Deretan Makanan dan Minuman yang Berpotensi Menyebabkan Perut Kembung
Ilustrasi makanan penyebab perut kembung (Freepik-KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perut kembung merupakan gangguan di sistem saluran cerna yang dapat dialami siapa saja, baik balita, anak-anak maupun orang dewasa. Perut kembung disebabkan oleh adanya produksi gas berlebih di dalam sistem pencernaan. Selain itu, perut kembung juga bisa diakibatkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang sulit diterima oleh tubuh. Lantas, apa saja makanan dan minuman yang menyebabkan perut kembung?

Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Perut Kembung

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 19 November 2023, berikut deretan makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut kembung:

1. Kacang-kacangan

Kandungan serat di dalam kacang bisa meningkatkan produksi gas di dalam usus sehingga menyebabkan perut menjadi kembung.

Selain itu, sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut alpha-galactosidase yang termasuk dalam kelompok karbihidrat (Fermentable Oligosakarida, Disakarida, Monosakarida, dan Poliol).

Ketika masuk ke dalam tubuh, karbohidrat ini aka difermentasi oleh bakteri usus besar. Bagi orang sehat, FODMAP dapat menjadi bahan bakar untuk bakteri pencernaan.

Akan tetapi, karbohidrat ini bisa mengakibatkan masalah di sistem saluran cerna seperti kembung pada penderita iritasi usus besar.

2. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti keju, yogurt, dan es krim mengandung pemanis alami yang disebut laktosa. Penumpukan laktosa di dalam usus bisa meningkatkan produksi gas serta memicu perut kembung.

3. Makanan berlemak

Menyantap makanan yang berlemak, seperti gorengan dan daging berlemak bisa memperlambat proses pencernaan yang membuat makanan tersebut berada di dalam saluran cerna dalam kurun waktu yang lama. Kondisi ini bisa meningkatkan produksi gas di dalam pencernaan sehingga meningkatkan risiko perut kembung.

4. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang disebut minuman bersoda adalah jenis minuman yang mengandung gas karbondioksida dan tentu dapat memicu perut kembung.

Tak hanya itu, minuman bersoda juga mengandung sorbitol dan fruktosa yang berkontribusi pada kelebihan gas di dalam pencernaan.

5. Gandum

Di dalam gandung terkandung protein yang disebut gluten. Bagi penderita penyakit celiac yang sensitif terhadap gluten, konsumsi gandum bisa mengakibatkan masalah di saluran pencernaan, termasuk perut kembug.

Selain itu, gandum termasuk sumber FODMAP yang bisa meningkatkan produksi gas berlebih di dalam sistem saluran cerna.

6. Sayuran jenis cruciferous

Sayuran jenis cruciferous seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan asparagus ternyata bisa menyebabkaan perut kembung. Jenis sayuraan ini memiliki kandungan serat dan rafinosa yang bisa memengaruhi produksi gas di dalam pencernaan.

Kendati demikian, sayuran ini termasuk makanan tinggi serat sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan selama dalam batas yang wajar.

7. Minuman beralhokol

Salah satu efek samping yang mungkin muncul setelah seseorang mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebih adalah perut kembung.

Perlu diketaahui, alkohol adalah salah satu senyawa peradangan yang bisa mengakibatkan pembengkakan pada tubuh, termasuk di perut.

Efek peradangan bisa semakin parah ketika alkohol dicampur dengan minuman bersoda. Oleh sebab itu, jangan heran jika berut menjadi kembung setelah minum minuman beralkohol.

Demikian informasi tentang makanan dan minuman yang menyebabkan perut kembung. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.