Memasak di Rumah, Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi memasak di dapur (Unsplash/Jason Briscoe)

Bagikan:

JAKARTA – Memasak di rumah, selain menghemat juga memastikan menggunakan bahan terbaik, cara pengolahan yang tepat, dan bernutrisi. Meski banyak orang memilih tidak memasak karena kesibukan, tetapi ada banyak alasan untuk memilih memasak di rumah.

Sebuah klinik kesehatan mental di Amerika memakai memasak sebagai terapi mental. Ini bisa masuk dalam daftar alasan tambahan bahwa memasak di rumah itu banyak manfaatnya.

Terapi dengan memasak disebut dengan therapeutik cooking, meliputi aktivitas baking dan memasak. Hasil dari terapi tersebut membuktikan bahwa memasak dapat membantu pengobatan skizofrenia, depresi, mood disorder, dan masalah kesehatan mental lainnya.  

Berikut uraian dari manfaat memasak di rumah bagi kesehatan mental.

Meningkatkan rasa percaya diri

Bagi seseorang yang tidak cukup memiliki rasa percaya diri di lingkungan sosial, memasak bisa menjadi salah satu terapi. Berdasarkan penelitian, terapi memasak meningkatkan kualitas hidup. Dengan memasak lalu menghidangkannya pada orang lain dan dinikmati bersama bisa memberikan efek positif.

 

Menenangkan

Pikiran negatif membuat seseorang cemas dan khawatir. Memasak sebagai aktivitas meditatif dan mampu menenangkan. Ketika menyiapkan bahan, memotong, merebus atau mengaduk, fokus akan terpusat pada aktivitas memasak. Pikiran-pikiran negatif akan sejenak terlupakan.

Apabila enggan menekuni aktivitas memasak di rumah, maka cobalah. Luangkan waktu selama dua jam untuk mengolah stock bahan makanan menjadi masakan nikmat.

Menyenangkan

Memasak akan terasa menyenangkan ketika banyak ide-ide kreatif dalam mengolah masakan terealisasikan. Manfaat positif dari memasak ini ditemukan pada penelitian yang dilakukan tahun 2016. Dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa memasak bisa jadi media mengekspresikan perasaan.

memasak di rumah
Ilustrasi memasak bersama pasangan (Unsplash/Jason Briscoe)

Seperti memeroleh hadiah

Meski memasak membutuhkan perhitungan tepat, konsentrasi, dan timing diusahakan tak meleset. Nah, setelah sibuk menyiapkan masakan dan makanan siap, ini seperti mendapatkan hadiah.

Meningkatkan kepedulian

Supaya sehat, tubuh membutuhkan cukup nutrisi. Dengan memasak sendiri di rumah, maka seseorang telah peduli dengan apa yang ia makan dan yang masuk ke dalam tubuhnya. Ditambah mempertimbangan kualitas serta kuantitas bahan dapat menjaga keseimbangan otak.

Setelah tahu manfaat memasak dapat menyehatkan mental, masih enggan memasak di rumah? Aktivitas ini dapat dilakukan secara fleksibel. Jika memasak setiap hari akan merepotkan maka buatlah jadwal memasak di rumah saat akhir pekan.