MSD Indonesia Edukasi Publik untuk Tingkatkan Kesadaran Terhadap HPV
Maudi Ayunda tampiln sebagai pembicara dalam acara edukasi tentang Human Papillomavirus (HPV). (IST)

Bagikan:

JAKARTA - MSD Indonesia, perusahaan biofarmasi global yang berfokus pada penelitian dan pengembangan obat-obatan inovatif dan vaksin, mengadakan acara bertajuk #NgobrolinHPV Live!: Night at the Library di Perpustakaan Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada Kamis, 25 April. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Human Papillomavirus (HPV) dan memperluas pemahaman tentang penyakit serta cara pencegahannya.

George Stylianou, Managing Director MSD Indonesia, menyampaikan bahwa setiap individu memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi yang kredibel terkait kesehatan, termasuk HPV dan kanker serviks. Acara ini diharapkan dapat membantu menghilangkan stigma seputar topik tersebut.

Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS dari Kementrian Kesehatan RI, mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengumumkan Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Serviks pada tahun 2023, dan acara ini merupakan dukungan nyata untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit terkait infeksi HPV.

Dalam acara tersebut, dr. Hanny Nilasari, Sp.D.V.E., Subsp. Ven., Dokter Spesialis Dermatologi Venerelogi dan Estetika Konsultan Venerologi, menjelaskan bahwa HPV dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker serviks, kanker anus, kanker penis, dan kutil kelamin. Data menunjukkan bahwa Indonesia memiliki jumlah kasus baru tertinggi kanker serviks di Asia Tenggara.

Dr. Hanny juga menegaskan bahwa vaksinasi HPV merupakan langkah preventif penting untuk menurunkan risiko terinfeksi HPV, dan mengajak masyarakat untuk berhenti menganggap topik tentang seksualitas sebagai tabu.

Acara #NgobrolinHPV Live! tidak hanya menghadirkan talkshow tentang HPV dan bahaya infeksi HPV, tetapi juga diskusi informatif dan pesan-pesan penting terkait kesehatan yang disampaikan langsung oleh Edukator #NgobrolinHPV Maudy Ayunda dan dipandu oleh Iyas Lawrence.

Maudy Ayunda, sebagai Edukator HPV #NgobrolinHPV, menekankan pentingnya penyebaran informasi dan kepedulian mengenai penyakit terkait HPV, serta mendorong orang untuk melakukan vaksinasi dan skrining rutin.

Acara ini juga dihadiri oleh HiVi dan sejumlah influencer perempuan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran dan perlindungan terhadap kanker serviks dan penyakit lainnya terkait HPV.