5 Tanda Waktunya Mengakhiri Hubungan Pertemanan yang Enggak Sehat
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kualitas persahabatan bisa berdampak pada kesejahteraan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pertemanan dapat memengaruhi tingkat stres, kesehatan fisik, dan cara Anda mengatasinya. Persahabatan yang baik dapat berdampak positif pada kesejahteraan dan kesehatan, begitu juga sebaliknya dengan kualitas persahabatan yang buruk.

Jika Anda menjalin hubungan pertemanan yang sudah cukup lama, Anda mungkin merasa berkewajiban untuk terus menjaga hubungan tersebut meski ada ketidaknyamanan atau rasa kurang sejalan di dalamnya. Yang membuat mengakhiri persahabatan jadi lebih rumit adalah tidak adanya protokol untuk mengakhiri persahabatan.

Tidak seperti hubungan romantis, putusnya persahabatan bisa jadi sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, sampai hal itu benar-benar terjadi. Jika Anda ragu mengakhiri pertemanan, coba pertimbangkan lima tanda berikut dilansir dari Psychology Today, Selasa, 7 November.

Perbedaan prinsip dan nilai hidup

Wajar jika seiring berjalannya waktu, hidup Anda mungkin bergerak ke arah yang berbeda dari kehidupan sahabat. Beberapa persahabatan bertahan dari perubahan ini sedangkan yang lain akhirnya berpisah. Jika Anda mulai menyadari kalau nilai-nilai Anda berbeda dan tidak lagi memiliki kesamaan apa pun dengan teman, mungkin ini saatnya merenungkan peran persahabatan dalam hidup.

Anda satu-satunya yang berusaha menjaga persahabatan

Dibutuhkan dua orang untuk menjaga persahabatan. Perlu adanya timbal balik agar persahabatan dapat bertahan. Jika tidak, persahabatan akan mulai terasa tidak seimbang dan orang yang mengerahkan energi dan upaya untuk mempertahankan persahabatan akan mulai merasa kesal seiring berjalannya waktu.

Anda biasanya merasa lelah setelah menghabiskan waktu bersama sahabat

Jika Anda sering merasa lelah setelah menghabiskan waktu bersama teman, ini pertanda Anda perlu meluangkan waktu merenungkan apa sebenarnya yang menyebabkan Anda merasa lelah saat berada di dekatnya.

Sering bertanya pada diri sendiri mengapa mempertahankan hubungan persahabatan

Jika Anda merenungkan peran persahabatan dalam hidup dan kesulitan menemukan alasan mengapa mempertahankannya. Ini biasanya merupakan tanda bahwa Anda merasa terputus dari teman tersebut atau hanya berkewajiban menghabiskan waktu bersama mereka.

Mulai menyembunyikan sesuatu dari teman karena takut dihakimi

Saat Anda mulai menyembunyikan sesuatu dari teman karena takut dia akan menilai dengan kasar, ini sering kali merupakan tanda bahwa dinamika persahabatan telah berubah dan Anda tidak lagi merasa aman secara emosional.

Teman yang peduli pada Anda mungkin memberikan kasih sayang yang kuat dan mengungkapkan kekhawatiran terhadap beberapa keputusan yang Anda buat, namun ada perbedaan antara mengungkapkan kekhawatiran dan bersikap menghakimi atau mempermalukan seseorang. Jika Anda sering merasa dihakimi oleh teman  dan tak ada yang berubah meski Anda mengungkapkan perasaan, mungkin ini saatnya mempertimbangkan apakah persahabatan ini dapat dipertahankan.