Pengalaman Berbisnis Jadikan Raffi Ahmad Lebih Peduli Pengusaha UMKM Lokal
Raffi Ahmad (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Citra Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai selebriti kenamaan Indonesia kerap diidentikkan dengan barang-barang mewah produksi luar negeri. Namun, pasangan yang menikah pada tahun 2014 itu justru ingin mengutamakan produk buatan dalam negeri.

Pengalaman di dunia bisnis menjadikan mereka meyakini bahwa sudah seharusnya masyarakat Indonesia bangga dengan barang-barang buatan anak bangsa, khususnya yang diproduksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita melakukan kegiatan yang baik untuk bangsa, arahan Pak Mendag untuk mendukung produk lokal,” kata Raffi di BSD, Tangerang Selatan, Kamis, 1 Februari.

Melihat e-commerce yang dipenuhi banyak produk-produk asing, Raffi juga ingin mendorong pengusaha UMKM lokal lebih berani memasarkan produknya melalui platform digital.

Lewat siaran live TikTok yang bertajuk Beli Lokal, suami Nagita Slavina itu juga ingin menginspirasi masyarakat Indonesia untuk lebih aktif membeli barang lokal. Menurutnya, banyak produk lokal yang berkualitas.

Namun, Raffi juga tidak ingin melarang orang-orang membeli produk asing. Namun, ia menghimbau untuk lebih mengutamakan produk lokal, terutama untuk barang yang digunakan sehari-hari.

“Sebenarnya kita boleh aja, tapi ada baiknya mendukung. Karena saya tahu visinya sangat perhatian dengan produk lokal,” ujar Raffi.

Raffi mencontohkan salah satu wewangian untuk perawatan tubuh yang dibuat sang istri, Slavina. Dia membuatnya dari inspirasi merek-merek berkualitas dan mewah, yang kemudian dihadirkan dengan harga yang lebih bisa dijangkau masyarakat.

Dalam siaran live TikTok tersebut, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga membantu banyak produk dari UMKM untuk lebih dikenal masyarakat. Hadir pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan juga Nita Gunawan untuk memandu acara.

Zulkifli Hasan mengapresiasi acara yang diinisiasi RANS Entertainment itu. Dia menyebut perlunya keterlibatan semua pihak agar produk lokal bisa berjaya di dalam negeri.

“Kita mesti bangga dengan buatan Indonesia. Saya apresiasi apa yang dilakukan RANS. Inilah yang dinamakan kolaborasi produk lokal. Kita bersama dengan judul Beli Lokal ini gimana bisa bangga dengan produk buatan Indonesia, sehingga produk kita bisa merajai pasar dalam negeri,” pungkas Zulkifli Hasan.