Latih Anak jadi Mandiri dengan Rutin Praktikan 5 Hal Ini
Ilustrasi (Antoni Shkraba/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Membiarkan anak bergantung kepada asisten rumah tangga (ART), bahkan untuk hal-hal kecil yang sebenarnya sudah bisa dia lakukan sendiri. Dapat membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang tidak mandiri dan kurang bertanggung jawab. 

Padahal, kemandirian merupakan salah satu bekal terpenting buat anak menghadapi dunia luar kelak. Untuk itu, mengajarkan kemandirian kepada anak bisa dimulai dengan hal sederhana. Coba biasakan anak melakukan hal-hal berikut ini, dilansir dari Parenting, Jumat, 26 Januari.

Merapikan mainan setelah selesai bermain

Jangan tergerak menyuruh ART membereskan mainannya, meski kondisi rumah terlihat seperti kapal pecah. Biarkan anak ikut berperan membereskan mainannya. Seiring waktu, anak akan terbiasa membereskan segala sesuatu miliknya sendiri.

Membereskan buku dan meja belajar sendiri

Usai belajar, ajak anak merapikan buku, menata kembali di tempat semula, dan mematikan lampu belajar. Sebelum berangkat ke sekolah esok paginya, biarkan dia menyiapkan buku-buku dan alat tulisnya ke tas sekolah. Ajak dia mengecek ulang kelengkapan perlengkapan sekolahnya di pagi hari.

Ajarkan anak memakai baju dan celana sendiri setelah mandi

Keringkan badannya dengan handuk. Setelah itu, biarkan dia mengenakan pakaian sendiri. Ajarkan anak menaruh kembali handuk di gantungan handuk agar cepat kering. Latihan ini bisa menumbuhkan kemandirian pada anak.

Membantu pekerjaan rumah tangga

Bila sudah agak besar, latih dia membantu Anda di rumah. Tak ada salahnya jika anak belajar mencuci piring, sendok, dan gelas setelah selesai makan. Pun, keterampilan dasar membersihkan rumah seperti ini sangat dibutuhkan bagi anak kelak.

Memakai kaus kaki dan sepatu sendiri

Terapkan hal ini secara rutin ketika anak hendak pergi ke luar rumah. Baik ke sekolah atau pergi ke tempat lain.