Hidup yang Dibutuhkan Remaja untuk Mandiri
Ilustrasi keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat buah hati beranjak remaja pada usia belasan, orang tua perlu mengajarkan tentang keterampilan hidup. Keterampilan ini menentukan bagaimana mereka bisa mandiri dan tak lagi bergantung pada pengasuhnya. Keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri, berikut ini macamnya.

1. Kemampuan bekerja

Pada usia anak setelah lulus sekolah menengah, mereka mungkin memiliki pekerjaan yang mereka idamkan. Bahkan ada pula anak-anak remaja yang berinisiatif bekerja paruh waktu. Selain itu, anak-anak perlu mempersiapkan diri untuk dunia kerja dengan menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga di rumah.

keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri
Ilustrasi keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri (Freepik/veresproduction)

2. Transportasi

Transportasi ini tak melulu memiliki motor atau mobil pribadi. Tetapi anak-anak perlu tahu bagaimana berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Artinya, mereka perlu mengetahui cara bernavigasi pada jam sibuk dan memahami menggunakan GPS. Anak-anak juga perlu tahu jalur angkutan umum yang harus dikendarai untuk sampai tujuan.

3. Menetapkan tujuan

Baik bercita-cita menjadi guru hingga jabatan tertentu di perusahaan, keterampilan untuk menetapkan tujuan hidup sangatlah penting. Maka ajarkan anak remaja Anda dalam menetapkan tujuan. Kemudian, bicarakan tentang tindakan dan cara mencapai tujuan tersebut. Melansir VerywellFamily, Kamis, 2 November, melatih keterampilan menetapkan tujuan perlu sering-sering dilatihkan. Bantu anak mengidentifikasi satu hal yang ingin mereka capai dan kemudian bantu mereka untuk mewujudkannya.

keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri
Ilustrasi keterampilan hidup yang dibutuhkan remaja untuk mandiri (Freepik)

4. Meregulasi emosi

Baik dalam mendukung keterampilan akademis atau bakat atletik, anak-anak harus mengetahui cara meregulasi emosinya. Penting bagi mereka untuk terampil mengendalikan emosi, mengelola kecemasan, dan bagaimana mereka berani keluar dari zona nyamannya.

5. Mengatasi keadaan darurat

Ketika anak remaja harus menghadapi keadaan darurat, tidak ada waktu bagi mereka untuk berpikir. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk meluangkan waktu mengajari anak-anak mereka cara menangani keadaan darurat secara efektif. Keadaan darurat dimaksud antara lain cedera serius, tersulut api, listrik padam, bencana alam, dan lainnya.

6. Manajemen dasar rumah tangga

Meskipun orang tua seringkali ingin menyelesaikan semua tugas rumah tangga dan anak bebas dari tanggung jawab tersebut, tetapi penting mengajari anak untuk mengatur rumah tangga. Artinya, cobalah mulai berbagi porsi kerja dengan anak-anak Anda saat menjelang remaja. Beri tugas rumah tangga sesuai dengan usia dan kapasitasnya.

Dengan begitu, saat mereka tinggal di asrama saat perguruan tinggi atau saat mereka dewasa, mereka mengetahui beberapa keterampilan dasar. Keterampilan dasar, meliputi menyiapkan makanan, mencuci pakaian, membersihkan kamar mandi, dan tugas di rumah lainnya.

7. Keterampilan finansial

Salah satu keterampilan hidup yang perlu diajarkan pada remaja adalah cara menangani uang. Sayangnya, banyak remaja saat meninggalkan rumah tak tahu cara membuat anggaran atau cara menyeimbangkan pengeluaran serta pemasukan. Maka ajarilah anak remaja tentang cara mengelola uang supaya tak terlilit hutang dan rajin menabung.