Kaleidoskop 2023, Ini 5 Kebiasaan Sehat yang Mulai Jadi Gaya Hidup
Ilustrasi kebiasaan sehat dan gaya hidup yang populer tahun 2023 (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebiasaan sehari-hari berubah senapas dengan dinamika zaman. Pada zaman modern, hampir setiap orang memegang gawai dan bisa mendapatkan informasi dengan mudah menggunakan daftar kata kunci pada mesin pencarian. Lebih signifikan lagi, produktivitas yang beracun, juga kerap menjadikan hentakan untuk kesehatan mental. Melansir sejumlah sumber, berikut kebiasaan sehat yang mulai jadi gaya hidup masyarakat modern dan populer pada 2023 ini.

1. Menjalani gaya hidup slow living

Dikanal dengan ‘gaya hidup lambat’ atau slow living, dianggap sebagai kehidupan penuh perhatian, bermakna, dan bebas dari kesibukan yang tidak memuaskan. Seseorang yang mengikuti tren ini sengaja menggunakan waktu dan sumber daya secara efektif. Bagi para pelaku slow living, mereka sadar akan waktu yang dihabiskan pada perangkat teknologi. Melansir Exploding Topics, Jumat, 8 Desember, tagar “slowlife” memiliki hampir 5,5 juga postingan di Instagram dan 555 juta penayangan di TikTok.

Beberapa gaya hidup yang mengacu pada tagar ini, mungkin hanya fokus untuk mengutamakan keluarga sebelum bekerja. Sementara yang lain mungki lebih dokus pada membangun kehidupan seputar cara hidup swasembada. Seperti menanam sendiri sayuran untuk dikonsumsi hingga memproduksi sendiri hasil bumi menjadi makanan sehari-hari. Gaya hidup slow ini juga menandai orang-orang yang aktif namun tidak terburu-buru. Mereka meluangkan waktu terhubung dengan alam dan menemukan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari.

kebiasaan sehat dan gaya hidup populer tahun 2023
Ilustrasi kebiasaan sehat dan gaya hidup yang populer tahun 2023 (Freepik)

2. Pendekatan gaya makan yang lebih fleksibel

Diet mungkin bisa menyiksa bagi seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai menyadari kebutuhan tubuh sehingga tidak menjalani diet ketat tetapi lebih menjalani pola makan yang fleksibel tetapi terukur.

Melansir Cleveland Clinic, ahli diet Devon Peart, MHSc., BASc., RD., sampai batas tertentu, gerakan kepositifan tubuh dan penerimaan diri lebih besar merupakan hal yang baik. Peart membenarkan, alih-alih menargetkan angka tertentu pada timbangan, lebih baik menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam pola makan, mengurangi makan makanan penutup yang manis, atau mulai berjalan kaki 10 menit sehari.

3. Lebih banyak memahami cara self-care

Secara teoritis, sebagian besar masyarakat setuju bahwa self-care itu penting. Merawat diri telah menjadi kunci budaya, menurut psikolog Grace Tworek, PsyD.. Konsep self-care yang dijalani, tidak hanya mengacu pada konsep besar. Tetapi banyak orang merasa mencapai kebahagiaan dan puas dalam hidup dengan hal sederhana, seperti mendaki gunung atau menikmati udara alam yang sejuk.

kebiasaan sehat dan gaya hidup populer tahun 2023
Ilustrasi kebiasaan sehat dan gaya hidup yang populer tahun 2023 (Freepik/wayhomestudio)

4. Menjalani teknik tertentu untuk mengatasi insomnia

Dengan pelatihan relaksasi, meditasi, hypnosis dan self-hypnosis, dan latihan pernapasan, seseorang telah menjalani teknik untuk mengatasi insomnia. Bagi para penderita insomnia, mungkin membutuhkan cara mengatasi dengan segera. Cara tersebut termasuk disebut dengan terapi perilaku kognitif (CBT-I) yang telah terbukti efektif mengatasi insomnia. Tidak menggunakan obat-obatan, banyak orang kian sadar terapi dengan cara yang sehat ini mengatasi persoalannya.

5. Menggunakan produk kecantikan yang inklusif

Banyak produsen produk kecantikan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti K-beauty, perawatan kulit dan kosmetik yang berasal dari Korea. Tahun ini, diperkirakan lebih banyak perusahaan perawatan kulit dan tata rias yang menggunakan produk, bahan, dan strategi yang tidak bergantung dari bahan-bahan sintetis. Perawatan kulit juga diproduksi untuk merawat semua warna kulit dan semua jenis kulit, bahkan setiap jenis jelamin. Misalnya, berbahan air beras yang difermentasi dan ekstrak bambu.

Di atas merupakan penjelasan mengenai kebiasaan sehat yang menjadi gaya hidup populer tahun 2023. Adakah termasuk gaya hidup yang Anda jalani saat ini?