Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran
Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik (Gambar Humberto Arellano - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mudik ke tanah kelahiran merupakan salah satu agenda yang paling dinanti-nanti oleh kebanyakan orang Indonesia saat menjelang lebaran, terutamanya para perantau. Tapi dibalik efen tahunan itu, tak sedikit ada kekhawatiran untuk meninggalkan hewan peliharaan. Apalagi kalau banyak, waduh! Butuh tips meninggalkan hewan peliharaan saat mudi? Simak ulasan berikut ini!

Ada banyak aspek yang membuat seorang tidak dapat memboyong hewan peliharaannya ke kampung halaman. Salah satunya yakni keterbatasan izin beberapa mode kendaraan, di mana masih melarang penumpang buat bawa binatang.

Mau tidak mau, para pemudik juga wajib meninggalkanpeliharaan kesayangan sendirian di rumah dalam jangka waktu lumayan lama. Tetapi, tidak perlu takut, karena ada beberapa saran yang dapat dicoba supaya hewan peliharaan senantiasa aman.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips meninggalkan hewan peliharaan saat mudik lebaran:

Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik

1. Cek Kesehatan Hewan saat sebelum Mudik

Saat sebelum meninggalkan peliharaan, hendaknya memeriksakan dahulu kesehatannya ke dokter hewan. Perihal ini paling tidak bakal membuat Kalian merasa tenang, tanpa butuh merisaukan apakah hewan kesayangan baik- baik saja.

Jika nyatanya hewan peliharaan sakit, Kalian dapat memberinya fasilitas rawat inap di dokter terpercaya. Kemungkinan besar, rawat inap itu pula memberikan peliharaan Kalian makanan sampai jaminan kebersihan kandang.

2. Minta Tolong Kepada Tetangga, Pihak Keamanan Maupun Saudara

Kalian dapat meminta dorongan orang sebelah ataupun kerabat di dekat rumah buat mengecek keadaan kucing serta hewan peliharaan. Tidak cuma mengecek, bila memungkinkan, kalian pula dapat meminta bantuan buat melindungi hewan peliharaan kalian di rumah.

Tetapi, meminta tolonglah kepada mereka yang juga sayang dengan hewan peliharaan kalian, ya.

3. Mempersiapkan Stock Makanan serta Minuman Kesukaan Mereka

Jika kalian mau menitipkan di tempat penitipan, beberapa meminta para owner hewan buat sediakan stock santapan mereka sendiri.

Pastikan kalian sediakan makanan cukup buat hewan peliharaan kalian, terlebih jika itu merupakan makanan kesukaan mereka.

4. Tutup Seluruh Pintu serta Lubang

Jangan lupa tutup seluruh pintu serta pula lubang-lubang yang ada di dalam rumah, yang sekiranya berpotensi buat mereka jadikan selaku tempat kabur keluar.

5. Buat Score Card

Score card bermanfaat buat mencatat ataupun membuat list terkait apa saja kebutuhan hewan peliharaan kalian.

BACA JUGA:


- https://voi.id/lifestyle/370441/rekening-pribadi-hingga-harta-suami-disita-kronologi-awal-sandra-dewi-dimiskinkan

- https://voi.id/lifestyle/369265/profil-sandra-dewi-artis-sekaligus-istri-harvey-moeis-tersangka-korupsi-tata-niaga-timah

- https://voi.id/lifestyle/370290/sinopsis-drama-china-fry-me-to-the-moon-kisah-3-wanita-melawan-tantangan-hidup

- https://voi.id/lifestyle/370274/shareefa-danish-hadapi-teror-dalam-trailer-menjelang-ajal

- https://voi.id/lifestyle/370411/8-cara-jitu-mendapatkan-orgasme-lebih-baik

6. Ada Alat Makan Otomatis

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat. Kalian dapat menggunakan sarana perlengkapan makan otomatis buat hewan peliharaan kalian, loh.

7. Atur Pencahayaan serta Suhu Ruangan

Pastikan hewan peliharaan kalian berada di ruangan dengan suhu wajar serta memperoleh pencahayaan yang baik.

8. Gunakan Jasa Penitipan Hewan

Jika Kalian merasa sungkan menitipkan peliharaan kepada orang lain, jasa penitipan hewan dapat jadi alternatifnya. Tetapi, hendaknya lakukanlah survei terlebih dahulu guna memastikan kalau jasa tersebut aman.

Kamu dapat melakukan survei dengan melihat rating tempatnya dari Google, testimoni di media sosial, ataupun bertanya langsung pada teman. Tidak hanya itu, bisa pula melakukan survei posisi secara langsung.

Pastikan tempat penitipan itu menjual peralatan serta makanan hewan dengan harga yang aman untuk Kalian. Setelah itu, tanyalah secara aktif tentang sarana apa saja yang diperoleh sepanjang hewan kesayangan Kalian dititipkan.

9. Rutin Tanyakan Kondisi Hewan

Selama berada di kampung halaman, Kalian hendaknya tidak mengabaikan begitu saja soal kesehatan hewan peliharaan, sekali pun sudah memeriksakannya sebelum berangkat mudik. Tanyakan keadaan hewan secara berkala kepada orang yang menjaganya.

Selain itu kalian juga perlu membaca Tips “Agar Hewan Peliharaan Sehat dan Bahagia”.

Jadi setelah mengetahui tips meninggalkan hewan peliharaan saat mudik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!