4 Pasar Apung Terindah di Asia, dari Kalimantan hingga Thailand
Pasar apung di Asia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pasar apung merupakan warisan budaya tak benda yang memiliki daya tarik tersendiri. Ciri khas dari pasar apung adalah adanya pedagang yang berjualan di atas kapal atau mengapung di atas air. Ada beberapa pasar apung di Asia yang terkenal dan kerap dijadikan tujuan wisata. 

Pasar apung atau floating marketing terbentuk secara alami dari kebiasaan masyarakat yang tinggal di dekat sungai. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sungai besar. Itulah mengapa ada sejumlah pasar apung di tanah air yang menarik perhatian, mulai dari floating marketing di Sungai Mekong, di Sungai Musi, dan lainnya. 

Selain Indonesia, beberapa negara Asia juga memiliki budaya pasar apung. Misalnya pasar apung di Thailand, di Vietnam, di India, dan lainnya. Konsep pasar apung di Asia memiliki perbedaan dengan floating marketing di negara barat. Lantas seperti apa keunikan pasar apung di negara-negara Asia?

Pasar Apung Terindah di Asia

Mengunjungi pasar apung memberikan pengalaman yang berbeda dan unik. Anda tidak hanya bisa ikut naik perahu di atas sungai, namun juga dapat berinteraksi dengan para masyarakat lokal tempat pasar apung tersebut. Pasar apung di setiap negara tentunya memiliki ciri khas tersendiri yang menarik buat dikulik. 

Berikut ini beberapa pasar apung di Asia yang terkenal dengan keindahan dan keunikannya:

Pasar Apung Lok Baintan

Lok Baintan merupakan pasar apung yang menjadi daya tarik Indonesia. Floating marketing ini berada di atas perairan Banjar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar apung  ini bahkan menjadi floating marketing yang langka di dunia dan populer sebagai destinasi wisata. 

Di pasar apung Lok Baintan Anda bisa melihat kumpulan perahu di atas air dengan. Para penjual menjajakan berbagai dagangan, seperti sayur, buah, dan lainnya. Anda juga bisa melihat bagaimana para pedagang atau masyarakat lokal berinteraksi di atas perahu sambil menjual atau membeli sesuatu.

Pasar Apung Mekong Dellta

Pertama, ada pasar apung dari Vietnam yang berada di Sungai Mekong. Floating marketing ini sudah sangat terkenal dan kerap jadi bucket list para wisatawan. Sungai Mekong merupakan salah satu sungai yang ikonik dari negara Vietnam. 

Suasana pasar apung di Mekong Delta mirip dengan floating marketing di tanah air dan Thailand. Pasar di atas terbentuk di atas sampan ini dikenal dengan nama Phung Hiep atau Cai Be. Semua penjual di pasar apung ini menaiki perahu motor ata motor beat, sehingga dapat bergerak lebih cepat.

Pasar Apung Dal Lake

Pasar apung lainnya yang juga terkenal sebagai floating marketing di Asia adalah Dal Lake. Pasar apung Dal Lake ini memiliki tampilan yang terbilang sederhana dibandingkan yang ada di Indonesia. Para pedagang berada di atas sungai untuk menjual produk sayur hingga buah-buahan. 

Floating market ini menyuguhkan pemandangan Indah dari Sungai Kashmir Dal Lake. Jadi para pengunjung yang datang ke sini dimanjakan dengan view menakjubkan maupun budaya masyarakatnya. Tak hanya jualan sayur dan buah, para pedagang juga menawarkan suvernir. 

Pasar Apung Damnoe Saduak

Kali ini mari berpindah ke pasar apung di negara Thailand. Negara yang jadi salah satu kunjungan wisata favorit di Asia Tenggara ini juga punya pasar apung bernama Damnoe Saduak Floating Marketing. Pasar di atas air ini sudah terorganisir sebagai tempat wisata yang mengundang kedatangan para turis asing. 

Di pasar apung Damnoe Saduak, Anda bisa membeli berbagai buah, sayur, hingga aneka ikan. Menariknya lagi, floating marketing ini juga diisi oleh penjual jajanan kaki lima khas Thailand. Anda bisa membeli jajanan yang dimasak langsung di atas perahu. 

Demikianlah beberapa pasar apung di Asia yang terkenal memiliki aktivitas unik dan pemandangan mengagumkan. Jika sedang berkunjung di salah satu negara di atas, cobalah untuk mendatangi floating marketing agar mendapatkan experience menarik. Baca juga waktu terbaik liburan ke Thailand

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.