Eksim Kering di Tangan: Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi eksim kering di tangan (Foto: Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Eksim kering di tangan merupakan salah satu masalah kulit yang amat menyebalkan. Bagaimana tidak, penyakit ini dapat memunculkan rasa gatal yang tak tertahankan dan sulit untuk tidak digaruk. Padahal, rasa gatal dan ruam kemerahan akibat eksim kering sebaiknya tidak digaruk, karena bisa membuatnya semakin parah.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi eksim di tangan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui penyebab eksim kering muncul di tangan. Hal ini sangat penting untuk diketahui supaya Anda dapat terhindar dari penyakit kulit tersebut.

Penyebab Munculnya Eksim Kering di Tangan

Secara umum, ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya eksim kering di tangan, di antaranya:

  • Faktor genetik
  • Memiliki riwayat penyakit asma
  • Stress
  • Alergi, misalnya terhadap debu, makanan, serbuk sari, polusi, atau bulu hewan.
  • Cuaca yang terlalu kering atau dingin.
  • Pakaian yang terbuat dari bahan sintesis atau wol.
  • Pengunaan sabun dan pembersih yang berbahan detergen atau zat kimia keras.
  • Sering berkeringat.
  • Mandi terlalu lama.

Perlu diketahui, faktor yang dapat memicu munculnya eksim di tangan bisa berbeda-beda tiap orang. Untuk mengetahui apa saja faktor pemicu munculnya eksim kering di tangan, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter kulit.

Cara Mengatasi Eksim Kering di Tangan

Dikutip dari AI-Care, Sabtu, 3 Februari 2024, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi eksim kering di tangan, di antaaranya:

1. Gunakan kompres dingin

Telah disinggung di atas bahwa eksim kering yang muncul di tangan bisa memunculkan rasa gatal yang tak tertahankan. Untuk meredakan rasa gatal tersebut, anda dapat memberikan kompres dingin pada area yang terjangkit eksim.

Terkait hal ini, Anda bisa memanfaatkan handuk yang sebelumnya telah direndam di dalam air es, lalu menempelkannya ke bagian yang gatal. Hindari menempelkan es batu secara langsung ke kulit, sebab dapat mengejutkan saraf.

2. Pijat akupresur

Sebuah riset yang dilakukan di Northwestern University menyatakan bahwa teknik akupresur, yakni memijat titik tertentu di lengan dapat membantu mengatasi rasa gatal yang ada di tubuh.  

Untuk menemukan titik ini, tekuk lengan kiri Anda lelu letakkan tangan kanan Anda di luar lekukan siku. Rasakan bagian atas otot lengan bawah, lalu teka kuat dengan ujung jari Anda selama 3 meenit. Dengan cara ini, diharapkan rasa gatal akibat eksim kering akan berkurang.

3. Oleskan pelembab

Cara mengatasi eksim kering di tangan yang berikutnya yakni dengan mengoleskan pelembab pada area eksim.

Pelembab yang disarankan adalah pelembab yang mengandung petroleum jelly yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

Hindari penggunaan pelembab yang mengandung alkohol, parfum dan pewarna karena dapat mengiritasi kulit.

4. Rendam dengan air hangat yang dicampuri garam.

Bila eksim muncul di area yang mudah untuk direndam, seperti jari atau lengan, Anda bisa merendam bagian yang gatal dengan air hangat yang sudah dicampuri garam.

Air hangat dengan campuran garam dapat membantu meremajakan dan melembabkan kulit. Rendam area tangan yang terkena eksim selama 15 menit, lalu keringan dengan handuk. Setelah itu, oleskan pelembab agar kulit tidak kering.

5. Oleskan salep kortikosteroid

Salep kortikosteroid dapat mengontrol rasa gatal dan membantu memperbaiki kulit. Anda bisa mengoleskannya sesuai petunjuk, namun biaasanya salep dioleskan setelah mandi atau setelah menggunakan pelembab.

Meskipun begitu, hindari penggunaan salep kortikosteroid terlalu sering karena dapat menipiskan kulit.

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi eksim kering di tangan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.