9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Emosional yang Kuat
Ilustrasi (Danik Prihodko/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ikatan emosional dapat terjalin ketika pasangan bisa saling memahami hal-hal yang tidak terungkapkan. Hubungan ini lebih dari sebatas cinta, melainkan tentang kepercayaan dan pengertian. Pasangan yang terhubung secara emosional, secara tidak langsung dapat menikmati setiap momen dalam hidupnya dengan kebahagiaan dan membangun hubungan yang bermakna.

Berikut sembilan tanda Anda dan pasangan memiliki ikatan emosional yang kuat, disadur dari Stylecraze, Rabu, 13 Desember.

Saling memperhatikan kebutuhan dan keinginan satu sama lain

Salah satu ciri paling menentukan dari ikatan emosional yang kuat antara dua orang dalam hubungan adalah ketika kalian saling mengharapkan yang terbaik untuk satu sama lain. Dengan kata lain, Anda dan pasangan benar-benar saling merasa bahagia ketika tujuan hidup, impian, dan karir masing-masing sudah terpenuhi.

Saling mendukung

Dalam hal membangun hubungan emosional yang kokoh, dukungan yang tulus adalah yang paling penting. Dukungan ini bisa bersifat fisik, emosional, atau mental, tergantung keadaan masing-masing individu.

Terlibat dalam komunikasi jujur dan terbuka

Apakah kalian sering melakukan percakapan jujur dan terbuka tentang hubungan maupun kehidupan secara umum, meski berbeda pendapat? Jika ya, Anda berada dalam hubungan yang sehat secara emosional.

Rutin mengevaluasi hubungan dari waktu ke waktu

Dua pasangan yang terhubung secara emosional sering kali menginternalisasikan hubungan dan mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa membuat hubungan tersebut berkembang jadi lebih baik. Anda dan pasangan tidak merasa ragu atau bimbang dalam mengutarakan pikiran dan perasaan kalian.

Saling mendengar dengan baik

Tidak hanya sebagai bentuk menghargai. Ternyata, menjadi pendengar yang baik bagi pasangan juga bisa menumbuhkan ikatan emosional yang kuat. Ini termasuk;

  • Menciptakan ruang yang aman bagi pasangan untuk melampiaskan dan mengutarakan kekhawatirannya tanpa rasa takut akan penilaian atau hal negatif apa pun.
  • Benar-benar hadir dan mencurahkan perhatian penuh Anda pada apa yang dikatakan pasangan.
  • Menunjukkan kalau Anda mendengar secara aktif melalui kontak mata dan anggukan kepala.

Kenal pasangan luar dalam

Pasangan yang saling terhubung secara emosional harus bisa mengenali pasangannya luar dalam. Mulai dari tahu dan terima kekurangan masing-masing hingga memahami kepribadian satu sama lain secara mendalam. Termasuk kekuatan, motivasi, nilai-nilai, impian, kelemahan, serta rasa tidak aman.

Sukarela mau berpartisipasi pada hobi pasangan

Pasangan dengan hubungan emosional yang kuat bersedia secara sukarela memasukkan minat dan hobi pasangan ke dalam rutinitas. Demi menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama. Tujuannya yakni menemukan cara terkoneksi kembali dengan pasangannya dan membangun hubungan baik, melalui minat yang sama atau hobi yang berbeda.

Tidak berfokus memperbaiki satu sama lain

Pasangan yang matang secara emosional memahami bahwa mereka tidak perlu “memperbaiki” pasangan atau menggunakan cara pemecahan masalah untuk menghilangkan masalah pasangan. Ini semua tentang memberi pasangan Anda ruang yang sehat untuk berbicara dan sekadar mendengarkan masalah mereka tanpa menghakimi atau merendahkan.

Saling bersimpati dan berempati

Kalian mungkin berada di kutub yang berlawanan secara mental, tetapi kalian tetap bisa saling memahami dan mengerti. Memahami perspektif satu sama lain adalah tanda sehat dari pasangan yang terhubung secara emosional dan menunjukkan kepedulian serta simpati yang tulus terhadap pasangannya. Selain itu, jika kalian melakukan upaya yang sama untuk membuat hubungan berkembang, maka bisa dipastikan tanda ikatan emosional dalam hubungan kalian sudah kuat.