7 Macam Tanaman Giok untuk Bonsai dan Hiasan dalam Ruangan
Ilustrasi macam macam tanaman giok (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanaman hias untuk diletakkan dalam rumah kian populer saat ini. Termasuk tanaman jenis sukulen, salah satunya disebut tanaman giok, yang bertangkai bisa dibuat bonsai.

Tanaman giok, dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan atau Lucky Plant yang bisa tumbuh pada berbagai iklim, termasuk iklim tropis seperti di Indonesia. Tanaman giok juga dikenal dengan Jade Plant dengan nama botani Crassula ovata dan famili Crassulaceae. Tanaman dengan perawatan rendah ini, bisa hidup sampai 70 tahun, dilansir Declutterd, Selasa, 23 April. Karena terdapat lebih dari 18 macam tanaman giok, sebagai referensi berikut jenisnya yang memiliki daun serta berbunga cantik.

1. Crassula red coral

Tanaman giok yang warna daunnya merah seperti karang ini, akan semakin cerah warnanya apabila terpapar matahari. Jenis tanaman giok yang ini, bisa tumbuh sampai tiga kaki. Jika menanamnya dalam ruangan, pastikan mendapat sorot lampu khusus tanaman supaya warna merah bisa berpendar sepenuhnya.

macam macam tanaman giok
Ilustrasi macam macam tanaman giok (Freepik/alexphotos)

2. Hummel’s sunset jade

Tanaman giok matahari terbenam, atau sunset jade Hummel cantik sekali untuk bonsai. Apalagi jika diletakkan dalam pot terakota. Jenis tanaman giok yang ini, dikenal dengan daun berwarna kuning, oranye, kemerahan. Biasanya bisa tumbuh liar di tumpukan semak. Nah, saat menjadi bonsai untuk tanaman dalam rumah, perlu disiram dan dirawat dengan baik.

3. Tanaman giok mini

Tanaman giok mini memiliki ukuran yang mungil dan populer dibudidayakan. Daunnya kecil dan bulat serta kebiasaan tumbuh bergerombol. Melansir The Spruce Garden, Selasa, 23 April, dibandingkan dengan Crassula ovata lainnya, daun tanaman mini ini lebih rapat sehingga tampak lebat dan teduh. Nah, perlu diketahui bahwa tanaman giok mini bagus untuk bonsai yang menghias ruangan kecil.

macam macam tanaman giok
Ilustrasi macam macam tanaman giok (Shutterstock)

4. Crassula argantea Gollum

Jenis tanaman giok selanjutnya, disebut Gollum yang pada musim gugur hingga awal musim dingin akan berbunga. Warna bunganya putih kemerahan dan ukurannya kecil. Daunnya anggun berwarna hijau mengkilap berbentuk silinder panjang seperti jari. Karena tumbuh lambat, jadi bisa diletakkan dalam ruangan dan dirawat sebagai bonsai.

5. Crassula ovata pixie

Crassula ovata pixie adalah pilihan yang ditanam karena warnanya cantik. Dedaunannya berwarna merah pada tepi sepanjang tahun. Berbunga putih bersemu merah muda pada bulan-bulan musim gugur dan musim dingin.

6. Portulacaria afra

Tanaman giok ini jarang sekali berbunga sehingga tidak termasuk kategori tanaman berbunga. Ukurannya bisa dikontrol, apalagi kalau dibuat bonsai. Melansir Jadeart, tanaman jenis ini disebut sukulen dekoratif karena batangnya seperti mahoni pendek dan berwarna gelap. Hebatnya tanaman hias ini, tahan terhadap panas dan kekeringan dalam waktu lama.

macam macam tanaman giok
Ilustrasi macam macam tanaman giok (Shutterstock)

7. Little jade tree

Meskipun sama-sama tanaman sukulen yang cenderung tumbuh pendek, little jade tree berbeda dengan tanaman giok mini. Tanaman giok mini warna daunnya hijau gelap dan tumbuh bergerumbul. Kalau little jade tree memiliki bentuk daun yang lebih memanjang dan warnanya hijau terang. Bunganya sedikit pemalu karena waktu berbunga tidak teratur.

Itulah ketujuh macam tanaman giok yang cantik diletakkan dalam ruangan dan untuk bonsai. Tertarik untuk menanam dan merawatnya?