Cara Mengatasi Anak Susah Minum Air Putih dan Jumlah Kebutuhan per Hari
Ilustrasi anak minum air putih (Sergey Makashin/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Orang tua harus tahu cara mengatasi anak susah minum air putih sebagai salah satu bekal parenting. Pasalnya, air putih tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan cairan tubun namun sebagai salah satu upaya menerapkan hidup sehat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk menumbuhkan kesadaran anak untuk rajin minum air putih adalah dengan memberikan penjelasan tentang manfaat dan pentingnya air putih.

Cara Mengatasi Anak Susah Minum Air Putih

Anak-anak memang harus rajin minum air putih karena di usia mereka banyak aktivitas fisik yang dilakukan, salah satunya bermain. Jika kebutuhan air putih kurang, tubuh akan mengalami dehidrasi hingga memicu gangguan kesehatan lain. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang tidak mau minum air putih.

  1. Beri Panutan

Anak selalu meniru kebiasaan orang tua, termasuk dalam hal makanan dan minuman. Jika ingin anak rajin mengonsumsi air putih maka harus dimulai dari orang tuanya lebih dahulu. Tunjukkan bahwa ibu atau ayahnya sering minum air putih dan tanamkan kebiasaan tersebut.

  1. Tanamkan Kebiasaan Sejak Dini

Menanamkan kebiasaan minum air putih bisa dimulai sejak dini. Misalnya, orang tua bisa menyiapkan makanan dan segelas air putih kepada anak-anak.

  1. Tawari Sesering Mungkin

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan air putih sesering mungkin kepada anak. Perlu diketahui bahwa anak-anak belum tahu kapan ia harus minum air putih atau tak menghiraukan rasa haus yang dirasakannya. Oleh karena itu menawari air putih sesering mungkin bisa jadi cara terbaik.

  1. Tegur Secara Langsung

Orang tua juga harus memperhatikan berapa kali anak sudah minum dalam sehari. Jika dirasa kurang, ornag tua bisa langsung menegur dan menyuruh mereka untuk minum. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Misalnya, anak ingin pergi bermain, orang tua bisa menyuruhnya untuk minum air putih sebelum mereka bermain dan sesaat setelah mereka pulang.

  1. Bekali dengan Putih

Membekali anak dengan air putih juga jadi kebiasaan baik. Belilah tumbler yang menarik sesuai dengan kesukaan anak-anak. Kebiasaan ini juga membantu menekan kebiasaan anak untuk jajan minuman manis di luar.

  1. Beri Pengertian

Orang tua diharapkan aktif untuk menanamkan kebiasaan minum air putih. Jika anak sudah cukup dewasa untuk diajak berdiskusi, cobalah untuk mendiskusikan masalah air putih ini kepada mereka. Jika anak paham dengan pentingnya air putih mereka akan mulai kebiasaan tersebut secara sendirinya.

Jumlah Kebutuhan Air Putih untuk Anak

Kebutuhan anak-anak terhadap air putih bisa disesuaikan dengan usianya. Semakin dewasa semakin banyak pula kebutuhannya. Berikut ini kebutuhan air putih anak-anak sesuai usianya.

  • Usia 1-3 tahun: 1.300 mililiter per hari atau sekitar 4 gelas per hari
  • Usia 5-8 tahun: 1,7 liter per hari atau sekitar 5 gelas per hari
  • Usia 9-12 tahun: 2,1 liter per hari atau sekitar 7 gelas per hari
  • Usia 13 tahun ke atas: 2-3 liter per hari atau sekitar 8-10 gelas per hari

Orang tua disarankan pula untuk mengetahui tips mendorong anak suka minum air putih agar lebih sehat.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah minum air putih. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.