Apa Itu DBF: Berikut Penjelasan Beserta Manfaatnya
Apa Itu DBF (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian mendengar tentang DBF? Atau apakah kalian mengetahui apa itu DBF? Jika kalian beum pernah mendengarnya, yuk kita bahas di sini!

Apa Itu DBF

Direct breastfeeding ataupun DBF merupakan tata cara menyusui secara langsung dari payudara ibu. Tiap ibu mempunyai opsi dalam memberikan ASI, baik lewat botol ataupun DBF. Tetapi, pada bulan-bulan awal si kecil, ibu disarankan buat memberikan ASI eksklusif secara langsung dari payudara.

Menyusui secara langsung terbukti membagikan bermacam khasiat untuk kesehatan ibu serta balita. Apalagi dalam jangka panjang, tata cara ini pula mempengaruhi pada perkembangan serta pola asuh anak.

Untuk seseorang ibu, tata cara DBF diketahui bisa menolong mengembalikan ukuran rahim seperti semula sehabis berbadan dua serta mengurangi resiko kanker payudara pascamelahirkan. Tidak cuma itu, DBF pula bisa membakar kalori lebih banyak, dan mengurangi resiko diabet serta kanker ovarium.

Manfaat DBF buat Bayi

Manfaat direct breastfeeding buat bayi lumayan banyak, tidak heran apabila tata cara ini sangat disarankan selaku metode pemberian ASI kepada bayi. Ada pula beberapa keunggulan DBF yaitu selaku berikut:

1. Meningkatkan Bonding Ibu serta Anak

Tidak cuma berguna buat kesehatan, DBF pula bisa tingkatkan jalinan emosional (bonding) antara bayi serta ibu. Perihal ini disebabkan prosedur DBF memberikan peluang untuk ibu serta balita buat melaksanakan skin to skin interaction.

Saat menyusui bayi secara langsung, ibu bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan bayi serta membagikan sentuhan-sentuhan kasih sayang, semacam menggendong, memeluk, dan berinteraksi dengan si kecil. Hal inilah yang bisa tingkatkan keakraban emosional antara keduanya.

Tidak cuma itu, skin to skin ibu serta balita pula mempunyai manfaat lain, di antaranya kurangi resiko hipotermia serta stress, dan membuat kualitas tidur si kecil bertambah.

2. Mencegah Penyapihan Dini

Tata cara pemberian ASI kepada bayi pula mempengaruhi pada durasi menyusui. Dalam perihal ini, khasiat DBF merupakan mencegah penyapihan dini sehingga bayi dapat memperoleh nutrisi yang maksimal dari ASI kurang lebih selama 2 tahun.

Sebagai informasi, penelitian dalam jurnal Nutrients mengatakan kalau ibu yang memerah ASI serta memberikannya melalui botol lebih berisiko mengakhiri masa menyusui lebih awal, dibanding ibu yang mengaplikasikan DBF.

3. Nutrisi Bayi Terpenuhi

Manfaat selanjutnya dari DBF yaitu memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Butuh diketahui kalau badan ibu telah dirancang buat memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Misalnya, ASI mempunyai tekstur yang lebih kental kala bayi lahir serta bakal jadi terus menjadi encer bersamaan bertambahnya umur bayi sebab dia bakal memperoleh tambahan nutrisi dari MPASI.

Pada saat lagi melaksanakan DBF, air liur bayi bakal langsung bersentuhan dengan payudara ibu. Interaksi tersebut secara otomatis memberikan kode untuk otak ibu buat membiasakan jumlah produksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Walhasil, si kecil dapat memperoleh nutrisi yang dia butuhkan secara maksimal. Pemberian ASI secara DBF pula bisa melindungi suplai ASI berkelanjutan.

4. Mencegah Infeksi serta Berbagai Penyakit Lainnya

Tahukah ibu kalau ASI mempunyai keahlian buat mencegah infeksi pada bayi? ASI bisa menciptakan antibodi yang sanggup melawan paparan kuman, virus, ataupun bakteri penyakit lainnya pada bayi.

Mengingat kalau sistem imun bayi masih sangat lemah, sehingga dia rentan terserang penyakit. Jadi, semakin banyak bayi minum ASI secara langsung, maka semakin besar pula potensinya buat bebas dari bermacam penyakit yang lain seperti asma, obesitas, diare, sampai diabet.

5. Menurunkan Risiko SID

Manfaat selanjutnya dari prosedur DBF yaitu menghindari SIDS (sudden infant death syndrome) ataupun sindrom kematian bayi mendadak. Alasannya, keadaan ini masih kerap berlangsung di Indonesia serta penyebabnya juga belum diketahui.

Tetapi, bila dibanding dengan balita yang tidak minum ASI secara langsung, resiko SIDS lebih rendah pada bayi yang mengkonsumsi ASI secara langsung. Oleh karenanya ibu diharapkan dapat membagikan ASI eksklusif langsung demi kesehatan si kecil.

6. Tingkatkan IQ Bayi serta Mengenalkan Rasa

Salah satu kelebihan DBF yaitu bisa tingkatkan IQ balita. Alasannya, anak yang komsumsi ASI eksklusif diketahui mempunyai tingkatan kecerdasan yang lebih besar dibanding anak yang minum susu formula.

Tidak hanya itu, butuh diketahui pula kalau bayi belajar mengecap awal kali lewat ASI. Ia juga bisa membedakan bermacam-macam rasa ASI yang diberikan langsung oleh ibu. Perihal ini nantinya bakal bermanfaat kala balita telah mulai menerima MPASI.

7. Mudah serta Praktis Dilakukan

Tidak hanya membagikan manfaat untuk kesehatan, DBF merupakan tata cara yang lumayan gampang serta instan dilakukan. Ibu tidak butuh lagi mempersiapkan botol susu ataupun melaksanakan pompa ASI tiap sesi menyusui.

Tetapi, ibu tetap butuh memperhatikan cara menyusui yang benar supaya bayi merasa aman. Tata cara ini pula dapat dicoba di mana dan kapan saja, sehingga bakal lebih mempermudah ibu buat menyusui kala bepergian.

Demikian penjelasan mengenai tata cara DBF (direct breastfeeding) yang penting buat ibu pahami. Ketika lagi menyusui, utamakan kenyamanan ibu serta si buah hati. Yakinkan pula kelancaran aliran ASI dengan melangsungkan pijat laktasi secara teratur

Jadi setelah mengetahui apa itu DBF, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!