<i>Life Skill</i> Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkannya
Ilustrasi life skill (Foto:Pixabay/geralt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Life Skill adalah kemampuan yang memungkinkan manusia untuk menghadapi berbagai tantangan.

Dalam dunia kerja, life skill sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan karier seseorang. Selain itu, kecakapan hidup juga dapat mendorong individu untuk berperilaku positif, dan terampil dalam hal sosial guna menghadapi tuntutan dan tantangan hidup secara efektif.

Nah dalam artikel kali ini, VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang life skill, mulai dari pengertian, jenis, beserta cara meningkatkannya.

Penasaran seperti apa penjelasannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Life Skill Adalah

Dikutip dari Indeed, Life Skill adalah seperangkat keterampilan psiko-sosial yang dianggap penting untuk pendekatan positif dan adaptif dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Menyadur Skills You Need, life skill atau keterampilan hidup dedefinisikan sebagai jenis keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk mengelola aktivitas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan tersebut meliputi:

  • Kreativitas
  • Penyelesaian masalah
  • Komunikasi
  • Kemampuan kerja sama yang baik
  • Pengambilan keputusan
  • Berpikir kritis

Keterampilan ini dibutuhkan seseorang agar dapat menghadapi tuntutan dan tantangan hidup secara efektif.

Jenis-Jenis Life Skill yang Harus Dimiliki di Dunia Kerja

Beberapa jenis life skill yang harus dimiliki di dunia kerja antara lain:

  • Communication skill: Kemampuan komunikasi merupakan suatu keterampilan untuk memilih perilaku komunikasi yang cocok dan efektif bagi situasi tertentu. Keterampilan ini harus dimiliki di dunia kerja supaya Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan sekaligus bisa meningkatkan soft skill.
  • Problem solving: life skill adalah soal kecakapan manusia dalam menghadapi masalah. Artinya, kemampuan memecahkan masalah (problem solving) haruslah kuat. Kecakapan hidup ini dibutuhkan dalam dunia kerja agar Anda bisa mengerjakan tugas dengan baik.
  • Resiliency: skill ini mengacu pada kecakapan seseorang dalam mengatasi segala bentuk rintangan dan bangkit kembali dari kegagalan. Dalam dunia kerja, keterampilan ini dapat diterapkan ketika Anda harus mengelola beban kerja yang berat hingga menghadapi rekan kerja yang toxic.
  • Decision making: keterampilan decision making mencakup pemikiran kreatif, pemilihan prioritas, dan manajemen waktu. Dengan keterampilan tersebut, seorang individu akan tahu cara menganalisis situasi, mempertimbangkan berbagai pilihan, dan membuat keputusan terbaik berdasarkan informasi yang dimiliki.
  • Cooperation: agar karier Anda melejit, Anda harus bisa bekerja sama dengan orang lain dan menjadi bagian dari sebuah tim. Meningkatkan keterampilan cooperation mengharuskan Anda untuk memperkuat keterampilan manajemen konflik, communications, dan empati.
  • Creative thinking: keterampilan ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara sistematis. Creative thinking mengacu pada skill untuk berpikir realistis dan memahami konteks dalam ide-ide yang akan dituang.
  • Conflict resolution: kecakapan hidup ini menggambarkan kemampuan seseorang untuk mengatasi perbedaan dan menemukan kesamaan agar setiap orang bisa bekerja sama secara damai.

Cara Meningkatkan Life Skill

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan life skill, di antaranya:

  • Fokus meningkatkan skill interpersonal.
  • Bergabung ke lingkaran orang-orang yang positif.
  • Jangan berhenti untuk mempelajari keterampilan baru.
  • Mengembangkan dan mempertajam self-awareness.
  • Belajar dari mentor atau network profesional yang terpercaya.

Demikian informasi tentang life skill. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa life skill adalah keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk mengelola aktivitas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.