Ketahui 9 Penyebab tidak Dipanggil Wawancara Kerja
Ilustrasi (Gambar Alonso Reyes-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui agar mendapatkan pekerjaan impian. Sayangnya, tidak semua pelamar kerja yang memasukkan curriculum vitae (CV) dan surat lamaran kerja bisa lolos ke tahapan interview. Mengapa demikian? Apa penyebab tidak dipanggil wawancara kerja?

Keterbatasan pada kualifikasi atau kekurangan dalam cara mempresentasikan diri dalam CV bisa jadi penyebab seseorang tidak dipanggil wawancara kerja. Untuk penjelasan lebih detailnya, mari simak ulasan berikut ini.

Penyebab tidak Dipanggil Wawancara Kerja

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 26 Februari 2024, berikut beberapa penyebab yang membuat seseorang tidak dipanggil wawancara kerja.

1. Tidak memenuhi kualifikasi

Di atas telah disinggung bahwa keterbatasan pada kualifikasi atau kekurangan dalam cara mempresentasikan diri dalam CV bisa membuat seseorang tidak dipanggil wawancara kerja.

Oleh sebab itu, penting untuk menyajikan kualifikasi yang menarik agar rekruter yakin bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

2. Tidak punya pengalaman kerja yang relevan

Selain tidak memenuhi kualifikasi, penyebab seorang individu tidak dipanggil interview oleh rekruter adalah kurangnya pengalaman kerja yang relevan.

Terkait hal ini, Anda dapat melamar posisi yang lebih entry-level dan mencoba melamar kembali setelah Anda mengumpulkan lebih banyak pengalaman.

3. Pengetahuan dan keterampilan tidak sesuai

Penyebab lainnya, mungkin karena pengetahuan dan keterampilan Anda dianggap tidak cocok dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk unggul dalam pekerjan. Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak menampilkan dengan jelas pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai dalam CV.

Luangkan waktu untuk menyelesaikan persyaratan pekerjaan dengan kualilifikasi Anda. Perlihatka kepada rekruter atau HRD mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi pekerjaan yang dilamar.

4. Kesalahan pada CV dan surat lamaran kerja

Daftar riwayat hidup (CV) dan/atau surat lamara kerja Anda mungkin memperlihatkan beberapa kekurangan dan kesalahan yang menimbulkan tanda bahaya serta menghalangi Anda untuk menampilkan diri sebagai kandidat potensial.

5. Latar belakang pendidikan tidak sesuai

Setiap perusahaan memiliki syarat pendidikan tertentu untuk lowongan pekerjaan yang dibuka. Bila Anda tidak dipertimbangkan untuk posisi tersebut, bisa jadi latar belakang pendidikan Anda tidak sesuai dengan posisi yang diperlukan.

6. Data dan fakta tidak sesuai

Ketidakcocokan data dengan fakta juga bisa jadi penyebab seseorang tidak dipanggil wawancara kerja. 

Misalnya, Anda menuliskan pengalaman kerja selama 2 tahun di perusahaan tertentu. Kemudian, pihak rekruter atau HRD mengonfirmasi hal tersebut dan hasilnya Anda hanya bergabung selama 6 bulan saja. Bila masih melakukan hal ini, maka bisa saja Anda menjadi salah satu orang yang masuk dalam ‘daftar hitam’ perusahaan.

7. Tidak mencamtumkan prestasi dalam CV

CV bisa dijadikan sebagai media untuk memperlihatkan prestasi Anda kepada calon pemberi kerja. Menggunakan angka untuk mengukur pencapaian merupakan cara terbaik untuk mengesankan perusahaan.

Bila Anda tidak mengungkapkan pencapaian dan menunjukkan bagamana Anda berdampak pada keuntungan perusahaan sebelumnya, maka kecil kemungkinan Anda akan dipanggil HRD untuk interview kerja.

8. Kesalahan tata bahasa

Typo dan tidak memerhatikan tata bahasa salam menulis suraat lamaran kerja bisa membuat Anda tidak dipanggil HRD untuk wawancara kerja.

Untuk mencegah hal tersebut, koreksi semua dokumen lamaran kerja dengan hati-hati-hati dan mintalah orang lain memeriksanya.

9. Tidak menyajikan semua informasi yang diminta

Perlu Anda ketahui, cara efektif untuk mempersempit jumlah pelamar adalah dengan menghilangkan kandidat yang tidak memberikan semua informasi yang diminta atau memberikannya dengan benar.

Perusahaan mungkin tidak yakin bahwa Anda akan dapat mengikuti intruksi jika tidak dapat megikuti intruksi ketika melamar kerja.

Demikian informasi tentang penyebab tidak dipanggil wawancara kerja. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.