Jenis Kebotakan Pada Pria yang Ada di Dunia
Jenis Kebotakan Pada Pria (Gambar engin akyurt - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kebotakan pada pria tidak bisa diremehkan karena bisa menyerang siapa saja. Kali ini kita bakal membahas terkait botak baik dari gejala sampai jenis kebotakan pada pria. Oleh sebab itu, simak sampai selesai, ya!

Faktanya kebotakan tak cuman dialami oleh peria berusia lanjut. Pria dengan rentang usia diakhir 20-an dan tigapuluhan juga berpotensi untuk mengalaminya.

Penyebab Kebotakan

Tiap orang kehilangan kurang lebih 50–100 helai rambut tiap harinya. Perihal ini umum terjadi serta rambut baru juga bakal tumbuh menggantikan rambut yang hilang. Tetapi, rambut rontok dapat jadi indikasi gangguan medis apabila tidak ada rambut baru yang tumbuh sampai menimbulkan kebotakan.

Beberapa aspek yang bisa menimbulkan rambut rontok secara berlebihan serta berpotensi memunculkan kebotakan antara lain:

1. Aspek Keturunan

Aspek keturunan ataupun genetik merupakan pemicu tersering pada kebotakan. Keadaan ini dapat menyebabkan androgenic alopecia dengan pola kebotakan yang khas.

Kebotakan tipe ini kerap diisyarati dengan penipisan rambut serta mundurnya garis batas rambut pada dahi. Botak akibat keturunan dapat diawali sejak remaja (kebotakan dini) serta berlangsung secara bertahap seiring pertambahan umur.

2. Perubahan Hormon

Terdapat bermacam keadaan yang menimbulkan perubahan kadar hormon di dalam tubuh serta merangsang terbentuknya kebotakan. Beberapa keadaan tersebut ialah kehamilan, melahirkan, menopause, PCOS, serta kendala tiroid. Kebotakan akibat pergantian hormon ini biasanya bertabiat sementara.

3. Penyakit Tertentu

Beberapa keadaan medis, semacam penyakit autoimun yang menimbulkan alopecia areata, infeksi jamur pada kulit kepala (tinea capitis), serta gangguan mental yang disebut trikotilomania, dapat menimbulkan kebotakan.

Tidak hanya itu, peristiwa yang menimbulkan stres ataupun gangguan psikologis, seperti kehilangan orang terkasih ataupun perceraian, pula dapat menimbulkan rambut rontok serta botak.

Jenis Kebotakan Pada Pria

1. Botak di Tengah

Mayoritas laki-laki mulai kehabisan rambut di pusat kepala mereka. Ini dapat karena alasan hormonal serta turun-temurun. Hanya ada satu metode yang dapat dilakukan buat mengatasinya, potong sisa rambut Kalian sangat pendek sehingga kebotakan tidak nampak dengan jelas.

2. Alur di Samping

Kalian dapat melihat banyak pria memiliki 2 ciri kebotakan yang masuk ke kulit kepala sebagai alur. Ini merupakan pola umum di mana rambut laki-laki mulai menipis. Kalian dapat mengganti style rambut rockstar. Cuma berikan alur yang tajam di tepi serta spike rambut di tengah.

3. Botak Keseluruhan

Bila Kalian kehabisan rambut di tiap tempat kulit kepala Kalian, maka Kalian bisa melupakan polanya. Kalian cuma butuh membotakkan kepala.

4. Botak Mahkota

Beberapa laki-laki mulai botak dari bagian mahkota mereka. Sedangkan rambut di bagian belakang mereka masih tebal, tetapi dahi Kalian nampak lebih luas. Bila Kalian mempunyai pola kehilangan rambut semacam ini, sisir rambut Kalian dari belakang ke depan. Ataupun Kalian mempunyai opsi dengan menumbuhkan ekor kuda yang modis. Sebab pertumbuhan rambut di belakang mahkota masih bagus, Kalian wajib pandai mengelolanya.

5. Belahan Rambut Berkurang

Bila rambut Kalian nampak tipis dari belahan di kepala, maka ini hampir pasti karena kesalahan menyisir. Kebotakan laki-laki tidak mulai dari belahan, begitu pula laki-laki. Jadi ubah belahan rambut serta jangan menyisir rambut terlalu keras.

Upaya Pencegahan Kebotakan

Botak karena aspek genetik ataupun umur tidak bisa dicegah. Tetapi, kebotakan akibat aspek lain bisa dicegah dengan melaksanakan beberapa upaya berikut:

  • Tidak mengikat ataupun mengepang rambut terlalu kencang
  • Tidak keramas tiap hari, kecuali bila rambut sangat berminyak
  • Memilih produk perawatan rambut dengan bijak, termasuk sampo serta cat rambut
  • Tidak meluruskan ataupun mengeriting rambut secara berlebihan, terutama dengan perlengkapan yang memberikan panas pada rambut
  • Memakai sisir bergigi jarang serta tidak menyisir saat rambut masih basah
  • Membatasi rambut dari paparan cahaya matahari yang berlebihan, misalnya dengan menggunakan topi saat beraktifitas di luar ruangan pada saat matahari lagi terik.

Selain cara mengatasi kebotakan di atas, kalian juga perlu membaca: “5 Perawatan Alami Ini untuk Pertumbuhan Rambut” sebagai refrensi untuk pencegahan.

Jadi setelah mengetahui jenis kebotakan pada pria, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!