5 Penyebab Munculnya Garis Putih di Kuku
Ilustrasi (Nubikini/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda melihat garis putih pada kuku? Sebelum khawatir berlebih, perlu diketahui kalau kebanyakan garis putih pada kuku tidaklah berbahaya. Namun, jika Anda ada banyak garis atau sepasang garis yang memanjang di semua kuku, ini bisa jadi tanda bahwa sesuatu yang lebih serius sedang terjadi.

Dilansir dari Livestrong, Jumat, 26 April pelajari penyebab munculnya garis putih pada kuku.

Luka pada kuku

Garis putih pada kuku paling sering muncul sebagai guratan atau bintik putih acak, yang secara teknis disebut leukonikia. Garis-garis ini biasanya disebabkan oleh trauma kecil pada kuku, seperti menggigit kuku atau tangan tidak sengaja membentur meja, menurut Klinik Cleveland.

Garis putih ini biasanya bergerak mengikuti pertumbuhan kuku. Garis-garis ini akan mencapai ujung kuku dan dapat dipotong atau dikikir. Cobalah menghindari perilaku merusak yang mungkin menyebabkan trauma pada kuku seperti menggigit atau mencabut kuku. Anda bisa juga berhenti sejenak melakukan manikur, sebab metode manikur yang terlalu keras juga bisa merusak kuku.

Infeksi Jamur

Saat infeksi jamur pada kuku pertama kali muncul, terkadang terlihat seperti garis putih acak. Seiring waktu, garis ini akan menyebar, bentuknya menjadi lebih tidak beraturan dan menimbulkan semburat kekuningan, menurut Klinik Cleveland.

Infeksi jamur memerlukan pengobatan dokter. Dokter akan meresepkan obat antijamur oral dan/atau krim, salep, atau gel topikal yang digosokkan ke kuku yang terkena jamur.

Memiliki Garis Muehrcke

Dalam beberapa kasus, garis putih pada kuku tampak seperti sepasang garis sejajar yang melintang secara horizontal di kuku, dari satu sisi ke sisi lainnya. Ini dikenal sebagai garis Muehrcke, dan tetap di tempat yang sama dan tidak bergerak saat kuku tumbuh, menurut ‌StatPearls‌.

Jika Anda memencet kuku, garis Muehrke akan hilang untuk sementara. Biasanya disebabkan oleh hipoalbuminemia, atau ketika Anda tidak memiliki cukup protein albumin dalam darah, yang mungkin disebabkan oleh gizi buruk atau penyakit hati atau ginjal.

Meningkatkan kadar protein biasanya akan memperbaiki garis-garis ini juga, terkadang dengan infus darah, menurut ‌StatPearls‌. Bicaralah dengan dokter jika Anda merasa memiliki garis seperti ini tentang cara terbaik mengobatinya.

Reaksi Alergi

Reaksi alergi juga jadi salah satu penyebab ada bercak putih di permukaan kuku.  Biasanya reaksi alergi ini disebabkan oleh penggunaan cat kuku atau penghapus cat kuku yang tidak sesuai. Tak hanya itu, penggunaan kuku berbentuk gel ternyata juga dapat merusak kuku dan menimbulkan bercak putih pada kuku. 

Kekurangan Mineral dalam Tubuh

Kekurangan mineral atau vitamin dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab utama munculnya tanda putih di kuku. Kekurangan mineral dalam tubuh yang sering dikaitkan dengan kemunculan bercak putih ini adalah zinc dan kalsium. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk memperbanyak konsumsi cairan dan makanan yang banyak mengandung zinc. Beberapa contoh makanan yang tinggi zinc, seperti telur, daging merah, hingga kacang kedelai. Selain mengandung zinc yang tinggi, makanan itu juga kaya akan sumber vitamin dan mineral.