Tips Membilas Rambut dengan Air Teh untuk Kurangi Rambut Rontok
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika ingin memiliki rambut indah, Anda harus mencoba metode yang kurang dikenal namun semakin populer, yaitu mencuci rambut dengan air teh. Praktik kuno ini telah mendapatkan daya tarik sebagai pendekatan alami dan holistik untuk mengurangi rambut rontok

Mari selidiki potensi manfaat dan mekanisme di balik penggunaan air teh untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan kuat, seperti dilansir VOI dari laman Times of India, Kamis, 1 Februari.

Manfaat teh bagi rambut

Nutrisi bergizi dalam teh

Teh, baik hitam, hijau, atau herbal, mengandung banyak senyawa bioaktif dan antioksidan. Komponen-komponen seperti polifenol dan katekin dikenal baik memerangi stres oksidatif dan inflamasi, yang mana keduanya berkontribusi menyebabkan kerontokan rambut. Sebagai tambahan, teh juga dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral seperti vitamin E dan zat besi yang berperan penting menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Menstimulasi pertumbuhan folikel rambut

Kafein, yang terdapat dalam jumlah berbeda dalam berbagai jenis teh, telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat melawan efek dihidrotestosteron (DHT), hormon yang berhubungan dengan kerontokan rambut. Ketika digunakan secara topikal, seperti dalam air teh, kafein dapat menembus kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membangunkan folikel rambut yang tidak aktif dan mengurangi rambut rontok.

Blokade DHT

Teh tertentu, seperti teh hijau, kaya akan senyawa yang dapat menghambat produksi DHT, yang sering dikaitkan dengan androgenetic alopecia, penyebab umum rambut rontok. Dengan menambah air teh ke dalam rutinitas perawatan rambut, Anda berpotensi mengurangi dampak DHT pada folikel rambut. Sehingga berkontribusi terhadap penurunan rambut rontok seiring berjalannya waktu.

Memperkuat helai rambut

Air teh dipercaya memiliki efek melembabkan helai rambut sehingga lebih tahan terhadap kerusakan. Kehadiran tanin dalam teh dapat menciptakan lapisan pelindung pada rambut, meningkatkan kekuatannya dan meminimalkan kerusakan. Penggunaan air teh secara teratur selama keramas dapat membuat helaian rambut menjadi lebih halus, tidak rapuh, dan tidak mudah patah.

Mengurangi peradangan kulit kepala

Sifat anti-inflamasi air teh dapat menenangkan kulit kepala, berpotensi mengatasi masalah mendasar yang berkontribusi terhadap rambut rontok. Kondisi seperti ketombe dan peradangan kulit kepala dapat menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Antioksidan dan khasiat teh yang menenangkan dapat membantu menjaga keseimbangan dan kesehatan kulit kepala, meningkatkan kondisi optimal untuk pertumbuhan rambut.

Tips membilas rambut dengan air teh

Menyeduh teh

Mulailah dengan menyeduh secangkir teh pilihan Anda. Teh hitam, teh hijau, dan teh herbal seperti kamomil atau jelatang adalah pilihan yang populer.

Mendinginkan teh

Biarkan teh yang diseduh mendingin hingga mencapai suhu kamar. Penting untuk tidak menggunakan teh panas untuk menghindari potensi kerusakan pada rambut atau kulit kepala Anda.

Membilas rambut

Setelah keramas, gunakan air teh sebagai bilasan terakhir. Pijat lembut ke kulit kepala Anda dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih dengan air dingin.