Suka Penampilan Sederhana Tapi Manis? Ikuti 6 Tips Memadukan Pakaian Minimalis
Ilustrasi tips memadukan pakaian minimalis sederhana tapi manis (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setahun terakhir, tren dengan istilah quiet luxury, yang bermaksud menandai cara berpakaian elegan namun minimalis. Bahkan rumah fashion internasional berani tidak memberi label besar pada produknya. Labelnya disembunyikan, dibuat minimalis, dan desainnya pun dibuat berkualitas. Tren fashion tersebut tampaknya terinspirasi dari gaya berpakaian minimalis. Bukan berarti memakai pakaian yang berukuran lebih kecil dari ukuran tubuh, tetapi tidak banyak aksesoris dan style lebih netral. Jika Anda suka dengan penampilan yang sederhana tapi manis, ikuti tips memadukan pakaian minimalis berikut di bawah ini.

1. Mengurangi isi lemari

Tips pertama ini, mungkin tak secara langsung berkaitan dengan pakaian macam apa yang dipakai untuk tampil minimalis. Tetapi menurut Naina Singla, penata busana dan pakar gaya, tidak ada berapa banyak pakaian yang harus Anda punya untuk fokus membangun penampilan yang tepat nan minimalis. Untuk memulainya, pilih beberapa item penting yang akan menjadi dasar style Anda dalam berpakaian. Misalnya, jas, gaun sehari-hari, pakaian rajut longgar, celana panjang kain, celana panjang denim, blazer, outer, dan tanktop.

tips memadukan pakaian minimalis
Ilustrasi tips memadukan pakaian minimalis untuk tampil sederhana tapi manis (Freepik)

2. Jangan khawatir memakai pakaian yang sama

Semakin kreatif memadukan, maka variasi paduan akan semakin beragam. Ini bisa jadi pegangan Anda dalam tampil minimalis. Anda tak perlu khawatir memakai pakaian yang sama, tetapi penting untuk tetap kreatif dalam memadukan secara berbeda setiap harinya.

3. Investasi pakaian berkualitas

Penampilan minimalis membutuhkan outfit yang sederhana. Bahkan labelnya tersembunyi. Kain untuk busana minimalis, umumnya memakai linen, kasmir, katun, sutra, wol, suede, atau kulit. Melansir InStyle, Rabu, 20 Desember, semakin sederhana tampilannya semakin bagus kain yang dibutuhkan, menurut Alison Bruhn, pendiri The Style That Binds Us.

tips memadukan pakaian minimalis
Ilustrasi tips memadukan pakaian minimalis sederhana tapi manis (Freepik/maryamarkevich)

4. Pilih busana bergaya netral

Penata busana Madeleine Kennedy mengatakan, “Memilih pakaian yagn disesuaikan dengan properti akan membuat penampilan Anda tetap tajam dan terangkat, sementara warna netral akan menciptakan tampilan yang lebih kohesif. Item seperti celana panjang hitam putih, blazer warna serupa, dan kemeja, perlu dimiliki”.

5. Perbanyak aksesori

Pakaian minimalis perlu disempurnakan dengan aksesori. Misalnya sepasang sepatu pantofel, syal sutra Hermes, ikat pinggang minimalis, dan bros manis. Maka Anda perlu juga mempertimbangkan aksesori sebagai investasi jangka panjang. Tak hanya mendukung penampilan minimalis Anda, bisa juga memilih aksesoris berkualitas untuk investasi materi, misalnya berlian, bersepuh emas, atau merek-merek unggul.

6. Lupakan logo dan grafis

Pakaian minimalis berarti juga memiliki logo yang tidak mencolok. Saran penata gaya Christina Stein, daripada memilih sesuatu yang bersifat monogram atau logo besar, lebih baik pilih desain yang minimalis yang tidak terstruktur dan tidak memberikan informasi tentang rumah produksinya.

Begitu pula dengan kaos, pilih dengan grafis yang simpel tetapi manis. Atau pilih kaos polos yang bisa dipakai bertahun-tahun mendatang.

Keenam tips memadukan pakaian minimalis di atas, bisa Anda jadikan acuan. Bisa juga Anda mengandalkan kreativitas untuk memadukan luxury branded outfit tanpa khawatir penampilan terlalu mencolok.