Ketahui Manfaat Minum Susu untuk Orang Dewasa
Ilustrasi (Suzy Hazelwood/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Susu tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, namun orang dewasa juga membutuhkan asupan tambahan dari susu. Pasalnya, tak cuma bagus untuk tumbuh kembang, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pun, jenis susu ada banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau selera orang dewasa. Baik itu susu sapi biasa, susu rendah lemak, atau susu nabati seperti dari kedelai dan almond. Berikut ini beberapa manfaat minum susu untuk orang dewasa: 

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium dalam susu cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kepadatan tulang. Jika tulang Anda kuat, ini berarti bisa mengurangi risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sejak muda Anda bisa rajin minum susu agar tubuh mendapatkan cukup kalsium. 

Gigi lebih kuat 

Tahukah Anda jika kalsium tidak hanya dapat membuat tulang lebih kuat, tapi juga gigi. Laktosa dalam susu juga bisa mencegah gigi berlubang dan rusak. Saat Anda rutin minum susu, artinya bisa menjaga kesehatan gigi juga. Segelas susu per hari sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Pastikan susunya tidak mengandung banyak gula agar tetap sehat.

Membangun massa otot

Minum susu juga bisa membantu membangun dan mencegah kehilangan massa otot. Ini karena susu memiliki protein lengkap dan mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Buat yang suka olahraga dan ingin membentuk otot, bisa coba cari susu yang cocok. 

Terhindar dari penyakit jantung 

Selain kalsium, susu juga kaya kalium yang bisa membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium, Anda bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tapi pastikan pilihan susunya yang bebas lemak jenuh.

Tidur lebih nyenyak

Minum susu pada malam hari diyakini bisa membantu tidur lebih nyenyak. Jadi buat Anda yang sering bermasalah dengan tidur kurang berkualitas, tidak ada salahnya mencoba cara ini.