7 Tips Menjalin Hubungan Pertemanan saat Menginjak Usia Dewasa
Ilustrasi (Modeldeohar/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam hal menjalin hubungan pertemanan di usia dewasa, ada dua hal yang penting dilakukan yakni sikap positif dan juga proaktif. Jika Anda hidup dengan membawa pemikiran sulit mendapat teman di usia dewasa, maka hal itu yang akan terjadi. Apalagi jika Anda tidak terlalu memperdulikan kehidupan sosial. Maka Anda juga tidak akan melihat hasil yang berarti dari kuantitas pertemanan Anda.

Tertarik mencari teman saat umur sudah tidak lagi muda? VOI membagikan rahasianya dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 6 Februari.

Fokus Bersikap Terbuka

Jangan terlalu memikirkan proses menjalin pertemanan. Daripada khawatir ditolak. Atau memikirkan kenyataan bahwa Anda mungkin tidak cukup menyenangkan, coba salurkan inner child Anda. Bersikaplah terbuka untuk bertemu orang baru dan mendapatkan pengalaman baru.

Jangan berasumsi bahwa teman nanti harus memiliki jenis kelamin, usia, atau latar belakang etnis yang sama dengan Anda. Sebaliknya, bersikaplah terbuka dan lihat apa yang terjadi ketika Anda memperluas wawasan.

Buat Daftar Teman Potensial

Hampir setiap orang memiliki satu atau dua orang yang ingin lebih dikenal dekat dalam kehidupan. Buatlah daftar orang-orang yang ingin Anda kenal lebih jauh. Ingat, menjalin pertemanan membutuhkan usaha dan Anda perlu mengambil inisiatif. Setelah mendapatkan daftarnya, ajak orang yang dipilih menghabiskan waktu santai bersama dan ajak ngobrol banyak hal.

Terima Undangan

Meski lelah dan sibuk menjalani jadwal harian yang padat, namun sesekali cobalah mengiyakan ajak teman untuk nongkrong bersama. Punya kecemasan sosial? Coba ingat, seorang teman mengundang Anda ikut berkumpul itu artinya dia merasa nyaman dan ingin mengenal Anda lebih baik.

Tapi jika memang sedang sakit atau berhalangan, tak mengapa untuk ditolak. Namun, cari kesempatan lain membayar ketidakhadiran Anda. Meski tidak terlalu mengenal orang tersebut, tapi dengan menerima undangan ini merupakan peluang bagus membuka pintu dan memperluas peluang pertemanan Anda.

Bergabunglah dengan Klub

Jika Anda suka membaca, bergabung dengan klub membaca. Ini cara yang bagus bertemu calon teman baru. Terlebih lagi, Anda akan mengenal satu sama lain lebih dalam ketika mendiskusikan sebuah buku. Sekalipun Anda tidak bertemu dengan seseorang di klub, paling tidak, Anda akan memiliki sekelompok orang yang dapat bergaul dengan Anda setiap bulan.

Hadiri Acara Pertemuan

Baik Anda bekerja dari rumah atau pergi ke kantor setiap hari, pertemuan dan acara networking lainnya adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru. Acara-acara ini tidak hanya diisi oleh orang-orang yang ingin terhubung dengan profesional lain, tetapi juga merupakan tempat yang bagus bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Terhubung Dengan Rekan Kerja

Anda hidup menghabiskan sebagian besar waktu dengan rekan kerja. Meski berada dalam lingkungan profesional, tentu Anda dan rekan banyak tahu tentang satu sama lain. Baik bekerja di ruang fisik yang sama atau tidak. Pertimbangkan mengundang salah satu rekan kerja melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan jika hal tersebut aman dilakukan. Misalnya, sarankan menghadiri pertandingan futsal bersama atau makan malam sepulang kerja. Atau, jika Anda dan rekan memiliki hobi bersama, cobalah lakukan. 

Menjalin Hubungan dengan Tetangga

Cobalah menjaga kerukunan dan menjalin hubungan baik dengan tetangga. Dengan menjaga kerukunan dan hubungan baik antar tetangga, maka Anda akan terhindar dari permusuhan, percekcokan di lingkungan tempat tinggal.