5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Baik untuk Kesuburan dan Cegah Infeksi
Ilustrasi manfaat lengkuas untuk kesehatan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lengkuas kerap terlihat dalam sepiring hidangan yang penampakannya sulit dibedakan dengan irisan daging. Lengkuas merupakan akar, yang asli dari Asia Selatan, tetapi banyak dan mudah tumbuh di Indonesia. Rempah ini sama seperti jahe dan kunyit yang sama-sama digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad.

Lengkuas mengacu pada famili Zingiberaceae, yang paling banyak digunakan adalah lengkuas kecil, atau Alphinia officinarum. Selain jadi bumbu masakan, di Cina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand, lengkuas juga digunakan menyembuhkan penyakit tertentu, karena dipercaya dapat membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker. Berikut ini dijelaskan apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan.

manfaat lengkuas untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat lengkuas untuk kesehatan (Freepik/thanthima)

1. Kaya antioksidan

Akar lengkuas kaya akan antioksidan yang membantu melawan penyakit dan melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Senyawa polifenol, adalah antioksidan yang bermanfaat meningkatkan daya ingat serta menurunkan gula darah dan kolesterol.

Polifenol juga dianggap melindungi penurunan mental, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Namun kesimpulan kuat belum bisa diambil karena dibutuhkan penelitian yang menyeluruh terhadap kandungan polifenol dalam lengkuas dan manfaatnya secara spesifik terkait dosis konsumsi.

2. Melindungi dari jenis kanker tertentu

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam lengkuas dikenal dengan galangin. Melansir Healthline, Minggu, 24 Desember, senyawa aktif galangin dapat membunuh sel kanker atau mencegah penyebarannya. Lebih khusus lagi, terdapat penelitian yang menyoroti kemampuan rempah-rempah membunuh dua sel kanker pada usus besar manusia. Penelitian lainnya meneliti dan menunjukkan bahwa rempah yang satu ini dapat melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati.

manfaat lengkuas untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat lengkuas untuk kesehatan (Freepik/nipapornnan)

3. Meningkatkan kesuburan pria

Penelitian dilakukan tahun 2014 oleh ilmuwan dari University of Medical Sciences, Iran, menemukan bahwa lengkuas berpotensi manfaat berkaitan kesuburan pria. Penelitian yang masih dilakukan pada hewan ini, memberikan ekstrak lengkuas pada tikus. Hasil penelitian laboratorium menunjukkan jumlah dan motilitas sperma meningkat. Penelitian lainnya dilakukan pada 66 pria selama 3 bulan dengan kualitas sperma rendah. Mereka diminta mengonsumsi suplemen yang mengandung lengkuas dan ekstrak buah delima. Partisipan mengalami peningkatan motilitas sperma sebesar 63 persen dibandingkan dengan kelompok terkontrol.

4. Melawan peradangan dan nyeri

Akar lengkuas dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit karena mengandung HMP. Kandungan tersebut adalah fitokimia alami yang dalam penelitian tabung reaksi dan hewan, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Faktanya, tanaman dari famili Zingiberaceae, termasuk lengkuas, sedikit membantu mengurangi rasa sakit yang merupakan gejala umum peradangan.

Penelitian yang dilakukans elama 6 minggu pada 261 orang penderita osteoarthritis lutut, 63 persen dari mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas melaporkan penurunan nyeri lutut saat berdiri.

5. Melindungi dari infeksi

Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas, dapat melawan berbagai mikroorganisme. Lengkuas juga dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Selain itu, lengkuas dalam masakan juga mengurangi risiko vibrosis, atau infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Penelitian juga menunjukkan manfaat lengkuas yang dapat membunuh mikroorganisme berbahaya, termasuk E.coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi. Penelitian lainnya menunjukkan, lengkuas dapat melindungi sehingga tidak mudah berjamur, ragi, dan dihinggapi parasit.

Itulah kelima manfaat lengkuas untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan lengkuas selain untuk bumbu masakan, bisa juga mendapatkan khasiatnya lewat referensi di atas.