7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan dan Kecantikan
Ilustrasi manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minyak kelapa dapat digunakan untuk berbagai macam perawatan, mulai dari meredakan luka bakar hingga untuk perawatan kecantikan. Minyak kelapa mengandung monogliserida dan asam laurat. Kandungan tersebut bersifat antibakteri dan antivirus. Selain itu, juga bermanfaat memperbaiki kulit dan mengurangi kehilangan air transepidermal. Lebih spesifik lagi, berikut manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan.

1. Melembapkan dan melembutkan kulit

Kalau udara kering membuat kulit kaki cracky atau bersisik, maka minyak kelapa bisa diandalkan untuk mengatasinya. Minyak kelapa bisa membantu menghidrasi secara efektif sehingga membuat kulit terasa lembut, lembap, dan halus. Menurut LoGerfo, dokter praktik keperawatan dan praktisi perawat keluarga, Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa saat kulit masih sedikit lembap setelah mandi. Ini membantu mengunci kelembapan.

manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan
Ilustrasi manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan (Freepik)

Tambah Krupa Koestline, ahli kimia dan kosmetik dilansir Byrdie, Rabu, 8 November, minyak kelapa murni terbukti mengurangi peradangan dan berpotensi menyembuhkan luka. Ini berkat kandungan polifenol dan trigliserida dalam minyak kelapa yang membantu menenangkan, melawan gatal, dan boleh dioleskan pada eksim, ruam, serta luka.

2. Masker rambut

Minyak kelapa adalah emolien yang baik untuk membentuk lapisan pada batang rambut dan menyegel kelembapan didalamnya. Kalau rambut Anda mudah kusut, bisa dihaluskan dengan minyak kelapa. Namun supaya tidak berat, oleskan pada ujung rambut yang paling kering saja setelah itu bebat dengan handuk hangat selama 15 menit hingga semalaman. Terakhir, bilas rambut hingga bersih.

manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan
Ilustrasi manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan (Freepik)

3. Minyak kutikula

Kutikula yang kering mengurangi kecantikan kuku. Belum lagi kalau terlalu kering jadi pecah-pecah dan terluka. Untuk mengatasinya, manfaatkan minyak kelapa dengan mengoleskan pada bagian yang kering sebelum tidur. Pijat dengan lembut dan Anda akan merasakan jemari rileks serta kutikula serta kuku semakin lembap nan cantik.

4. Pasta gigi

Sedikit orang yang tahu bahwa menyikat gigi dengan minyak kelapa dapat mencegah risiko penyakit gusi dan kerusakan gigi. Menurut dokter gigi kosmetik bersertifikat, dokter Kevin Sands, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi penumpukan plak. Ia menyarankan untuk mencampurkan enam sendok minyak kelapa dengan empat sendok makan soda kue untuk membuat pasta. Lalu Anda bisa menggunakannya dua hingga tiga kali seminggu untuk menggosok gigi.

5. Menghapus makeup

Minyak kelapa dapat memecah minyak yang berarti bisa menghapus riasan berbahan dasar minyak. LoGerfo menyarankan, penghapus riasan sangat ideal adalah minyak kelapa karena kecil risiko iritasi pada kulit sensitif. Cara memakainya, oleskan pada telapak tangan lalu pijat pada area wajah yang dirias. Ratakan dengan kapas dan terakhir, cuci muka seperti biasa.

6. Melembapkan kaki

Minyak kelapa bermanfaat sebagai pelembap yang bagus dan murah untuk kaki kasar, kering, serta kapalan. Tumit yang pecah-pecah, juga dapat diatasi dengan bahan alami ini. Saran LoGerfo, pastikan mengenakan kaus kaki setelah mengaplikasikan minyak kelapa pada kaki. Ini memastikan Anda tidak terpeleset karena licin dan membantu penyerapan minyak secara optimal.

7. Pelembap bibir

Minyak kelapa juga mudah, mudah, dan bagus untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Tetapi penting diperhatikan, kalau memiliki kulit wajah berminyak, pastikan menghindari memakai minyak kelapa terlalu banyak atau sama sekali tidak memakainya. Sebab, minyak berat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan rentan jerawat.

Itulah ketujuh manfaat minyak kelapa untuk perawatan dan kecantikan. Tertarik untuk memanfaatkan bahan alami ini untuk menjaga kecantikan kulit atau perawatan menyeluruh seperti penjelasan di atas?