7 Ciri-Ciri Ginjal Kotor yang Perlu Diwaspadai, Jangan Abaikan!
Ciri-ciri ginjal kotor (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ginjal adalah organ dalam yang berfungsi untuk menyaring limbah dan menyeimbangkan mineral di tubuh. Namun tidak sedikit orang yang mengalami masalah ginjal kotor karena pola hidup yang tidak sehat. Lantas seperti apa ciri-ciri ginjal kotor yang perlu diperhatikan oleh setiap orang?

Ketika fungsi ginjal tidak berjalan dengan normal, maka bisa terjadi penumpukan racun hingga menimbulkan masalah ginjal kotor. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab rusaknya fungsi ginjal. Penyebab umum kerusakan ginjal karena gaya hidup buruk dan cedera fisik. 

Ginjal kotor perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seperti infeksi, batu ginjal, gagal ginjal, hingga glomerulonefritis. Ciri-ciri ginjal kotor seringkali tidak disadari oleh orang-orang hingga dibiarkan dalam waktu lama dan berisiko komplikasi.

Kenali Ciri-Ciri Ginjal Kotor

Kondisi ginjal seringkali tidak diperhatikan karena berada sebagai organ dalam tubuh yang tidak terlihat. Padahal kondisi ginjal perlu dijaga dengan menerapkan gaya hidup sehat supaya fungsinya tidak rusak atau terganggu. Jika ginjal kotor maka bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih parah. 

Supaya Anda tidak terlambat menangani permasalahan ginjal, ketahui ciri-ciri ginjal kotor berikut ini:

Sering Buang Air Kecil

Salah satu tanda ginjal kotor yang perlu diperhatikan adalah sering buang air kecil. Kondisi ini bisa menunjukkan bahwa ginjal sudah terganggu atau mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat menjalankan fungsi penyaringan dengan baik. 

Perlu Anda waspadai jika urine yang keluar berbusa atau terdapat bercak darah. Kondisi ini menandakan kalau ginjal sudah tidak bisa menyaring secara optimal terhadap zat-zat yang dalam tubuh. 

Kram Otot

Kram otot juga bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada ginjal. Pasien penyakit ginjal mengalami kram otot karena terjadi ketidaksimbangan antara kadar cairan dan elektrolik dalam tubuh. Sebab salah satu fungsi ginjal adalah menyeimbangkan cairan dan mineral di tubuh. 

Bengkak di Kaki

Kondisi lainnya yang bisa menjadi ciri-ciri ginjal kotor adalah mengalami bengkak di kaki. Pembengkakan di kaki menjadi salah satu indikasi ginjal kotor yang sering terjadi di awal. Pembengkakan disebabkan karena penumpukan cairan dan sodium yang tidak tersaring dengan baik oleh ginjal.

Gatal pada Kulit

Tanda lainnya yang bisa mengindikasikan ginjal kotor adalah gejala gatal pada kulit. Ginjal yang kotor tidak dapat menyaring racun dan kotoran dalam darah secara normal. Kondisi ini menyebabkan zat-zat limbah yang seharusnya dikeluarkan pun jadi tertahan dan menumpuk di tubuh. Penumpukan zat kotor tersebut bisa memicu gatal dan ruam di kulit

Lemas

Orang yang ginjalnya kotor biasanya akan mudah merasa lemas. Kondisi lemas ini bisa menjadi tanda ginjal kotor namun kerap diabaikan oleh orang-orang karena dianggap sebagai hal yang biasa. Tubuh lemas bisa dipicu karena penurunan jumlah hormon tertentu, yaitu eritropoetin. 

Eritropoetin adalah hormon yang dihasilkan oleh ginjal untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah. Ketika fungsi ginjal terganggu maka jumlah sel darah merah yang diproduksi pun jadi menurun, sehingga membuat badan mudah lemas. 

Nafsu Makan Hilang

Ginjal kotor juga bisa menyebabkan orang kehilangan nafsu makan. Meski kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, namun nafsu makan hilang juga bisa menunjukkan adanya permasalahan pada ginjal. Penurunan nafsu makan ini disebabkan penumpukan di racun atau kotoran dalam tubuh atau yang biasa disebut uremia. 

Uremia bisa menyebabkan munculnya rasa mirip logam di mulut. Kondisi ini bisa membuat rasa makanan menjadi berubah ketika dicecap di lidah. Hal inilah yang bisa membuat orang yang ginjalnya kotor akan malas makan atau nafsu makannya menghilang. 

Sulit Tidur

Sulit tidur di malam hari juga bisa menjadi tanda ginjal kotor. Penumpukan kotoran dan racun dalam tubuh dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini tentunya bisa mengganggu waktu tidur pada penderitanya. Orang tersebut akan kesulitan terlelap dan kemungkinan mengalami insomnia. 

Demikianlah ciri-ciri ginjal kotor yang perlu dikenali oleh setiap orang untuk mengantisipasi jika mengalami masalah pada ginjalnya. Pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat supaya ginjal Anda tidak rusak atau mengalami gangguan. Lihat penjelasan apa itu gagal ginjal, penyebab dan bagaimana cara mengobatinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.