Bahaya Miras Oplosan untuk Tubuh: Awas! Bisa Akibatkan Penyakit Kronis Bahkan Kematian!
 Bahaya Miras Oplosan (Gambar thom masat - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akibat makin mahalnya harga minuman keras alias miras, akhirnya banyak sejumlah oknum yang membuat miras dari bahan oplosan demi meraup sejumlah keuntungan. Namun tahukah kalian tentang bahaya miras oplosan? Kali ini kita bakal membahasnya di sini. Yuk simak sampai selesai.

Miras oplosan memang terbilang minuman yang membahayakan, karena minuman yang memabukan ini biasanya mengandung metanol, yaitu sejenis alkohol yang amat berbahaya dan beracun bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi, jika di oplos dengan bahan lain makin mematikan efeknya.

Ilustrasi Mabuk Miras (Gambar Lawrence Chismorie Unsplash)

 Bahaya Miras Oplosan Untuk Tubuh

1. Gangguan Pernapasan

Orang yang minum miras oplosan bisa alami gangguan pernapasan. Dia bakal mengeluhkan napas melambat serta tersengal-sengal.

Pada tahap yang lebih lanjut, orang tersebut bisa mengalami henti napas serta henti jantung. Keadaan darurat ini dapat berujung kematian.

2. Keracunan

Keracunan alkohol merupakan keadaan yang sangat kerap terjadi akibat mengkonsumsi miras oplosan. Kondisi ini bisa mengacaukan kerja sistem pernapasan, denyut jantung, suhu badan, serta saraf.

Bila bahaya dari miras oplosan ini tidak lekas diatasi, orang yang mengalaminya berisiko besar alami kematian.

3. Gangguan Asam Basa Darah

Miras oplosan bisa menimbulkan gangguan asam basa darah. Dalam dunia kedokteran, gangguan ini diketahui dengan istilah asidosis metabolik.

Gangguan asam basa darah ikut mempengaruhi mekanisme pengaturan keseimbangan sistem pernapasan serta fungsi ginjal, gangguan pada sistem kardiovaskular, dan gangguan guna sistem saraf pusat.

4. Pankreatitis

Pankreatitis akut merupakan peradangan yang berlangsung di dalam pankreas. Salah satu pemicu pankreatitis kronis yaitu mengkonsumsi minuman yang memiliki alkohol, termasuk miras oplosan.

Orang yang alami pankreatitis kronis bakal mengalami keluhan nyeri hebat di bagian perut atas. Bila keadaan ini tidak lekas diatasi, penyakit bakal berkembang serta berisiko memunculkan komplikasi kerusakan jaringan pankreas permanen.

5. Hepatitis

Isi alkohol pada miras oplosan bisa mengganggu sel- sel hati secara permanen. Kondisi ini bisa merangsang terjadinya hepatitis.

Hepatitis bisa menimbulkan bermacam gangguan pada fungsi badan, terutama yang berhubungan dengan sistem metabolisme.

6. Gangguan Penglihatan

Miras oplosan memiliki senyawa metanol. Senyawa tersebut mempunyai dampak toksin pada saraf mata.

Orang yang sering mengkonsumsi miras serta oplosan berisiko besar mengalami gangguan mata, seolah-olah pemikirannya dihalangi tirai gelap. Gangguan ini sangat susah diobati, apalagi dapat bersifat permanen.

7. Sirosis Hati

Sirosis hati merupakan jaringan parut yang terbentuk pada organ hati akibat kerusakan jangka panjang. Salah satu pemicu sirosis hati ialah mengkonsumsi alkohol, termasuk miras oplosan.

Sirosis hati yang tidak lekas diatasi bisa menimbulkan kerusakan permanen pada organ hati. Ujung-ujungnya, penderita bakal alami gagal hati hingga kematian.

Jaga kesehatan serta hindari miras oplosan maupun mengkonsumsi alkohol melampaui batas. Bahaya miras oplosan di atas sangat merugikan kesehatan serta mengancam nyawa.

Jika kalian alami keluhan kesehatan akibat minuman beralkohol, lekas hubungi ke dokter terdekat.

Bicara soal miras, kalian juga mesti membaca: “Pengusaha Miras Dibikin Galau Gara-Gara RUU Minuman Beralkohol” agar tahu kenapa harga miras semakin lama semakin mahal.

Jadi setelah mengetahui bahaya miras oplosan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!