Nggak Boleh Egois, Begini 8 Tips Membantu Hubungan Seks Lebih Nyaman
Ilustrasi tips hubungan seks lebih nyaman (Freepik/lookstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hubungan seks penting dinikmati dua orang yang bersepakat melakukannya. Tak boleh hanya satu pihak saja yang menikmati dan lainnya tidak merasa nyaman. Oleh karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, berikut penjelasan tentang tips hubungan seks lebih terasa nyaman bagi Anda dan pasangan.

1. Foreplay lebih lama

Bagi wanita, sebelum melakukan hubungan seks khususnya penetrasi, penting untuk cukup foreplay. Foreplay merupakan sesi pemanasan yang menentukan bagaimana setiap orang berpasangan yang berhubungan seks dapat menikmatinya. Foreplay cukup dan dilakukan secara rileks, membantu hubungan seks menjadi lebih terasa menyenangkan.

tips hubungan seks lebih nyaman
Ilustrasi tips hubungan seks lebih nyaman (Freepik/senivpetro)

2. Memakai pelumas

Sebetulnya, foreplay selain bertujuan sebagai pemanasan dan mengatur suasana yang intim, juga memicu keluarnya pelumas alami pada vagina. Namun pelumas alami bisa ditambahkan untuk mengantisipasi merasakan sakit karena karena terlalu kering sebelum penetrasi. Ada pula kondom yang dilengkapi dengan pelumas.

3. Memilih lokasi yang nyaman dan aman

Kalau Anda dan pasangan belum memiliki momongan, mungkin lebih mudah menemukan tempat aman untuk bercinta selain di kamar tidur. Tetapi pada dasarnya, penting bagi setiap pasangan untuk menemukan tempat yang nyaman sekaligus aman.

tips hubungan seks lebih nyaman
Ilustrasi tips hubungan seks lebih nyaman (Freepik/master1305)

4. Coba posisi yang berbeda

Penting bagi pasangan untuk mencoba-coba posisi baru. Jika Anda tidak puas di posisi tertentu, gerakkan tubuh untuk mencari sudut baru. Penting pula diingat, banyak sekali posisi bercinta yang berbeda dan setiap orang yang berkomitmen untuk berhubungan seksual perlu menyelaraskan diri.

5. Katakan “Ya” jika benar-benar menginginkannya

Banyak pasangan tak ingin mengecewakan pasangannya, sehingga dengan berat hati mengatakan “ya” meskipun tak sepenuh hati menginginkan hubungan seksual pada satu momen. Oleh karena itu perlu dipahami, consent atau persetujuan perlu disepakati setiap orang yang bercinta. Jika Anda tidak mood, tentu akan mendapatkan klimaks yang kurang menyenangkan.

6. Berkomunikasi dengan pasangan

Apa yang disukai dan gerakan mana yang membuat sakit, perlu dikomunikasikan. Anda juga harus memberi tahu pasangan ketika merasakan kesenangan, sehingga pasangan Anda tahu gerakan apa yang paling Anda sukai. Komunikasi terbuka dan jujur ini, penting bagi setiap orang berpasangan untuk meningkatkan kehidupan seksualnya.

7. Cobalah yoga

Ada banyak pose yoga dan latihan peregangan untuk membantu mengendurkan pinggul dan panggul, melansir All Women’s Talk, Senin, 8 Januari. Latihan ini akan membantu menghilangkan atau setidaknya mengurangi, jumlah rasa sakit yang mungkin Anda alami selama hubungan.

8. Jangan terjebak pada kebiasaan yang monoton

Seperti halnya menu makanan, aktivitas intim bersama pasangan juga perlu diperbarui. Kalau melakukan hal-hal monoton, Anda dan pasangan akan sama-sama merasa bosan. Penting pula menyadari dan mengingat kenapa Anda dan pasangan menyukai sesi intim berdua. Dengan begitu, Anda berdua sama-sama berupaya mengusahakan hal menyenangkan dalam aktivitas hubungan intim.

Itulah delapan tips membantu merasa lebih nyaman hubungan seks. Bagi Anda yang telah berkomitmen lama dengan pasangan, penting untuk tetap mendiskusikan sesi bermesraan berdua. Penting pula mengkomunikasikan fantasi, keinginan, dan kebutuhan masing-masing supaya sama-sama tahu bagaimana cara memenuhinya.