5 Alasan yang Bikin Kita Cocok dengan Seseorang Sejak Awal
Ilustrasi alasan kita cocok dengan seseorang sejak awal (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kecocokan dengan teman, pasangan, bahkan rekan kerja, bukan tanpa alasan. Terkadang saat pertama berkenalan, rasanya sudah pernah mengenal. Impuls kimiawi ini mungkin merupakan hasil dari faktor unik setiap orang yang bertemu. Seperti dalam persahabatan atau romansa jatuh cinta pada pandangan pertama, Anda dan orang lain mungkin memiliki lebih banyak kesamaan. Konselor berlisensi dan profesor di Northern Illinois University, Suzanne Degges-White, Ph.D, menyimbolkan komunikasi dengan orang yang cocok dengan kita seperti “percikan kunang-kunang”.

Hewan yang memiliki ‘lampu’ ini berkomunikasi lewat penerangan. Kita agar terhubung dengan orang lain, juga dengan komunikasi meskipun disertai dengan ketertarikan instan yang menyebabkan kita cocok ketika mengobrol. Menurut Degges-White dilansir Psychology Today, Kamis, 7 Desember, terdapat lima alasan kenapa kita cocok dengan seseorang bahkan saat baru bertemu.

1. Kerentanan

Kerentanan merupakan faktor yang memengaruhi kecocokan. Anda mungkin merelakan menempati posisi “tidak tahu”, “bukan ahli”, atau “pengunjung sementara”. Kerentanan ini, membuat Anda bisa terhubung dalam berkomunikasi dan cocok dengan orang yang asing sekalipun.

alasan kita cocok dengan seseorang sejak awal
Ilustrasi alasan kita cocok dengan seseorang sejak awal (Freepik/pikisuperstar)

2. Kedekatan

Kecocokan bisa karena berada dalam ruang yang sama. Misalnya, Anda dan sahabat memiliki hobi sama sehingga terbuka untuk membangun hubungan dengan teman-teman lainnya dengan hobi serupa. Dengan begitu, Anda merasa nyaman dan cocok berada di lingkungan pertemanan tersebut.

3. Resonansi

Mungkin tak mudah menjelaskan tentang “gelombang yang sama” dalam sebuah relasi. Tetapi ketika memiliki perspektif yang berbeda dengan visi yang sama, tentu akan terjalin dalam besaran gelombang tantangan yang sama. Sehingga dengan begitu, Anda dan relasi bisa saling menjaga hubungan baik serta saling terhubung satu sama lain.

4. Memiliki kesamaan

Anda mungkin memiliki latar belakang umum yang sama, seperti warga Surabaya yang tinggal di Bandung. Kesamaan ini bisa menjadi basis untuk saling terhubung satu sama lain. Atau latar belakang umum lainnya, seperti menyukai olahraga yoga atau menggiati hobi bersepeda.

5. Lingkungan

Lingkungan menadai Anda dan orang lain yang Anda anggap cocok memiliki tantangan, ruang, serta kesulitan bersama untuk diselesaikan. Contoh kecilnya, Anda tinggal di perumahan yang mana perlu membangun lingkungan nyaman untuk tempat hidup. Dengan begitu, acara-acara kecil untuk membangun kerukunan akan menguatkan kecocokan satu sama lain.

Ketika lima faktor dan alasan di atas menyatu, maka “percikan kunang-kunang” telah menyala. Kecocokan ini memicu rasa keterhubungan yang kuat dari dua belah pihak atau lebih.