Aktivitas Apa Saja yang Termasuk <i>Self Care</i>?
Ilustrasi aktivitas self care (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

JAKARTA – Merawat diri sendiri atau dikenal dengan sebutan self care sering dipahami sebagai cara menikmati waktu yang dilakukan dengan memanjakan diri. Sebenarnya, merawat diri bukan menikmati aktivitas yang memanjakan diri.

Sebab, merawat diri bertumpu pada cara untuk menjaga kewarasan atau kesehatan mental serta fisik. Bagaimana cara Anda untuk mempraktikkan self care? Setiap orang tentu akan memiliki cara yang berbeda-beda untuk tetap waras jiwa maupun raga.

VOI dalam artikel ini merekomendasikan aktivitas-aktivitas yang berpijak pada kedisiplinan, rasa cinta, menghargai, dan menghormati diri sendiri. Dengan tanpa bersikap narsis, Anda dapat melakukan sejumlah aktivitas berikut:

Cukup tidur

Jam tidur berantakan dan tidak mendapatkan tidur cukup menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Pertama, Anda jadi susah fokus mengerjakan sesuatu dan jika terus-terusan bisa mengganggu kinerja jantung, metabolisme, dan memicu stress akut.

Aktivitas sederhana keseharian yang termasuk self care adalah pastikan Anda disiplin dengan waktu tidur dan mendapatkan kecukupan tidur. Terlalu banyak tidur juga tak akan baik, jadi ukur waktu yang pas sesuai kebutuhan.

Menjalani rutinitas

Aktivitas yang dilakukan berulang, terkadang memang membosankan. Tetapi jika sebaliknya, tidak memiliki rutinitas membuat hari-hari semakin kacau dan pikiran melayang. Menjalani aktivitas rutin yang termasuk self care antara lain, mengikuti kelas yoga, les dance.

Menulis jurnal harian

Menulis peristiwa yang memorable dan layak untuk diingat bisa jadi satu medium reflektif. Menulis jurnal harian bisa dilakukan di mana saja, dengan pena diatas kertas maupun document khusus di gawai Anda yang khusus berisi cerita-cerita harian.

Memperhatikan aspek finansial

Aspek finansial enggak jarang membuat stres, terutama persoalan uang. Apabila Anda jarang memperhatikan aspek finasial, ada baiknya memperhatikan kemana uang mengalir dan kapan perlu saving. Hindari mengabaikan aspek ini, sebab mindset yang tepat menyokong kehidupan sejahtera.

Mengorganisir barang di rumah

aktivitas self care
Ilustrasi mengorganisir barang (Pexels/Ketut Subiyanto)

Luput hal kecil saja, bisa membuat mood berantakan. Termasuk barang tak terpakai menumpuk, ini bisa memperburuk suasana hati. Hanya dengan membuat barang-barang lebih terorganisir, yang fungsional mudah diakses dan yang tak terpakai mulai disingkirkan juga merupakan aktivitas self care.

Pada akhirnya, segala hal yang terorganisir dapat meminimalisir kerumitan dan memudahkan diri sendiri.

Terhubung dengan orang terdekat

Memberikan perhatian pada orang terdekat juga termasuk aktivitas self care. Analoginya, apabila Anda cukup memberikan perhatian pada orang sekitar maka Anda memperhatikan koneksi sosial yang dimiliki. Maka tetaplah terhubung dengan orang tersayang maupun terdekat.

Aktivitas lainnya yang sering dipahami sebagai self care antara lain perawatan kulit, melakukan relaksasi, spa, makan mewah, dan shoping bisa jadi cara untuk memanjakan diri. Namun, belum tentu cara yang tepat untuk mencintai diri sendiri.