Mengenal Manfaat dan Cara Meningkatkan Keseimbangan Tubuh
Ilustrasi manfaat dan cara meningkatkan keseimbangan tubuh (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keseimbangan tubuh berkaitan dengan banyak aktivitas. Tanpa disadari, berjalan, bangkit dari kursi, dan membungkuk saat memakai sepatu, membutuhkan keseimbangan. Keseimbangan terbangun dari otot yang kuat serta kemampuan menjaga tubuh tetap stabil tak jatuh. Keseimbangan juga berperan dalam sejumlah manfaat, selain erat kaitannya dengan postur, berikut penjelasan lengkap mengenai apa saja manfaat keseimbangan tubuh dan cara meningkatkan aspek tersebut.

Manfaat keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh adalah komponen mendasar dari setiap gerakan yang kita lakukan. Mampu menjaga keseimbangan, berarti bisa melakukan banyak aktivitas sehari-hari secara mandiri atau tanpa bantuan alat bahkan orang lain. Terdapat tiga penyokong dalam keseimbangan, ini berkaitan dengan aspek sensorik. Diantaranya, penglihatan, proprioception atau kesadaran tubuh dalam ruang, serta sistem vestibular atau fungsi telinga bagian dalam yang membantu orientasi spasial.

manfaat dan cara meningkatkan keseimbangan tubuh
Ilustrasi manfaat dan cara meningkatkan keseimbangan tubuh (Freepik/Racool_studio)

Keseimbangan dapat hilang, karena mengalami masalah telinga bagian dalam, sakit kaki, riwayat cedera pada bagian bawah tubuh, masalah penglihatan, hilangnya persepsi kedalaman, dan efek samping obat. Melansir laman West Pennant Hills Physiotherapy and Sports Injuries Centre, Rabu, 13 Desember, berikut manfaat keseimbangan tubuh:

1. Mencegah jatuh

Tanpa keseimbangan, tubuh mudah jatuh. Seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh perlu dilatih. Tetapi ketika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, maka kemampuan beradaptasi terhadap perubahan tubuh dan bereaksi akan lebih baik. Misalnya, saat menginjak batu kerikil, Anda mampu memusatkan diri berpindah dengan cepat dan tidak jatuh.

2. Memperbaiki postur tubuh

Postur dan keseimbangan berjalan beriringan. Banyak orang yang tidak menjalani gaya hidup pasif, atau banyak duduk dan rebahan, ini memengaruhi keseimbangan tubuh. Hal yang berkontribusi pada postur tubuh yang buruk dan tubuh mengalami keterbatasan, diantaranya karena terlalu lama membungkuk di depan layar. Maka melakukan latihan keseimbangan membantu memperbaiki postur tubuh dan melawan efek buruk dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Dengan latihan, tubuh akan lebih mudah beradaptasi ketika statis menuju dinamis.

manfaat dan cara meningkatkan keseimbangan tubuh
Ilustrasi manfaat dan cara meningkatkan keseimbangan tubuh (Freepik)

3. Pemulihan cedera lebih baik dan cepat

Banyak olahragawan yang menderita cedera terkait olahraga seperti keseleo pergelangan kaki atau cedera lutut mendapati keseimbangan mereka berkurang setelah cedera. Kemampuan mereka untuk berdiri dengan satu kaki, melompat, loncat, atau melakukan perubahan arah dengan cepat terbatas dan memerlukan rehabilitasi yang tepat agar tubuh dapat mengatasi tuntutan olahraga dan aktivitas sehari-hari.

Melatih keseimbangan dan proprioception khususnya setelah cedera tidak hanya dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari cedera, namun juga membantu mencegah cedera lebih lanjut dan ketidakstabilan kronis. Lantas latihan apa saja yang bisa meningkatkan keseimbangan tubuh? Berikut penjelasannya.

Cara meningkatkan keseimbangan tubuh

Latihan keseimbangan melibatkan melakukan latihan yang memperkuat otot-otot yang membantu Anda tetap tegak, termasuk kaki dan core Anda. Latihan semacam ini dapat meningkatkan stabilitas dan membantu mencegah terjatuh. Latihan keseimbangan, antara lain:

  1. Berdiri dengan beban pada satu kaki dan angkat kaki lainnya ke samping atau ke belakang.
  2. Meletakkan tumit tepat di depan jari kaki, seperti berjalan di atas tali.
  3. Berdiri dan duduk dari kursi tanpa bantuan tangan.
  4. Berjalan sambil mengangkat lutut secara bergantian setiap langkah.
  5. Melakukan tai chi atau yoga.
  6. Menggunakan peralatan yang menantang keseimbangan.

Di samping dengan cara di atas, melatih keseimbangan tubuh bisa dengan latihan kekuatan. Terutama melatih otot kaki dan otot inti atau core. Beberapa gerakan mungkin juga menggunakan otot dada dan bahu, seperti posisi plank dalam yoga. Dilansir WebMD, saat Anda memperkuat otot, ini juga membantu meringankan radang sendi dengan memberikan lebih banyak dukungan pada persendian yang nyeri. Tetapi ketika latihan, perlu menyesuaikan atau menghindari gerakan tertentu untuk mengurangi tekanan pada lutut Anda. Misalnya, gerakan keseimbangan yang melibatkan lunge mungkin membebani kemampuan lutut Anda.

Jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau bahkan penyakit jantung, olahraga adalah suatu keharusan untuk membantu Anda mengendalikan kondisi Anda. Pelatihan keseimbangan adalah awal yang baik. Langkah pertama dari pelatihan ketahanan harus fokus pada latihan inti dan keseimbangan, menurut American Council on Exercise. Semakin intens latihan keseimbangan, Anda dapat membantu mengontrol gula darah, kolesterol, dan tekanan darah selama latihan rutin.

Bagi wanita yang sedang hamil, cara meningkatkan keseimbangan tubuh dengan latihan, harus dilakukan secara hati-hati. Pilih gerakan yang tetap berdiri pada dua kaki sebagai penopang tubuh. Sebelum melakukan aktivitas latihan untuk keseimbangan, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.