Risiko Komplikasi Wanita Pasca Caesar, Waspadai Sebelum Membahayakan Kesehatan
Komplikasi wanita pasca caesar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wanita yang habis melakukan operasi caesar perlu mendapatkan perawatan ekstra untuk pemulihan. Sebab kondisi ini memainkan peran krusial terhadap kesehatan ibu setelah melahirkan melalui prosedur ini. Ada potensi beberapa komplikasi wanita pasca caesar yang perlu diwaspadai. 

Operasi caesar merupakan prosedur persalinan yang dilakukan melalui sayatan perut karena kondisi ibu hamil yang tidak memungkinkan persalinan melalui vagina. Pasca persalinan biasanya ibu akan mendapatkan perawatan pemulihan untuk memantau tanda-tanda vital, perawatan luka sayatan, hingga memastikan kenyamanan ibu. 

Ibu yang menjalani operasi caesar harus dirawat secara tepat supaya tidak mengalami komplikasi pasca persalinan. Meski jarang terjadi, Anda tetap perlu mewaspadai komplikasi wanita pasca caesar yang mungkin akan membahaya ibu.

Komplikasi Wanita Pasca Caesar yang Perlu Diwaspadai

Meskipun metode operasi untuk persalinan dianggap sebagai prosedur yang mana, namun tetap ada kemungkinan risiko kesehatan ibu setelah melahirkan. Setelah keluar dari rumah sakit, ibu tetap perlu mendapatkan perawatan yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan atau penyembuhan. 

Sebagai pengetahuan untuk persiapan caesar secara lebih baik, berikut ini beberapa komplikasi wanita pasca caesar yang perlu diwaspadai:

Infeksi pada Bekas Luka

Salah satu risiko komplikasi yang bisa terjadi pasca caesar adalah infeksi pada bekas luka sayatan. Masalah kesehatan ini dapat terjadi apabila kuman masuk ke dalam luka sayatan tersebut. 

Risiko terjadinya infeksi dapat semakin tinggi apabila kebersihan pada bekas luka kurang terjaga. Gejala yang bisa muncul akibat infeksi ini seperti mengalami demam tinggi, bengkak, kemerahan, nyeri pada bekas luka, hingga keluar nanah.

Nyeri pada Area Luka

Bentuk komplikasi pasca caesar lainnya yang mungkin dialami oleh ibu adalah nyeri pada area luka. Bagian bekas jahitan akan terasa nyeri dalam beberapa hari setelah menjalani operasi. Dokter biasanya akan memberikan resep obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi gejala yang dirasakan. 

Kondisi nyeri area luka pasca caesar juga dapat berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya. Gejala yang mungkin dialami seperti merasakan nyeri saat buang air besar. Untuk meredakannya masalah ini, Anda bisa menerapkan posisi BAB pascaoperasi Caesar supaya rasa nyeri tidak terjadi tanpa mengkhawatirkan penyembuhan luka jahitan.

Infeksi bagian Rahim

Risiko kesehatan pasca caesar tidak hanya menyerang bekas luka, namun juga bisa terjadi infeksi di area rahim. Jika mengalami hal ini, Anda mungkin merasakan gejala infeksi rahim seperti demam, perdarahan, nyeri di perut bagian bawah, atau keluar cairan berbau tidak sedap dari vagina.

Penyakit ini lebih sering terjadi apabila ketuban pecah dini, air ketuban tercampur kotoran bayi, persalinan berlangsung lama, kesulitan mengeluarkan plasenta, atau infeksi menular seksual yang diderita ibu hamil.

Pendarahan Vagina

Perdarahan vagina juga bisa menjadi komplikasi pasca operasi caesar yang mungkin dialami oleh ibu. Sebenarnya terjadinya perdarahan merupakan mekanisme untuk mengeluarkan sisa lendir, darah, dan jaringan melalui vagina. 

Dalam perdarahan pada kondisi normal, darah akan berkurang sedikit demi sedikit dan berhenti dalam beberapa minggu pasca melahirkan. Namun jika terjadi gangguan, perdarahan  bisa berlangsung terus menerus dan jumlah darah yang keluar terbilang banyak.

Trombosis Vena

Trombosis vena atau deep vein thrombosis (DVT) juga menjadi komplikasi yang perlu diwaspadai setelah menjalani operasi caesar. Kondisi ini terjadi karena adanya penggumpalan darah pada pembuluh darah vena. 

Pada sebagian besar kasus trombosis vena, DVT terbentuk di pembuluh darah paha atau betis. Namun kondisi tersebut  bisa juga terjadi di pembuluh darah bagian tubuh lain. Faktor yang bisa meningkatkan risiko DVT yaitu karena persalinan berlangsung lama dan mengalami perdarahan. 

Masalah Pencernaan

Masalah kesehatan lainnya yang mungkin dialami ibu pasca operasi caesar adalah gangguan pencernaan. Operasi caesar memerlukan perlakuan sayatan melalui lapisan otot dan jaringan perut, sehingga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB).

Demikianlah beberapa komplikasi wanita pasca caesar yang perlu diwaspadai. Itulah mengapa penting untuk memberikan perawatan yang tepat bagi ibu setelah melahirkan. Baca juga rekomendasi olahraga pasca operasi caesar

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.